RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
|
:
|
......................................
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Pendidikan Agama Islam
|
Kelas /Semester
|
:
|
IX/1
|
Standar Kompetensi
|
:
|
1. Memahami Al-Qur’an surat
at-Tin
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
1.1. Membaca QS. at-Tin dengan
tartil.
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2 X 40 menit
( 1 pertemuan)
|
Tujuan
Pembelajaran
- Siswa dapat
membaca surat at-Tin dengan fasih, menyalin dengan benar dan hafal dengan
lancar
Karakter siswa yang
diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility
)
Materi
Pembelajaran
- Surat at-Tin
Metode
Pembelajaran
- Ceramah
- Demonstrasi
- Tanya jawab
- CTL
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Pendahuluan
- Apersepsi
- Guru
memotivasi siswa mengenai keutamaan membaca al-Qur’an.
- Guru memilih
beberapa siswa yang mempunyai kemampuan membaca Al Qur'an di atas
rata-rata untuk menjadi .
- Guru
membagi siswa menjadi beberapa kelompok kecil (small group) dan
menempatkan dalam setiap kelompok.
Kegiatan
Inti
1). Eksplorasi
·
Guru mendemonstrasikan bacaan surat at-Tin.
2). Elaborasi
·
Siswa berlatih membacanya dengan metode tutir sebaya.
·
menyampaikan kesulitan-kesulitan yang dialami dalam
kelompok masing-masing, guru sebagai fasilitator.
3) Konfirmasi
- Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
- Guru bersama siswa bertanya
jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan )
Kegiatan
Penutup
·
Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan
belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?
Sumber Belajar
·
Buku PAI Kelas IX
, Penerbit Umum
·
LKS MGMP PAI SMP / MTS
·
Mushaf Al-Quran
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen /
Soal
|
§ Membaca
potongan-potongan ayat dalam QS. at-Tin dengan benar.
§ Membaca keseluruhan
ayat dalam QS. at-Tin dengan tartil dan benar.
|
Tes tertulis
|
Tes uraian
|
§
Bacalah surat at-Tin dengan fasih, kemudian
hafalkan!
|
........................., ................ 20.....
Mengetahui Guru
Mapel PAI
Kepala Sekolah
_________________ _________________
NIP
NIP
Saran Kepala Sekolah :
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
|
:
|
......................................
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Pendidikan Agama Islam
|
Kelas /Semester
|
:
|
IX/1
|
Standar Kompetensi
|
:
|
1. Memahami Al-Qur’an surat
at-Tin
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
1.2. Menyebutkan
arti QS at-Tin
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2 X 40 menit ( 1 pertemuan)
|
Tujuan
Pembelajaran
- Siswa dapat
membaca arti mufradad surat at-Tin, mengartikan surat at-Tin, dan dapat
menjelaskan kandungan ayat surat at-Tin.
Karakter siswa yang
diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility
)
Materi
Pembelajaran
- Arti
mufradad surat at-Tin
- Arti surat
at-Tin
- Kandungan
ayat surat at-Tin
Metode
Pembelajaran
- Ceramah
- Demonstrasi
- Tanya jawab
- CTL
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Pendahuluan
- Apresepsi
- Guru
membagi siswa menjadi beberapa kelompok kecil (small group) dan
menempatkan dalam setiap kelompok.
Kegiatan
Inti
1). Eksplorasi
·
Guru mendemonstrasikan bacaan surat QS at-Tin.
2). Elaborasi
·
Siswa membaca arti mufradad.
·
Siswa berlatih mengartikan ayat demi ayat berdasarkan
arti mufradadnya dalam kelompok masing-masing dengan bimbingan .
·
menyampaikan kesulitan yang dialami kepada guru, guru
bertindak sebagai fasilitator.
3) Konfirmasi
- Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
- Guru bersama siswa bertanya
jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan )
Kegiatan
Penutup
·
Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai
kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak
?
