Rabu, 11 Juli 2012

rpp agama berkarakter smester 2 fadlhy khair


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah
:
......................................
Mata Pelajaran
:
Pendidikan Agama Islam
Kelas   /Semester
:
IX/2
Standar Kompetensi
:
8. Memahami Al-Qur’an surat Al-Insyirah
Kompetensi Dasar
:
8.1. Menampilkan bacaan QS Al-Insyirah dengan tartil dan benar
Alokasi Waktu           
:
2 X  40 menit ( 1 pertemuan)


Tujuan Pembelajaran 
  • Siswa dapat membaca surat al-Insyirah dengan fasih, menyalin dengan benar dan hafal dengan lancar

Karakter  siswa yang diharapkan :       Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )

Materi Pembelajaran   
  • Surat al-Insyirah

Metode Pembelajaran 
  • Ceramah
  • Demonstrasi
  • Tanya jawab
  • CTL

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
  • Apersepsi
  • Guru memotivasi siswa mengenai keutamaan membaca al-Qur’an.
  • Guru memilih beberapa siswa yang mempunyai kemampuan membaca Al Qur'an di atas rata-rata untuk menjadi .
  • Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok kecil (small group) dan menempatkan dalam setiap kelompok.

Kegiatan Inti
1). Eksplorasi
·         Guru mendemonstrasikan bacaan surat al-Insyirah.
2). Elaborasi
·         Siswa berlatih membacanya dengan metode tutir sebaya.
3) Konfirmasi
·         Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
·         Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
·         menyampaikan kesulitan-kesulitan yang dialami dalam kelompok masing-masing, guru sebagai fasilitator.

Kegiatan Penutup
  • Guru bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
  • Guru melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
  • Guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
  • Guru merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
  • Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.

Sumber Belajar           
·        Buku PAI Kelas IX  , Penerbit   Umum
·        LKS MGMP PAI SMP / MTS
·        Mushaf Al-Quran

Penilaian                     
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen / Soal
1.   Membaca potongan-potongan ayat dalam QS. al-Insyirah dengan benar.
2.  Membaca keseluruhan ayat dalam QS. al-Insyirah dengan tartil dan benar.
Tes lisan

Praktik
1. Bacalah potongan-potongan ayat di bawah ini dengan tartil dan benar:
وَوَضَعْنَا عَنْكَ وِزْرَكَ .
الَّذِيۤ أَنْقَضَ ظَهْرَكَ.
فَإِذَا فَرَغْتَ فَانْصَبْ.
2. Bacalah keseluruhan ayat dalam QS. at-Tin dengan tartil dan benar lalu cobalah untuk menghafalnya!


........................., ................ 20.....
Mengetahui                                                     Guru Mapel PAI
Kepala Sekolah


_________________                                      _________________
NIP                                                                  NIP             

Saran Kepala Sekolah :
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah
:
......................................
Mata Pelajaran
:
Pendidikan Agama Islam
Kelas   /Semester
:
IX/2
Standar Kompetensi
:
8. Memahami Al-Qur’an surat Al-Insyirah
Kompetensi Dasar
:
8.2. Menyebutkan arti QS Al-Insyirah
Alokasi Waktu           
:
2  X  40 menit ( 1 pertemuan)


Tujuan Pembelajaran 
  • Siswa dapat membaca arti mufradad surat al-Insyirah, mengartikan surat al-Insyirah, dan dapat menjelaskan kandungan ayat surat al-Insyirah.

Karakter  siswa yang diharapkan :       Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )

Materi Pembelajaran   
  • Arti mufradad surat al-Insyirah
  • Arti surat al-Insyirah
  • Kandungan ayat surat al-Insyirah

Metode Pembelajaran 
  • Ceramah
  • Demonstrasi
  • Tanya jawab
  • CTL

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
  • Apresepsi
  • Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok kecil (small group) dan menempatkan dalam setiap kelompok.

Kegiatan Inti
1). Eksplorasi
·         Guru menjelaskan kandungan ayat surat al-Insyirah.
2). Elaborasi
·         Siswa membaca arti mufradad.
·         Siswa berlatih mengartikan ayat demi ayat berdasarkan arti mufradadnya dalam kelompok masing-masing dengan bimbingan .
3) Konfirmasi
·         menyampaikan kesulitan yang dialami kepada guru, guru bertindak sebagai fasilitator.

Kegiatan Penutup
  • Guru bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
  • Guru melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
  • Guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
  • Guru merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
  • Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.

Sumber Belajar           
·        Buku PAI Kelas IX  , Penerbit   Umum
·        LKS MGMP PAI SMP / MTS
·        Mushaf Al-Quran
·        VCD pembelajaran

Penilaian                     
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen / Soal
1.   Mengartikan masing-masing kata dalam QS. al-Insyirah dengan benar.
2.   Mengartikan masing-masing ayat dalam QS. al-Insyirah dengan benar.
3.  Mengartikan keseluruhan ayat dalam QS. al-Insyirah dengan benar.

Tes tulis
Tes lisan
Pilihan ganda
Jawaban singkat
Praktik
1. Arti yang tepat untuk kata أَنْقَضَ ظَهْرَكَ dalam QS. al-Insyirah adalah:
    a. yang telah melapangkan dadamu
    b. yang telah menghilangkan bebanmu
    c. yang telah meragukan hatimu
    d. yang telah memberatkan punggungmu.
2. Ayat yang tepat dari arti “Dan Kami telah menghilangkan daripadamu bebanmu” adalah ...
3. Lafalkan QS. al-Insyirah ayat demi demi ayat lengkap dengan terjemahnya!



........................., ................ 20.....
Mengetahui                                                     Guru Mapel PAI
Kepala Sekolah


_________________                                      _________________
NIP                                                                  NIP             

Saran Kepala Sekolah :
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah
:
......................................
Mata Pelajaran
:
Pendidikan Agama Islam
Kelas   /Semester
:
IX/2
Standar Kompetensi
:
8. Memahami Al-Qur’an surat Al-Insyirah
Kompetensi Dasar
:
8.3. Mempraktikkan perilaku dalam bekerja dan selalu berserah diri kepada Allah seperti dalam QS. al-Insyirah.
Alokasi Waktu           
:
2  X  40 menit ( 1 pertemuan)


Tujuan Pembelajaran 
  • Siswa dapat Mempraktikkan sikap berserah diri kepada Allah sesudah menyelesaikan kegiatan belajar/bekerja serta membiasakannya dalam kehidupan sehari-hari.