Sumber Belajar
·
Buku PAI Kelas IX
, Penerbit Umum
·
LKS MGMP PAI SMP / MTS
·
Mushaf Al-Quran
·
VCD pembelajaran
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen /
Soal
|
§
Mengartikan masing-masing kata dalam QS. at-Tin
dengan benar.
§
Mengartikan masing-masing ayat dalam QS. at-Tin
dengan benar.
§
Mengartikan keseluruhan ayat dalam QS. at-Tin dengan
benar.
|
Tes tertulis
|
Tes uraian
Tes
isian
|
§
Lafaz وطور سينين
artinya ....
§
Lafaz لقد خلقنا
artinya ....
§
Lafaz أحسن تقويم
artinya ....
§
Tulislah arti surat at-Tin ayat 4!
§
Tulislah arti surat at-Tin ayat 4!
|
........................., ................ 20.....
Mengetahui Guru
Mapel PAI
Kepala Sekolah
_________________ _________________
NIP
NIP
Saran Kepala Sekolah :
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
|
:
|
......................................
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Pendidikan Agama Islam
|
Kelas /Semester
|
:
|
IX/1
|
Standar Kompetensi
|
:
|
1. Memahami Al-Qur’an surat
at-Tin
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
1.3.
Menjelaskan makna QS. at-Tin.
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2 X 40 menit
( 1 pertemuan)
|
Tujuan
Pembelajaran
- Siswa dapat
Menjelaskan makna setiap ayat yang ada dalam QS. at-Tin dengan benar.
Karakter siswa yang
diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility
)
Materi
Pembelajaran
- makna QS. at-Tin.
Metode
Pembelajaran
- Ceramah
- Demonstrasi
- Tanya jawab
- CTL
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Pendahuluan
- Apresepsi
- Guru
memotivasi siswa mengenai makna setiap ayat yang ada dalam QS. at-Tin
dengan benar.
- Guru memilih
beberapa siswa yang mempunyai kemampuan makna Al Qur'an di atas rata-rata
untuk menjadi .
- Guru
membagi siswa menjadi beberapa kelompok kecil (small group) dan
menempatkan dalam setiap kelompok.
Kegiatan
Inti
1). Eksplorasi
- Guru
Menjelaskan makna setiap ayat yang ada dalam QS. at-Tin.
2). Elaborasi
·
Siswa membaca dan mengkaji buku-buku tafsir untuk
memahami makna QS. at-Tin.
·
Menjelaskan
pesan-pesan pokok dari QS. at-Tin.
3) Konfirmasi
- Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
- Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
Kegiatan
Penutup
·
Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai
kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak
?
Sumber Belajar
·
Buku PAI Kelas IX
, Penerbit Umum
·
LKS MGMP PAI SMP / MTS
·
Mushaf Al-Quran
·
VCD pembelajaran
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen /
Soal
|
§
Menjelaskan makna setiap ayat yang ada dalam QS.
at-Tin dengan benar.
§
Menjelaskan pesan-pesan pokok dari QS. at-Tin.
|
Tes tertulis
|
Tes uraian
Tes
isian
|
§
jelaskan makna setiap ayat yang ada dalam QS. at-Tin
dengan benar.
§
jelaskan pesan-pesan pokok dari QS. at-Tin.
|
Bentuk
Instrumen
·
Lembar penilaian diri /skala sikap
Instrumen
Soal
Pernyataan
|
Selalu
|
Sering
|
Jarang
|
Tidak Pernah
|
|
Skor 0
|
Skor 1
|
Skor 2
|
Skor 3
|
||
1
|
Saya
melaksanakan perintah orang tua kalau diberi hadiah
|
||||
2
|
Ketika ulangan
saya berusaha agar mendapat nilai bagus walaupun harus menyontek
|
||||
3
|
Ketika
teman-teman merokok saya ikut-ikutan
|
||||
4
|
Saya tidak usah
berusaha karena kaya dan miskin sudah menjadi takdir Allah SWT
|
||||
5
|
Saya telat
membayar uang sekolah karena saya menerapkan sikap sabar
|
........................., ................ 20.....
Mengetahui Guru
Mapel PAI
Kepala Sekolah
_________________ _________________
NIP
NIP
Saran Kepala Sekolah :
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
|
:
|
......................................
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Pendidikan Agama Islam
|
Kelas /Semester
|
:
|
IX/1
|
Standar Kompetensi
|
:
|
2. Memahami Ajaran Al – Hadits
tentang menuntut ilmu
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
2.1. Membaca hadits tentang
menuntut ilmu
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2 X 40 menit
( 1 pertemuan)
|
Tujuan
Pembelajaran
- Siswa dapat
membaca hadits tentang menuntut ilmu dengan fasih dengan fasih, menyalin
dengan benar dan hafal dengan lancar
Karakter siswa yang
diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility
)
Materi
Pembelajaran
- Hadits tentang
menuntut ilmu dengan fasih
Metode
Pembelajaran
- Ceramah
- Demonstrasi
- Tanya jawab
- CTL
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Pendahuluan
- Apersepsi
- Guru
membagi siswa menjadi beberapa kelompok kecil (small group) dan
menempatkan dalam setiap kelompok.
Kegiatan
Inti
1). Eksplorasi
·
Guru mendemonstrasikan bacaan hadits tentang menuntut
ilmu dengan fasih.
2). Elaborasi
·
Siswa berlatih membacanya dengan metode tutir sebaya.
·
menyampaikan kesulitan-kesulitan yang dialami dalam
kelompok masing-masing, guru sebagai fasilitator.
3) Konfirmasi
- Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
- Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
Kegiatan
Penutup
·
Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai
kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak
?
Sumber Belajar
·
Buku PAI Kelas IX
, Penerbit Umum
·
LKS MGMP PAI SMP / MTS
·
Mushaf Al-Quran
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen /
Soal
|
§
Membaca setiap kata yang ada dalam al-Hadits tentang
menuntut ilmu dengan benar.
§
Membaca keseluruhan al-Hadits tentang menuntut ilmu
dengan benar.
|
Tes tertulis
|
Tes uraian
Tes
isian
|
Bacalah hadits tentang menuntut ilmu dengan
fasih dengan fasih, kemudian hafalkan!
|
........................., ................ 20.....
Mengetahui Guru
Mapel PAI
Kepala Sekolah
_________________ _________________
NIP
NIP
Saran Kepala Sekolah :
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
|
:
|
......................................
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Pendidikan Agama Islam
|
Kelas /Semester
|
:
|
IX/1
|
Standar Kompetensi
|
:
|
2. Memahami Ajaran Al – Hadits
tentang menuntut ilmu
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
2.2. Menyebutkan
arti hadits tentang menuntut ilmu
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2 X 40 menit ( 1 pertemuan)
|
Tujuan
Pembelajaran
- Siswa dapat
membaca arti mufradad hadits tentang menuntut ilmu, mengartikan hadits
tentang menuntut ilmu, dan dapat menjelaskan kandungan hadits tentang
menuntut ilmu.
Karakter siswa yang
diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility
)
Kecintaan ( Lovely)
Kemanusiaan ( Humanity
)
Materi
Pembelajaran
- Arti
mufradad hadits tentang menuntut ilmu
- Arti surat
hadits tentang menuntut ilmu
- Kandungan
hadits tentang menuntut ilmu
Metode
Pembelajaran
- Ceramah
- Demonstrasi
- Tanya jawab
- CTL
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Pendahuluan
- Apresepsi
- Guru
membagi siswa menjadi beberapa kelompok kecil (small group) dan
menempatkan dalam setiap kelompok.
Kegiatan
Inti
1). Eksplorasi
·
Guru menjelaskan kandungan hadits tentang menuntut
ilmu.
2). Elaborasi
·
Siswa membaca arti mufradad.