Karakter  siswa yang diharapkan :       Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )

Materi Pembelajaran   
  • Mempraktikkan Sikap berserah diri kepada Allah sesudah menyelesaikan kegiatan belajar/bekerja.
  • Mempraktikkan Pembiasaan diri bersikap pasrah kepada Allah sesudah menyelesaikan kegiatan belajar/bekerja.

Metode Pembelajaran 
  • Ceramah
  • Demonstrasi
  • Tanya jawab
  • CTL

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
  • Apresepsi
  • Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok kecil (small group) dan menempatkan dalam setiap kelompok.

Kegiatan Inti
1). Eksplorasi
·         Guru menjelaskan cara Mempraktikkan perilaku dalam bekerja dan selalu berserah diri kepada Allah seperti dalam QS. al-Insyirah.
2). Elaborasi
·         Siswa melakukan kegiatan pembiasaan berserah diri dalam setiap aktifitas belajar maupun pekerjaan yang lain.
3) Konfirmasi
·         Siswa melaporkan kegiatannya.

Kegiatan Penutup
·         Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?

Sumber Belajar           
·        Buku PAI Kelas IX  , Penerbit   Umum
·        LKS MGMP PAI SMP / MTS
·        Mushaf Al-Quran
·        VCD pembelajaran

Penilaian                     
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen / Soal
1.  Menjelaskan makna yang terkandung dalam QS. al-Insyirah.
2. Menjelaskan makna bekerja keras dan berserah diri kepada Allah seperti terkandung dalam QS. al-Insyirah.
3. Menunjukkan contoh-contoh perilaku dalam bekerja keras dan selalu berserah diri kepada Allah seperti terkandung dalam QS. al-Insyirah.
4.  Mempraktikkan perilaku dalam bekerja keras dan selalu berserah diri kepada Allah seperti dalam QS. al-Insyirah dalam kehidupan sehari-hari.

Tes tulis
Tes tulis
Penugasan
Tes unjuk kerja
Uraian singkat
Essay
Pekerjaan rumah
Uji petik kerja
1. Jelaskan makna yang terkandung dalam ayat 7 dari QS. al-Insyirah (فَإِذَا فَرَغْتَ فَانْصَبْ)!
2. Apa yang dimaksud dengan berserah diri seperti tersebut dalam QS. al-Insyirah ayat 8?
3. Buatlah laporan tentang contoh-contoh perilaku bekerja keras dari survey yang kalian lakukan di lingkungan tempat tinggal kalian!
4. Tunjukkan perilaku kalian di kelas dalam belajar yang mencerminkan perilaku bekerja keras!


Teknik
Penilaian diri

Bentuk Instrumen
·         Lembar penilaian diri /skala sikap

Instrumen Soal

Pernyataan
Selalu
Sering
Jarang
Tidak Pernah
Skor 0
Skor 1
Skor 2
Skor 3
1
Saya melaksanakan perintah orang tua kalau diberi hadiah




2
Ketika ulangan saya berusaha agar mendapat nilai bagus walaupun harus menyontek




3
Ketika teman-teman merokok saya ikut-ikutan




4
Saya tidak usah berusaha karena kaya dan miskin sudah menjadi takdir Allah SWT




5
Saya telat membayar uang sekolah karena saya menerapkan sikap sabar







........................., ................ 20.....
Mengetahui                                                     Guru Mapel PAI
Kepala Sekolah



_________________                                      _________________
NIP                                                                  NIP             


Saran Kepala Sekolah :
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah
:
......................................
Mata Pelajaran
:
Pendidikan Agama Islam
Kelas   /Semester
:
IX/2
Standar Kompetensi
:
9. Memahami Ajaran   Al – Hadits tentang kebersihan
Kompetensi Dasar
:
9.1. Membaca hadits tentang kebersihan
Alokasi Waktu           
:
2 X  40 menit ( 1 pertemuan)


Tujuan Pembelajaran 
  • Siswa dapat membaca hadits tentang kebersihan dengan fasih dengan fasih, menyalin dengan benar dan hafal dengan lancar

Karakter  siswa yang diharapkan :       Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )

Materi Pembelajaran   
  • Hadits tentang kebersihan dengan fasih

Metode Pembelajaran 
  • Ceramah
  • Demonstrasi
  • Tanya jawab
  • CTL

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
  • Apersepsi
  • Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok kecil (small group) dan menempatkan dalam setiap kelompok.

Kegiatan Inti
1). Eksplorasi
·         Guru mendemonstrasikan bacaan hadits tentang kebersihan dengan fasih.
2). Elaborasi
·         Siswa berlatih membacanya dengan metode tutir sebaya.
3) Konfirmasi
·         menyampaikan kesulitan-kesulitan yang dialami dalam kelompok masing-masing, guru sebagai fasilitator.

Kegiatan Penutup
·         Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?
Sumber Belajar           
·        Buku PAI Kelas IX  , Penerbit   Umum
·        LKS MGMP PAI SMP / MTS
·        Mushaf Al-Quran

Penilaian                     
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen / Soal
1.   Membaca setiap kata yang ada dalam al-Hadits tentang kebersihan dengan benar.
2.  Membaca keseluruhan al-Hadits tentang kebersihan dengan benar.

Tes tulis
Tes tulis

Praktik
1. Bacalah potongan-potongan hadits ini dengan benar:
الطُّهُورُ شَطْرُ الْإِيْمَانِ
وَالْحَمْدُ لِلَّهِ تَمْلَأُ الْمِيْزَانَ
2. Bacalah bagian dari hadits tentang kebersihan di bawah ini:
الطُّهُورُ شَطْرُ الْإِيْمَانِ= وَالْحَمْدُ لِلَّهِ تَمْلَأُ الْمِيْزَانَ= وَسُبْحَانَ اللَّهِ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ تَمْلَآَنِ أَوْ تَمْلَأُ مَا بَيْنَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ


........................., ................ 20.....
Mengetahui                                                     Guru Mapel PAI
Kepala Sekolah



_________________                                      _________________
NIP                                                                  NIP             


Saran Kepala Sekolah :
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah
:
......................................
Mata Pelajaran
:
Pendidikan Agama Islam
Kelas   /Semester
:
IX/2
Standar Kompetensi
:
9. Memahami Ajaran   Al – Hadits tentang kebersihan
Kompetensi Dasar
:
9.2. Menyebutkan arti hadits tentang kebersihan
Alokasi Waktu           
:
2  X  40 menit ( 1 pertemuan)


Tujuan Pembelajaran 
  • Siswa dapat membaca arti mufradad hadits tentang kebersihan, mengartikan hadits tentang kebersihan, dan dapat menjelaskan kandungan hadits tentang kebersihan.

Karakter  siswa yang diharapkan :       Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )

Materi Pembelajaran   
  • Arti mufradad hadits tentang kebersihan
  • Arti surat hadits tentang kebersihan
  • Kandungan hadits tentang kebersihan

Metode Pembelajaran 
  • Ceramah
  • Demonstrasi
  • Tanya jawab
  • CTL

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
  • Apresepsi
  • Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok kecil (small group) dan menempatkan dalam setiap kelompok.

Kegiatan Inti
1). Eksplorasi
·         Guru bertanya kepada siswa arti al-Hadits tentang kebersihan dan berusaha menghafalkannya
2). Elaborasi
·         Siswa membaca arti mufradad.
·         Siswa berlatih mengartikan hadits tentang kebersihan berdasarkan arti mufradadnya dalam kelompok masing-masing dengan bimbingan .
3) Konfirmasi
·         menyampaikan kesulitan yang dialami kepada guru, guru bertindak sebagai fasilitator.
Kegiatan Penutup
·         Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?

Sumber Belajar           
·        Buku PAI Kelas IX  , Penerbit   Umum
·        LKS MGMP PAI SMP/MTS
·        Mushaf Al-Quran
·        VCD pembelajaran

Penilaian                     
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen / Soal
1.   Mengartikan setiap kata yang ada dalam al-Hadits tentang kebersihan dengan benar.
2.  Mengartikan keseluruhan al-Hadits tentang kebersihan dengan benar.
Kuis
Tes tulis

Jawaban singkat
Pilihan ganda
1. Terjemah dari kata شَطْرُ الْإِيْمَانِ adalah ...
2. Arti yang tepat dari potongan hadits وَالصَّبْرُ ضِيَاءٌ adalah:
    a. kesabaran itu ada batasnya
    b. kesabaran itu bersinar
    c. kekayaan itu bermanfaat
    d. kebersihan itu adalah iman



........................., ................ 20.....
Mengetahui                                                     Guru Mapel PAI
Kepala Sekolah



_________________                                      _________________
NIP                                                                  NIP             


Saran Kepala Sekolah :
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah
:
......................................
Mata Pelajaran
:
Pendidikan Agama Islam
Kelas   /Semester
:
IX/2
Standar Kompetensi
:
9. Memahami al-Hadits tentang kebersihan
Kompetensi Dasar
:
9.3. Menampilkan perilaku bersih seperti dalam al-Hadits
Alokasi Waktu           
:
2  X  40 menit ( 1 pertemuan)


Tujuan Pembelajaran 
  • Siswa dapat Menampilkan perilaku bersih seperti dalam al-Hadits.

Karakter  siswa yang diharapkan :       Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )

Materi Pembelajaran   
  • Berpenampilan bersih dan menjaga kebersihan dalam kehidupan sehari-hari.

Metode Pembelajaran 
  • Ceramah
  • Demonstrasi
  • Tanya jawab
  • CTL

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
  • Apresepsi
  • Guru memotivasi siswa perilaku bersih seperti dalam al-Hadits.

Kegiatan Inti
1). Eksplorasi
·         Guru Mengimbau kepada untuk selalu berpenampilan bersih dan menjaga kebersihan dalam kehidupan sehari-hari.
2). Elaborasi
·         Siswa diajak dan dihimbau untuk selalu berpenampilan bersih dan menjaga kebersihan dalam kehidupan sehari-hari.
·         Menjelaskan makna kebersihan seperti terkandung dalam al-Hadits.
3) Konfirmasi
·         Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
·         Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

Kegiatan Penutup
·         Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?

Sumber Belajar           
·        Buku PAI Kelas IX  , Penerbit   Umum
·        LKS MGMP PAI SMP / MTS
·        Mushaf Al-Quran
·        VCD pembelajaran

Penilaian                     
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen / Soal
1.  Menjelaskan makna kebersihan seperti terkandung dalam al-Hadits.
2.  Menampilkan perilaku bersih seperti dalam al-Hadits dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan keluarga.
3.  Menampilkan perilaku bersih seperti dalam al-Hadits dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan sekolah.
Tes tulis
Penugasan
Tes unjuk kerja
Jawaban singkat
Pekerjaan rumah
Praktik
1. Apa makna kebersihan sebagaimana tercermin dalam hadits Nabi?
2. Cobalah kalian mengidentifikasi aktivitas kalian di rumah yang terkait dengan perilaku bersih, lalu buatkan laporannya!
3. Tunjukkan perilaku bersih di kelas di saat proses pembelajaran mata pelajaran PAI!

Teknik
Penilaian diri

Bentuk Instrumen
·         Lembar penilaian diri  skala sikap

Instrumen Soal :

Pernyataan
Selalu
Sering
Jarang
Tidak Pernah
Skor 0
Skor 1
Skor 2
Skor 3
1
Saya memakai pakaian yang bersih dan rapi




2
Ketika akan shalat saya pasti wudu dan menggunakan pakaian yang suci




3
Saya mandi sehari paling tidak dua kali




4
Saya memotong kuku seminggu sekali




5
Ketika melihat sampah yang tercecer saya buang di tempat sampah.






........................., ................ 20.....
Mengetahui                                                     Guru Mapel PAI
Kepala Sekolah



_________________                                      _________________
NIP                                                                  NIP             


Saran Kepala Sekolah :
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................