·
Siswa berlatih mengartikan hadits tentang menuntut
ilmu berdasarkan arti mufradadnya dalam kelompok masing-masing dengan bimbingan
.
3) Konfirmasi
·
menyampaikan kesulitan yang dialami kepada guru, guru
bertindak sebagai fasilitator.
Kegiatan
Penutup
·
Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai
kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak
?
Sumber Belajar
·
Buku PAI Kelas IX
, Penerbit Umum
·
LKS MGMP PAI SMP/MTS
·
Mushaf Al-Quran
·
VCD pembelajaran
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen /
Soal
|
§
Mengartikan setiap kata yang ada dalam al-Hadits
tentang menuntut ilmu dengan benar.
§
Mengartikan keseluruhan al-Hadits tentang menuntut
ilmu dengan benar.
|
Tes tertulis
|
Tes uraian
Tes
isian
|
§
Lafaz النظافة artinya ....
§
Lafaz من الإيمان
artinya ....
§
Lafaz نظيف
artinya ....
§
Tulislah arti hadits tentang menuntut ilmu yang
menyatakanbahwa menuntut ilmu itu sebagian dai iman!
§
Tulislah artinya!
|
........................., ................ 20.....
Mengetahui Guru
Mapel PAI
Kepala Sekolah
_________________ _________________
NIP
NIP
Saran Kepala Sekolah :
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
|
:
|
......................................
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Pendidikan Agama Islam
|
Kelas /Semester
|
:
|
IX/1
|
Standar Kompetensi
|
:
|
2. Memahami al-Hadits tentang
menuntut ilmu
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
2.3. Menyebutkan
hadits tentang menuntut ilmu
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2 X 40 menit ( 1 pertemuan)
|
Tujuan
Pembelajaran
- Siswa dapat
mensimulasikan sikap berserah menjaga menuntut ilmu serta membiasakannya
dalam kehidupan sehari-hari.
Karakter siswa yang diharapkan :
Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility
)
Kecintaan ( Lovely)
Materi
Pembelajaran
- Sikap
menjaga menuntut ilmu.
- Pembiasaan
diri menjaga menuntut ilmu.
Metode
Pembelajaran
- Ceramah
- Demonstrasi
- Tanya jawab
- CTL
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Pendahuluan
- Apresepsi
- Guru
memotivasi siswa mengenai makna kandungan hadits tentang menuntut ilmu.
Kegiatan
Inti
1). Eksplorasi
·
Guru menjelaskan Sikap menjaga menuntut ilmu.
2). Elaborasi
·
Siswa melakukan kegiatan pembiasaan berserah diri
dalam setiap aktifitas belajar maupun pekerjaan yang lain.
·
Siswa melaporkankegiatannya.
3) Konfirmasi
- Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
- Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
Kegiatan
Penutup
·
Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai
kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak
?
Sumber Belajar
·
Buku PAI Kelas IX
, Penerbit Umum
·
LKS MGMP PAI SMP / MTS
·
Mushaf Al-Quran
·
VCD pembelajaran
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen /
Soal
|
§
Menjelaskan makna yang terkandung dalam al-Hadits
tentang menuntut ilmu.
§
Menjelaskan arti menuntut ilmu seperti yang
terkandung dalam al-Hadits.
§
Menjelaskan prinsip-prinsip menuntut ilmu seperti
terdapat dalam al-Hadits.
|
Tes tertulis
|
Tes uraian
Tes
isian
|
§
jelaskan makna yang terkandung dalam al-Hadits
tentang menuntut ilmu.
§
Jelaskan arti menuntut ilmu seperti yang terkandung
dalam al-Hadits.