 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah
:
......................................
Mata Pelajaran
:
Pendidikan Agama Islam
Kelas   /Semester
:
IX/2
Standar Kompetensi
:
10. Meningkatkan keimanan kepada Qadha dan qadar
Kompetensi Dasar
:
10.1. Menyebutkan ciri-ciri beriman kepada qadha dan qadar
Alokasi Waktu           
:
2  X  40 menit ( 1 pertemuan)


Tujuan Pembelajaran 
  • Siswa dapat menjelaskan pentingnya beriman kepada qadha dan qadar dan menyebuitkan ciri-ciri  orang yang beriman kepada qadha dan qadar.

Karakter  siswa yang diharapkan :       Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Kecintaan ( Lovely)

Materi Pembelajaran   
  • Pentingnya beriman kepada qadha dan qadar
  • Ciri-ciri  orang yang beriman kepada qadha dan qadar

Metode Pembelajaran 
  • Ceramah
  • Tanya jawab
  • CTL

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
  • Apresepsi
  • Guru memotivasi siswa mengenai pentingnya iman kepada qadha dan qadar.

Kegiatan Inti
1). Eksplorasi
  • Guru Mengimbau kepada untuk selalu berpenampilan bersih dan menjaga kebersihan dalam kehidupan sehari-hari.
2). Elaborasi
  • Siswa berdiskusi dan menelaah ciri-ciri beriman kepada qadha dan qadar.
  • Siswa Menelaah berbagai literatur untuk menemukan ciri-ciri beriman kepada qadha dan qadar.
3) Konfirmasi
  • Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
  • Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
Kegiatan Penutup
¨       Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?

Sumber Belajar           
·        Buku PAI Kelas IX  , Penerbit   Umum
·        LKS MGMP PAI SMP / MTS

Penilaian                      
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen / Soal
1.   Menjelaskan pengertian beriman kepada qadha dan qadar Allah.
2.   Menyebutkan ciri-ciri seseorang telah beriman kepada qadha dan qadar Allah.
3.  Menyebutkan perilaku yang menunjukkan beriman kepada qadha dan qadar Allah.

Tes lisan
Tes tulis
Penugasan
Jawaban singkat
Uraian
Identifikasi
1. Apa yang dimaksud dengan beriman kepada qadha dan qadar!
2. Sebutkan beberapa ciri bahwa seseorang telah beriman kepada qadha dan qadar!
3. Cobalah kalian mengidentifikasi beberapa perilaku yang menunjukkan beriman kepada qadha dan qadar berdasarkan pengamatan kalian di tengah-tengah masyarakat!



........................., ................ 20.....
Mengetahui                                                     Guru Mapel PAI
Kepala Sekolah


_________________                                      _________________
NIP                                                                  NIP             


Saran Kepala Sekolah :
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah
:
......................................
Mata Pelajaran
:
Pendidikan Agama Islam
Kelas   /Semester
:
IX/2
Standar Kompetensi
:
10. Meningkatkan keimanan kepada Qadha dan qadar
Kompetensi Dasar
:
10.2. Menjelaskan hubungan antara qadha dan qadar
Alokasi Waktu           
:
2  X  40 menit ( 1 pertemuan)


Tujuan Pembelajaran 
  • Siswa dapat menjelasakan pengertian qadha dan qadar dan menjelasakan hubungan antara keduanya serta meyakini bahwa kejadian yang baik dan buruk merupakan takdir Allah.

Karakter  siswa yang diharapkan :       Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )

Materi Pembelajaran   
  • Pengertian qadha dan qadar
  • Hubungan antara qadha, qadar dan takdir
  • Kejadian yang baik dan buruk merupakan takdir Allah

Metode Pembelajaran 
  • Ceramah
  • Diskusi
  • CTL

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
  • Aprsepsi
  • Guru memotivasi siswa mengenai pentingnya iman kepada qadha dan qadar.

Kegiatan Inti
1). Eksplorasi
  • Guru memberikan penjelasan mengenai pengertian qadha dan qadar.
2). Elaborasi
  • Siswa menelaah, mencari dan menemukan hubungan antara qadha dan qadar.
3) Konfirmasi
  • Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
  • Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

Kegiatan Penutup
  • Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?

Sumber Belajar           
·        Buku PAI Kelas IX  , Penerbit   Umum
·        LKS MGMP PAI SMP/MTS

Penilaian                     
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen / Soal
1.   Menjelaskan pengertian qadha dan qadar Allah.
2.   Menjelaskan perbedaan antara qadha dan qadar Allah.
3.   Menjelaskan hubungan antara qadha dan qadar Allah.

Kuis
Tes tulis
Tes tulis
Jawaban singkat
Jawaban singkat
Uraian
1. Apa makna kata qadha dan qadar dari segi bahasa!
2. Apa perbedaan pokok antara qadha dan qadar menurut pendapat para ulama!
3. Buatlah laporan tentang suatu aktivitas (misalnya aktivitas kalian di sekolah) yang menunjukkan hubungan antara qadha dan qadar!


........................., ................ 20.....
Mengetahui                                                     Guru Mapel PAI
Kepala Sekolah


_________________                                      _________________
NIP                                                                  NIP             


Saran Kepala Sekolah :
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah
:
......................................
Mata Pelajaran
:
Pendidikan Agama Islam
Kelas   /Semester
:
IX/2
Standar Kompetensi
:
10. Meningkatkan keimanan kepada Qadha dan qadar
Kompetensi Dasar
:
10.3. Menyebutkan contoh-contoh qadha dan qadar dalam kehidupan sehari-hari
Alokasi Waktu           
:
2  X  40 menit ( 1 pertemuan)


Tujuan Pembelajaran 
  • Siswa dapat membedakan takdir muallak dan mubram dan menyebutkan contoh-contohnya.

Karakter  siswa yang diharapkan :       Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )

Materi Pembelajaran   
  • Perbedaan takdir muallak dan mubram
  • Contoh-contoh takdir muallaq dan mubram

Metode Pembelajaran 
  • Ceramah
  • Diskusi
  • CTL

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
  • Aprsepsi
  • Guru memotivasi siswa mengenai pentingnya contoh-contoh qadha dan qadar dalam kehidupan sehari-hari.

Kegiatan Inti
1). Eksplorasi
  • Siswa Mengamati berbagai fenomena di masyarakat untuk mengidentifikasi perilaku seseorang yang beriman kepada qadha dan qadar.
2). Elaborasi
  • Siswa mendiskusikan contoh-contoh qadha dan qadar dalam kehidupan sehari-hari.
3) Konfirmasi
  • Siswa melaporkan kegiatannya.



Kegiatan Penutup
  • Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?

Sumber Belajar           
·        Buku PAI Kelas IX  , Penerbit   Umum
·        LKS MGMP PAI SMP / MTS

Penilaian                     
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen / Soal
1.  Menyebutkan contoh-contoh qadha dan qadar Allah seperti disebutkan dalam al-Quran.
2.  Menyebutkan contoh-contoh qadha dan qadar dalam kehidupan sehari-hari yang pernah kita alami.
3.  Menyebutkan contoh-contoh qadha dan qadar dalam kehidupan sehari-hari yang belum pernah kita alami.
Tes tulis
Tes tulis
Tes tulis

Isian
Identifikasi
Identifikasi
1. Di antara dua contoh dari qadha dan qadar Allah adalah ... dan ...
2. Cobalah kalian mengidentifikasi beberapa contoh qadha dan qadar Allah terkait dengan perbuatan kalian sehari-hari!
3. Identifikasi juga beberapa contoh qadha dan qadar Allah yang belum kalian alami dalam perbuatan kalian sehari-hari!


........................., ................ 20.....
Mengetahui                                                     Guru Mapel PAI
Kepala Sekolah


_________________                                      _________________
NIP                                                                  NIP             


Saran Kepala Sekolah :
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah
:
SMP / MTs ............
Mata Pelajaran
:
Pendidikan Agama Islam
Kelas   /Semester
:
IX/2
Standar Kompetensi
:
10. Meningkatkan keimanan kepada Qadha dan qadar
Kompetensi Dasar
:
10.4. Menyebutkan ayat-ayat Al-Qur’an yang berkaitan dengan qadha dan qadar
Alokasi Waktu           
:
2  X  40 menit ( 1 pertemuan)


Tujuan Pembelajaran 
  • Siswa dapat membaca, mengartikan dan menjelaskan maksud dalil naqli tentang qadha dan qadar.

Karakter  siswa yang diharapkan :       Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )

Materi Pembelajaran   
  • Dalil naqli tentang qadha dan qadar
  • Arti dalil naqli tentang qadha dan qadar
  • Maksud dalil naqli tentang qadha dan qadar

Metode Pembelajaran 
  • Ceramah
  • Diskusi
  • CTL

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
  • Aprsepsi
  • Guru memotivasi siswa mengenai pentingnya ayat-ayat Al-Qur’an yang berkaitan dengan qadha dan qadar.

Kegiatan Inti
1). Eksplorasi
  • Guru mendemonstrasikan ayat-ayat yang berhubungan dengan qadha dan qadar.
2). Elaborasi
  • Siswa berlatih membaca dan mengartikan dengan metode .
3) Konfirmasi
  • Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
  • Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

Kegiatan Penutup
  • Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?

Sumber Belajar           
·        Buku PAI Kelas IX  , Penerbit   Umum
·        LKS MGMP PAI SMP / MTS

Penilaian                     
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen / Soal
1.   Menunjukkan beberapa ayat al-Quran yang berkaitan dengan qadha dan qadar.
2.   Mengartikan ayat-ayat al-Quran yang berkaitan dengan qadha dan qadar.
3.  Menyimpulkan isi kandungan ayat-ayat al-Quran yang berkaitan dengan qadha dan qadar.

Penugasan
Tes lisan
Tes tulis
Pekerjaan rumah
Unjuk kerja
Uraian
1. Carilah ayat-ayat al-Quran yang terkait dengan iman kepada qadha dan qadar, lalu tulislah dalam buku kerja kalian dan serahkan kepada guru kalian!
2. Tunjukkan satu ayat terkait dengan qadha dan qadar lalu terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia!
3. Sebutkan dan jelaskan satu kandungan pokok dari ayat-ayat al-Quran yang terkait dengan qadha dan qadar!


........................., ................ 20.....
Mengetahui                                                     Guru Mapel PAI
Kepala Sekolah



_________________                                      _________________
NIP                                                                  NIP             


Saran Kepala Sekolah :
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah
:
......................................
Mata Pelajaran
:
Pendidikan Agama Islam
Kelas   /Semester
:
IX/2
Standar Kompetensi
:
11. Menghindari Perilaku tercela
Kompetensi Dasar
:
11.1. Menyebutkan pengertian  takabur.
Alokasi Waktu           
:
2  X  40 menit ( 1 pertemuan)


Tujuan Pembelajaran 
  • Siswa dapat Menyebutkan pengertian  takabur.

Karakter  siswa yang diharapkan :       Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )

Materi Pembelajaran   
  • Pengertian takabur
  • Dalil naqli tentang takabur
  • Akibat buruk takabur

Metode Pembelajaran 
  • Ceramah
  • Tanya jawab
  • CTL

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
  • Apersepsi
  • Guru memotivasi siswa mengenai pentingnya menghindari takabur.

Kegiatan Inti
1). Eksplorasi
  • Guru menjelaskan pengertian takabur.
2). Elaborasi
  • Siswa menelaah lebih dalam mengenai takabur.
  • Siswa berlatih membaca dalil naqli tentang takabur dengan metode .
3) Konfirmasi
  • Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
  • Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

Kegiatan Penutup
¨       Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?

Sumber Belajar           
·        Buku PAI Kelas IX  , Penerbit   Umum
·        LKS MGMP PAI SMP / MTS
·        Mushaf Al-Quran

Penilaian                     
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen / Soal
1.  Menjelaskan pengertian takabur.
2.  Menyebutkan dalil naqli terkait dengan takabur.
Kuis
Tes lisan
Jawaban singkat
Jawaban singkat
1. Apa makna kata takabur dari segi bahasa!
2. Tunjukkan salah satu dalil naqli terkait dengan takabur!


........................., ................ 20.....
Mengetahui                                                     Guru Mapel PAI
Kepala Sekolah


_________________                                      _________________
NIP                                                                  NIP             


Saran Kepala Sekolah :
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah
:
......................................
Mata Pelajaran
:
Pendidikan Agama Islam
Kelas   /Semester
:
IX/2
Standar Kompetensi
:
11. Menghindari perilaku tercela
Kompetensi Dasar
:
11.2. Menyebutkan contoh - contoh perilaku takabur
Alokasi Waktu           
:
2  X  40 menit ( 1 pertemuan)

Tujuan Pembelajaran 
  • Siswa memahami ciri-ciri pentakabur.