§
jelaskan prinsip-prinsip menuntut ilmu seperti
terdapat dalam al-Hadits.
|
Bentuk
Instrumen
·
Lembar penilaian diri
skala sikap
Instrumen
Soal
Pernyataan
|
Selalu
|
Sering
|
Jarang
|
Tidak Pernah
|
|
Skor 0
|
Skor 1
|
Skor 2
|
Skor 3
|
||
1
|
Saya memakai
pakaian yang bersih dan rapi
|
||||
2
|
Ketika akan
shalat saya pasti wudu dan menggunakan pakaian yang suci
|
||||
3
|
Saya mandi
sehari paling tidak dua kali
|
||||
4
|
Saya memotong
kuku seminggu sekali
|
||||
5
|
Ketika melihat
sampah yang tercecer saya buang di tempat sampah.
|
........................., ................ 20.....
Mengetahui Guru
Mapel PAI
Kepala Sekolah
_________________ _________________
NIP NIP
Saran Kepala Sekolah :
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
|
:
|
......................................
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Pendidikan Agama Islam
|
Kelas /Semester
|
:
|
IX/1
|
Standar Kompetensi
|
:
|
3. Meningkatkan keimanan kepada
Hari Akhir
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
3.1. Menjelaskan pengertian
beriman kepada Hari Akhir
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2 X 40 menit ( 1 pertemuan)
|
Tujuan
Pembelajaran
- Siswa dapat
mengimani hari akhir, menjelasakan kehidupan dunia hanya sementara, serta
menjelaskan fungsinya.
Karakter siswa yang
diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility
)
Kecintaan ( Lovely)
Materi
Pembelajaran
- Pengertian
iman kepada hari akhir
- Kehidupan
dunia yang bersifat sementara
- Fungsi
beriman kepada hari akhir dalam kehidupan
Metode
Pembelajaran
- Ceramah
- Tanya jawab
- CTL
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Pendahuluan
- Apresepsi
- Guru
memotivasi siswa mengenai pentingnya memahami iman kepada hari akhir.
- Guru
membagi siswa menjadi beberapa kelompok kecil (small group).
Kegiatan
Inti
1). Eksplorasi
- Guru
memberikan gambaran mengenai dhsyatnya hari akhir.
2). Elaborasi
- Siswa
berlatih membaca dalil naqli mengenai hari akhir dengan metode .
- Siswa
berdiskusi tentang kehidupan dunia yang hanya sementara.
3) Konfirmasi
- Siswa
menelaah lebih mendalam mengenai fungsi beriman kepada hari akhir..
Kegiatan
Penutup
¨ Guru bersama siswa
melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau
tidak ? Menyenangkan atau tidak ?
Sumber Belajar
·
Buku PAI Kelas IX
, Penerbit Umum
·
LKS MGMP PAI SMP/MTS
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen /
Soal
|
§
Menjelaskan pengertian hari akhir.
§
Menjelaskan nama-nama hari akhir.
§
Menjelaskan berbagai peristiwa terkait dengan hari
akhir.
§
Menjelaskan pengertian beriman kepada hari akhir
§
Menjelaskan hikmah beriman kepada hari akhir.
|
Tes tertulis
|
Tes uraian
|
§
Jelaskan pengertian iman kepada hari akhirl!
§
Ceritakan kejadian hari akhir!
§
Tulislah ayat tentang hari akhir!
§
Jelaskan tanda-tanda hari akhir!
§
Jelasakan fungsi beriman kepada hari akhir!
|
........................., ................ 20.....
Mengetahui Guru
Mapel PAI
Kepala Sekolah
_________________ _________________
NIP
NIP
Saran Kepala Sekolah :
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
|
:
|
......................................
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Pendidikan Agama Islam
|
Kelas /Semester
|
:
|
IX/1
|
Standar Kompetensi
|
:
|
3. Meningkatkan keimanan kepada
Hari Akhir
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
3.2. Menyebutkan ayat
Al-Qur’an yang berkaitan dengan hari Akhir
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2 X 40 menit ( 1 pertemuan)
|
Tujuan
Pembelajaran
- Siswa dapat
membaca dan mengartikan dalil naqli dan aqli tentang hari akhir dan adanya
pembalasan amal baik dan buruk manusia.