Karakter  siswa yang diharapkan :       Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )

Materi Pembelajaran   
  • Ciri-ciri pendendam
  • Ciri-ciri munafik

Metode Pembelajaran 
  • Tanya jawab
  • Diskusi
  • CTL

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
  • Apersepsi
  • Guru membagi siswa dalam kelompok-kelompok kecil.

Kegiatan Inti
1). Eksplorasi
  • Guru menjelaskan langkah-langkah kegiatan dan tugas yang harus dilakukan siswa.
2). Elaborasi
  • Siswa berdiskusi untuk mencari ciri-ciri takabur.
3) Konfirmasi
  • Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
  • Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
  • Siswa melaporkan hasilnya.

Kegiatan Penutup
¨       Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?
Sumber Belajar           
·        Buku PAI Kelas IX  , Penerbit   Umum
·        LKS MGMP PAI SMP / MTS

Penilaian                     
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen / Soal
1.   Menyebutkan contoh-contoh perilaku takabur terhadap Allah Swt.
2.  Menyebutkan contoh-contoh perilaku takabur terhadap sesama manusia.

Tes tulis
Tes tulis
Identifikasi
Identifikasi
1. Cobalah kalian mengidentifikasi contoh-contoh perilaku manusia yang menunjukkan takabur kepada Allah!
2. Cobalah kalian mengidentifikasi contoh-contoh perilaku manusia yang menunjukkan takabur kepada sesamanya!

........................., ................ 20.....
Mengetahui                                                     Guru Mapel PAI
Kepala Sekolah



_________________                                      _________________
NIP                                                                  NIP             


Saran Kepala Sekolah :
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah
:
......................................
Mata Pelajaran
:
Pendidikan Agama Islam
Kelas   /Semester
:
IX/2
Standar Kompetensi
:
11. Menghindari perilaku tercela
Kompetensi Dasar
:
11.3. Menghindari perilaku takabur dalam kehidupan sehari-hari
Alokasi Waktu           
:
2  X  40 menit ( 1 pertemuan)


Tujuan Pembelajaran 
  • Siswa dapat menunjukkan sikap ingin menjauhi perilaku takabur serta membiasakan diri menjauhi perilaku takabur.

Karakter  siswa yang diharapkan :       Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )

Materi Pembelajaran   
  • Menjauhi perilaku takabur
  • Pembiasaan diri menjauhi perilaku takabur

Metode Pembelajaran 
  • Tanya jawab
  • CTL
  • Penugasan

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
  • Apersepsi
  • Guru memotivasi siswa mengenai Tentang Menghindari perilaku takabur dalam kehidupan sehari-hari

Kegiatan Inti
1). Eksplorasi
  • Guru menjelaskan langkah-langkah kegiatan dan tugas yang harus dilakukan siswa.
2). Elaborasi
  • Siswa berdiskusi tentang cara-cara menjauhi takabur.
3) Konfirmasi
  • Siswa melaporakan hasilnya.

Kegiatan Penutup
¨       Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?
Sumber Belajar           
·        Buku PAI Kelas IX  , Penerbit   Umum
·        LKS MGMP PAI SMP / MTS

Penilaian                     
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen / Soal
1.   Menghindari perilaku takabur di tengah-tengah keluarga.
2.   Menghindari perilaku takabur di lingkungan sekolah.
3.  Menghindari perilaku takabur di tengah-tengah masyarakat.

Tes tulis
Tes tulis
Tes tulis
Urian
Urian
Urian
1. Sebutkan dan jelaskan beberapa cara yang dapat kalian lakukan untuk menghindari takabur di tengah-tengah keluarga!
2. Sebutkan dan jelaskan beberapa cara yang dapat kalian lakukan untuk menghindari takabur di sekolah!
3. Sebutkan dan jelaskan beberapa cara yang dapat kalian lakukan untuk menghindari takabur di tengah-tengah masyarakat!


........................., ................ 20.....
Mengetahui                                                     Guru Mapel PAI
Kepala Sekolah


_________________                                      _________________
NIP                                                                  NIP             


Saran Kepala Sekolah :
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah
:
......................................  
Mata Pelajaran
:
Pendidikan Agama Islam
Kelas   /Semester
:
IX/2
Standar Kompetensi
:
12. Memahami tatacara berbagai shalat sunnah
Kompetensi Dasar
:
12.1. Menyebutkan pengertian dan ketentuan sholat sunnat berjamaah dan munfarid
Alokasi Waktu           
:
2  X  40 menit ( 1 pertemuan)


Tujuan Pembelajaran 
  • Siswa dapat menjelaskan pengertian shalat jamaah dan munfarid serta menjelaskan ketentuannya.

Karakter  siswa yang diharapkan :       Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )

Materi Pembelajaran   
  • Pengertian shalat jamaah dan munfarid
  • Dalil naqli tentang keutamaan shalat jamaah
  • Syarat-syarat shalat berjamaah
  • Ketentuan imam dan makmum.
  • Ketentuan makmum masbuk dan muwafiq
  • Ketentuan shaf shalat berjamaah
  • Halangan shalat jamaah

Metode Pembelajaran 
  • Ceramah
  • Tanya jawab
  • CTL

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
  • Apersepsi
  • Guru memotivasi siswa mengenai keutamaan shalat jamaah.

Kegiatan Inti
1). Eksplorasi
  • Guru menjelaskan pengertian, syarat-syarat, ketentuan menjadi imam, makmum shaf, serta ketentuan makmum masbuk dan muwafiq.
2). Elaborasi
  • Siswa menelaah lebih dalam mengenai keutamaan shalat berjamaah.
  • Siswa berlatih membaca dalil naqli tentang keutamaan shalat berjamaah.
3) Konfirmasi
  • Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
  • Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

Kegiatan Penutup
¨       Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?