Karakter siswa yang
diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility
)
Kecintaan ( Lovely)
Materi
Pembelajaran
- Dalil naqli
dan aqli tentang hari akhir
- Dalil naqli
tentang adanya pembalasan amal baik dan buruk manusia
Metode
Pembelajaran
- Ceramah
- Diskusi
- CTL
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Pendahuluan
- Aprsepsi
- Guru
memotivasi siswa mengenai pentingnya mengartikan dalil naqli dan aqli
tentang hari akhir.
Kegiatan
Inti
1). Eksplorasi
- Guru mendemonstrasikan ayat-ayat yang berhubungan
dengan ahri akhir.
2). Elaborasi
- Siswa berlatih membaca dan mengartikan dengan
metode .
3) Konfirmasi
- Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
- Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
Kegiatan
Penutup
- Guru bersama
siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini.
Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?
Sumber Belajar
·
Buku PAI Kelas IX
, Penerbit Umum
·
LKS MGMP PAI SMP/MTS
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen /
Soal
|
§
Menyebutkan ayat-ayat al-Quran yang menegaskan iman
kepada hari akhir.
§
Menyebutkan ayat-ayat al-Quran yang menjelaskan
tanda-tanda datangnya hari akhir.
§
Menyebutkan ayat-ayat al-Quran yang menjelaskan
berbagai peristiwa yang terjadi pada hari akhir.
|
Tes tertulis
|
Tes uraian
|
§
Sebutkan ayat-ayat al-Quran yang menegaskan iman
kepada hari akhir.
§
Sebutkan ayat-ayat al-Quran yang menjelaskan
tanda-tanda datangnya hari akhir.
§
Sebutkan ayat-ayat al-Quran yang menjelaskan
berbagai peristiwa yang terjadi pada hari akhir.
|
........................., ................ 20.....
Mengetahui Guru
Mapel PAI
Kepala Sekolah
_________________ _________________
NIP NIP
Saran Kepala Sekolah :
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
|
:
|
......................................
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Pendidikan Agama Islam
|
Kelas /Semester
|
:
|
IX/1
|
Standar Kompetensi
|
:
|
3. Meningkatkan keimanan kepada
Hari Akhir
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
3.3. Menampilkan sikap
mencintai Al-Qur’an sebagai Kitab Allah
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2 X 40 menit ( 1 pertemuan)
|
Tujuan
Pembelajaran
- Siswa
membiasakan diri tadarus al-Qur'an dan berperilaku yang sesuai dengan ajaran
al-Qur'an.
Karakter siswa yang
diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility
)
Kecintaan ( Lovely)
Materi
Pembelajaran
- Tadarus
al-Qur'an
- Perilaku
yang sesuai dengan ajaran al-Qur'an
Metode
Pembelajaran
- Penugasan
- CTL
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Pendahuluan
- Aprsepsi
- Guru
memotivasi siswa mengenai pentingnya sikap mencintai Al-Qur’an sebagai
Kitab Allah.
Kegiatan
Inti
1). Eksplorasi
- Guru
memberikan penjelasan mengenai langkah-langkah kegiatan tadarus al-Quran.
2). Elaborasi
- Siswa
melakaukan kegiatan tadarus di rumah selama satu minggu.
- Siswa
mendeskripsikan kesan-kesannya.
3) Konfirmasi
- Siswa
melaporkan hasil kegiatannya secara tertulis.
Kegiatan
Penutup
- Guru bersama
siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini.
Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?
Sumber Belajar
·
Buku PAI Kelas IX
, Penerbit Umum
·
LKS MGMP PAI SMP/MTS
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen /
Soal
|
·
Menjelaskan pengertian kiamat sughra dan
tanda-tandanya seperti terkandung dalam al-Quran dan al-Hadits.
·
Menjelaskan pengertian kiamat kubra dan
tanda-tandanya seperti terkandung dalam al-Quran dan al-Hadits.
·
Menjelaskan proses kejadian kiamat sughra dan kubra
seperti terkandung dalam al-Quran dan al-Hadits.
|
Tes tertulis
|
Tes uraian
|
§
jelaskan pengertian kiamat sughra dan tanda-tandanya
seperti terkandung dalam al-Quran dan al-Hadits.
§
jelaskan pengertian kiamat kubra dan tanda-tandanya
seperti terkandung dalam al-Quran dan al-Hadits.
§
jelaskan proses kejadian kiamat sughra dan kubra
seperti terkandung dalam al-Quran dan al-Hadits.
|
........................., ................ 20.....
Mengetahui Guru
Mapel PAI
Kepala Sekolah
_________________ _________________
NIP
NIP
Saran Kepala Sekolah :
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
|
:
|
......................................
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Pendidikan Agama Islam
|
Kelas /Semester
|
:
|
IX/1
|
Standar Kompetensi
|
:
|
4. Membiasakan perilaku
terpuji
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
4.1. Menjelaskan pengertian
tasamuh
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2 X 40 menit ( 1 pertemuan)
|
Tujuan Pembelajaran
- Siswa dapat
menjelaskan tasamuh, membaca dan
mengartikan dalil naqlinya, serta menjelaskan fungsinya dalam kehidupan.
Karakter siswa yang
diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility
)
Kecintaan ( Lovely)
Materi
Pembelajaran
- Pengertian tasamuh
- Dalil naqli
tentang tasamuh
- Fungsi tasamuh dalam kehidupan
Metode
Pembelajaran
- Ceramah
- Tanya jawab
- CTL
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Pendahuluan
- Apresepsi
- Guru
memotivasi siswa mengenai pentingnya berakhlak mulia.
- Guru membagi
siswa menjadi kelompok-kelompok kecil (small group)
Kegiatan
Inti
1). Eksplorasi
- Guru
menjelaskan pengertian tasamuh.
2). Elaborasi
- Siswa
menelaah lebih dalam mengenai
tasamuh.
- Siswa
berlatih membaca dalil naqli tentang
tasamuh dengan metode .
3) Konfirmasi
- Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
- Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Kegiatan
Penutup
¨ Guru bersama siswa
melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau
tidak ? Menyenangkan atau tidak ?
Sumber Belajar
·
Buku PAI Kelas IX
, Penerbit Umum
·
LKS MGMP PAI SMP / MTS
·
Mushaf Al-Quran
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen /
Soal
|
·
Menjelaskan pengertian qana'ah dan menyebutkan
dalilnya.
·
Menjelaskan pengertian tasamuh dan menyebutkan
dalilnya.
|
Tes tertulis
|
Tes uraian
|
·
Jelaskan pengertian qanaah!
·
Jelakan pengertian tasamuh!
·
Jelaskan ciri-ciri qana’ah!
·
Apakah fungsi qanaah?
·
Tulislah dalil naqli tentang tasamuh!
|
........................., ................ 20.....
Mengetahui Guru
Mapel PAI
Kepala Sekolah
_________________ _________________
NIP
NIP
Saran Kepala Sekolah :
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
|
:
|
......................................
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Pendidikan Agama Islam
|
Kelas /Semester
|
:
|
IX/1
|
Standar Kompetensi
|
:
|
4. Membiasakan perilaku
terpuji
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
4.2. Menampilkan contoh
perilaku tasamuh
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2 X 40 menit ( 1 pertemuan)
|
Tujuan
Pembelajaran
- Siswa dapat
menyebutkan contoh-contoh perilaku
tasamuh dalam kehidupan dan menyukainya.
Karakter siswa yang
diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility
)
Materi
Pembelajaran
- Contoh-contoh
perilaku tasamuh dalam kehidupan.
Metode
Pembelajaran
- Tanya jawab
- Diskusi
- Penugasan
- CTL
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Pendahuluan
- Apresepsi
- Guru
memotivasi siswa mengenai indahnya berakhlak mulia.
- Guru membagi
siswa dalam kelompok-kelompok kecil.