Sumber Belajar           
·        Buku PAI Kelas IX  , Penerbit   Umum
·        LKS MGMP PAI SMP / MTS
·        Mushaf Al-Quran

Penilaian                     
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen / Soal
1.   Menjelaskan pengertian shalat sunnah berjama’ah.
2.   Menjelaskan pengertian shalat sunnah munfarid.
3.  Menyebutkan dalil naqli terkait dengan shalat sunnah berjama’ah dan munfarid.
Tes lisan
Tes lisan
Penugasan
Jawaban singkat
Jawaban singkat
pekerjaan rumah
1. Apa yang dimaksud dengan shalat sunnah berjama’ah?
2. Apa yang dimaksud dengan shalat sunnah munfarid?
3. Kumpulkan beberapa dalil naqli terkait dengan shalat sunnah berjama’ah dan munfarid lalu tunjukkan di depan kelas!
........................., ................ 20.....
Mengetahui                                                     Guru Mapel PAI
Kepala Sekolah



_________________                                      _________________
NIP                                                                  NIP             


Saran Kepala Sekolah :
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah
:
......................................  
Mata Pelajaran
:
Pendidikan Agama Islam
Kelas   /Semester
:
IX/2
Standar Kompetensi
:
12. Memahami tatacara berbagai shalat sunnah
Kompetensi Dasar
:
12.2. Menyebutkan contoh shalat sunnat berjamaah dan munfarid
Alokasi Waktu           
:
2  X  40 menit ( 1 pertemuan)


Tujuan Pembelajaran 
  • Siswa dapat menjelaskan pengertian shalat jamaah dan munfarid serta menjelaskan ketentuannya.

Karakter  siswa yang diharapkan :       Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )

Materi Pembelajaran   
  • Pengertian shalat jamaah dan munfarid
  • Dalil naqli tentang keutamaan shalat jamaah
  • Syarat-syarat shalat berjamaah
  • Ketentuan imam dan makmum.
  • Ketentuan makmum masbuk dan muwafiq
  • Ketentuan shaf shalat berjamaah
  • Halangan shalat jamaah

Metode Pembelajaran 
  • Ceramah
  • Tanya jawab
  • CTL

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
  • Apersepsi
  • Guru memotivasi siswa mengenai keutamaan shalat jamaah.

Kegiatan Inti
1). Eksplorasi
  • Guru menjelaskan pengertian, syarat-syarat, ketentuan menjadi imam, makmum shaf, serta ketentuan makmum masbuk dan muwafiq.
2). Elaborasi
  • Siswa menelaah lebih dalam mengenai keutamaan shalat berjamaah.
  • Siswa berlatih membaca dalil naqli tentang keutamaan shalat berjamaah.
3) Konfirmasi
  • Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
  • Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

Kegiatan Penutup
¨       Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?

Sumber Belajar           
·        Buku PAI Kelas IX  , Penerbit   Umum
·        LKS MGMP PAI SMP / MTS
·        Mushaf Al-Quran

Penilaian                      
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen / Soal
1.   Menyebutkan contoh-contoh shalat sunnah berjama’ah.
2.  Menyebutkan contoh-contoh shalat sunnah munfarid.

Tes tulis
Kuis
Isian
Isian
1. Di antara tiga contoh shalat sunnah berjama’ah adalah ..., ..., dan ...
2. Satu contoh shalat sunnah munfarid adalah ...


........................., ................ 20.....
Mengetahui                                                     Guru Mapel PAI
Kepala Sekolah



_________________                                      _________________
NIP                                                                  NIP             


Saran Kepala Sekolah :
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah
:
......................................  
Mata Pelajaran
:
Pendidikan Agama Islam
Kelas   /Semester
:
IX/2
Standar Kompetensi
:
12. Memahami tatacara berbagai shalat sunnah
Kompetensi Dasar
:
12.3. Mempraktikkan shalat sunnat berjamaah dan munfarid dalam kehidupan sehari-hari
Alokasi Waktu           
:
2  X  40 menit ( 1 pertemuan)


Tujuan Pembelajaran 
Siswa dapat mempraktikkan shalat berjamaah, mensimulasikan shaf, makmum muwafiq, dan makmum masbuk.

Karakter  siswa yang diharapkan :       Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )

Materi Pembelajaran   
  • Praktikkan shalat berjamaah.
  • Simulasi shaf shalat jamaah dengan satu makmum, dua makmum, dan tiga makmum
  • Simulasi makmum muwafiq dan makmum masbuk

Metode Pembelajaran 
  • Tanya jawab
  • Diskusi
  • Demonstrasi
  • Simulasi
  • CTL

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
  • Apersepsi
  • Guru memotivasi siswa mengenai keutamaan shalat jamaah.
  • Guru membagi siswa dalam kelompok-kelompok kecil.

Kegiatan Inti
1). Eksplorasi
  • Guru menjelaskan langkah-langkah kegiatan shalat berjamaah.
2). Elaborasi
  • Siswa melakukan praktik shalat berjamaah, mensumulasikan shaf makmum, menjadi makmum muwafiq dan makmum masbuk.
3) Konfirmasi
  • Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
  • Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

Kegiatan Penutup
¨       Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?

Sumber Belajar           
·        Buku PAI Kelas IX  , Penerbit   Umum
·        LKS MGMP PAI SMP / MTS

Penilaian                      
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen / Soal
1.  Menjelaskan tatacara shalat sunnah berjama’ah dan munfarid.
2.  Mempraktikkan shalat sunnah berjama’ah dan munfarid di sekolah.
Tes lisan
Tes unjuk kerja
Jawaban singkat
Uji petik kerja
1. Jelaskan secara singkat tatacara shalat sunnah berjama’ah dan munfarid!
2. Tunjukkan dan praktikkan salah satu shalat sunnah munfarid yang sering kalian lakukan!

Rubrik :
Aspek yang dinilai
Indikator kemampuan
Nilai
·         Bacaan-bacaan, baik bacaan rukun maupun sunah
·         Gerakan-gerakan rukun
·         Kekhusyu’an / tumakninah / penghayatan
·    Melaksanakan shalat berjamaah tanpa melakukan kesalahan ketika menjadi imam maupun makmum.
·    khusyu’
100
·    kurang khusyu’
95
·    Melaksanakan shalat berjamaah dengan melakukan 1-10 kesalahan ketika menjadi imam maupun makmum.
·    khusyu’
90
·    kurang khusyu’
85
·    Melaksanakan shalat berjamaah dengan melakukan 11-20 kesalahan ketika menjadi imam maupun makmum.
·    khusyu’
80
·    kurang khusyu’
75
·    Melaksanakan shalat berjamaah dengan melakukan 21-30 kesalahan ketika menjadi imam maupun makmum.
·    khusyu’
70
·    kurang khusyu’
65
·    Melaksanakan shalat berjamaah dengan melakukan lebih dari 30 kesalahan ketika menjadi imam maupun makmum.
·    khusyu’
60
·    kurang khusyu’
55


........................., ................ 20.....
Mengetahui                                                     Guru Mapel PAI
Kepala Sekolah



_________________                                      _________________
NIP                                                                  NIP             


Saran Kepala Sekolah :
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah
:
......................................
Mata Pelajaran
:
Pendidikan Agama Islam
Kelas   /Semester
:
IX/2
Standar Kompetensi
:
13. Memahami sejarah tradisi Islam Nusantara
Kompetensi Dasar
:
13.1. Menceritakan seni budaya lokal sebagai bagian dari tradisi Islam
Alokasi Waktu           
:
2  X  40 menit ( 1 pertemuan)


Tujuan Pembelajaran 
  • Siswa dapat menjelaskan pengertian seni budaya lokal, tradisi Islam, dan menyebutkan contoh budaya lokal yang merupakan tradisi islam

Karakter  siswa yang diharapkan :       Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )

Materi Pembelajaran   
  • Pengertian seni budaya lokal
  • Pengertian tradisi Islam
  • Contoh-contoh budaya lokal yang merupakan tradisi islam

Metode Pembelajaran 
  • Ceramah
  • Tanya jawab
  • CTL

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
  • Apersepsi
  • Guru memotivasi siswa mengenai pentingnya memahami budaya dan seni Islam.

Kegiatan Inti
1). Eksplorasi
  • Guru menjelaskan pengertian seni dan tradisi Islam.
2). Elaborasi
  • Siswa menelaah lebih dalam mengenai seni dan tradisi Islam serta mencari contoh-contohnya.
3) Konfirmasi
  • Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
  • Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
Kegiatan Penutup
¨       Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?

Sumber Belajar           
·        Buku PAI Kelas IX  , Penerbit   Umum
·        LKS MGMP PAI SMP / MTS
·        Mushaf Al-Quran

Penilaian                     
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen / Soal
1.   Menjelaskan pengertian tentang seni budaya lokal.
2.   Menjelaskan pengertian tentang tradisi Islam.
3.   Menceritakan seni budaya lokal yang bernuansa Islami.
Tes tulis

Jawaban singkat

1. Apa yang kalian ketahui tentang seni budaya lokal!
2. Tunjukkan beberapa seni budaya yang berkembang sekarang yang merupakan warisan tradisi Islam!
3. Jelaskan salah satu jenis seni budaya lokal yang bernuansa Islami di daerah kalian!


........................., ................ 20.....
Mengetahui                                                     Guru Mapel PAI
Kepala Sekolah



_________________                                      _________________
NIP                                                                  NIP             


Saran Kepala Sekolah :
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah
:
......................................
Mata Pelajaran
:
Pendidikan Agama Islam
Kelas   /Semester
:
IX/2
Standar Kompetensi
:
13. Memahami sejarah tradisi Islam Nusantara
Kompetensi Dasar
:
13.2. Memberikan apresiasi terhadap tradisi dan upacara adat kesukuan Nusantara
Alokasi Waktu           
:
2  X  40 menit ( 1 pertemuan)


Tujuan Pembelajaran 
  • Siswa dapat menceritakan dan mengapresiasi tradisi halal bihalal, dugderan, kupatan, grebeg besar dan sekaten

Karakter  siswa yang diharapkan :       Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Kecintaan ( Lovely)
Kebangsaan (cityzenship )

Materi Pembelajaran   
  • Tradisi halal bihalal, dugderan, kupatan, grebeg besar dan sekaten.
  • Apresiasi terhadap tradisi tradisi halal bihalal, dugderan, kupatan, grebeg besar dan sekaten.

Metode Pembelajaran 
  • Tanya jawab
  • Diskusi
  • CTL

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
  • Apersepsi
  • Guru membagi siswa dalam kelompok-kelompok kecil.

Kegiatan Inti
1). Eksplorasi
  • Guru menjelaskan langkah-langkah kegiatan dan tugas yang harus dilakukan siswa.
2). Elaborasi
  • Siswa berdiskusi untuk berdiskusi tentang tradisi halal bihalal, dugderan, kupatan, grebeg besar dan sekaten.
3) Konfirmasi
  • Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
  • Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
  • Siswa melaporkan hasilnya.
Kegiatan Penutup
¨       Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?

Sumber Belajar           
·        Buku PAI Kelas IX  , Penerbit   Umum
·        LKS MGMP PAI SMP / MTS

Penilaian                     
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen / Soal
1.  Memelajari tradisi dan upacara adat kesukuan Nusantara.
2.  Memberikan apresiasi terhadap tradisi dan upacara adat kesukuan Nusantara yang bernuansa Islami.

Observasi
Tes unjuk kerja
Instrumen observasi
Proyek
1. Lakukan pengamatan terhadap salah satu upacara adat di lingkungan kalian lalu buatlah laporannya dengan mengaitkan dengan pandangan Islam!
2. Buatlah satu kelompok (group) seni untuk mengembangkan salah satu seni budaya lokal yang Islami dengan misi dakwah Islam!


........................., ................ 20.....
Mengetahui                                                     Guru Mapel PAI
Kepala Sekolah



_________________                                      _________________
NIP                                                                  NIP              


Saran Kepala Sekolah :
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................

ANALISIS PENCAPAIAN KETUNTASAN BELAJAR PESERTA DIDIK PER KD
No
                       
Nama Siswa                   
 

                               
                               KKM
                       
Pencapaian Ketuntasan Belajar Peserta Didik/KD
SK 1
SK 2
SK 3
KD
KD
KD
1.1
1.2
dst
2.1
2.2
dst
3.1
3.2
dst
…..

…..

…..

…..

…..

…..

…..

…..

…..
1










2










3










4










5










dst











Rata-rata










Ketuntasan belajar (dalam %)









Frekwensi   
jml siswa
≤  49









50-74









75-100









≥ KKM sekolah











Tidak ada komentar:

Posting Komentar