Kegiatan
Inti
1). Eksplorasi
- Guru
menjelaskan langkah-langkah kegiatan dan tugas yang harus dilakukan siswa.
2). Elaborasi
- Siswa
berdiskusi untuk mencari contoh-contoh nyata perilaku tasamuh dalam kehidupan.
3) Konfirmasi
- Siswa
melaporkan hasilnya.
Kegiatan
Penutup
¨ Guru bersama siswa
melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau
tidak ? Menyenangkan atau tidak ?
Sumber Belajar
·
Buku PAI Kelas IX
, Penerbit Umum
·
LKS MGMP PAI SMP / MTS
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen /
Soal
|
·
Menunjukkan contoh-contoh perilaku qana’ah dalam
kehidupan sehari-hari.
·
Menunjukkan contoh-contoh perilaku tasamuh dalam
kehidupan sehari-hari.
|
Tes tertulis
|
Tes uraian
|
·
Ceritakan contoh penerapan qana’ah!
·
Ceritakan contoh penerapan tasamuh!
|
........................., ................ 20.....
Mengetahui Guru
Mapel PAI
Kepala Sekolah
_________________ _________________
NIP
NIP
Saran Kepala Sekolah :
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
|
:
|
......................................
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Pendidikan Agama Islam
|
Kelas /Semester
|
:
|
IX/1
|
Standar Kompetensi
|
:
|
4. Membiasakan perilaku
terpuji
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
4.3. Membiasakan perilaku qana'ah dan tasamuh
dalam kehidupan sehari-hari.
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2 X 40 menit ( 1 pertemuan)
|
Tujuan
Pembelajaran
- Siswa dapat
membiasakan diri berperilaku
tasamuh dalam kehidupan serta merasakan manfaatnya.
Karakter siswa yang
diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility
)
Materi
Pembelajaran
- Pembiasaan
perilaku tasamuh dalam kehidupan
- Manfaat
berperilaku tasamuh dalam
kehidupan
Metode
Pembelajaran
- Tanya jawab
- Modeling
- CTL
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Pendahuluan
- Apresepsi
- Guru
memotivasi siswa mengenai indahnya berakhlak mulia.
- Guru membagi
siswa dalam kelompok-kelompok kecil.
Kegiatan
Inti
1). Eksplorasi
- Guru
menjelaskan langkah-langkah kegiatan dan tugas yang harus dilakukan siswa.
2). Elaborasi
- Siswa
melakukan simulasi perilaku tasamuh.
3) Konfirmasi
- Siswa
menuliskan kesan-kesannya.
Kegiatan
Penutup
¨ Guru bersama siswa
melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau
tidak ? Menyenangkan atau tidak ?
Sumber Belajar
·
Buku PAI Kelas IX
, Penerbit Umum
·
LKS MGMP PAI SMP / MTS
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen /
Soal
|
·
Membiasakan perilaku qana'ah dan tasamuh dalam
lingkungan keluarga.
·
Membiasakan perilaku qana'ah dan tasamuh dalam
lingkungan sekolah.
·
Membiasakan perilaku qana'ah dan tasamuh dalam
lingkungan masyarakat.
|
Tes tertulis
|
Tes simulasi
|
·
Simulasikan sikap anak yang toleran terhadap
kawannya yang bukan muslim!
|
........................., ................ 20.....
Mengetahui Guru
Mapel PAI
Kepala Sekolah
_________________ _________________
NIP
NIP
Saran Kepala Sekolah :
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
|
:
|
......................................
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Pendidikan Agama Islam
|
Kelas /Semester
|
:
|
IX/1
|
Standar Kompetensi
|
:
|
5. Memahami hukum Islam
tentang penyembelihan hewan
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
5.1. Menjelaskan tatacara
penyembelihan hewan
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2 X 40 menit ( 1 pertemuan)
|
Tujuan
Pembelajaran
- Siswa dapat
menjelaskan pengertian, syarat-syarat, hal-hal yang makruh, dalil naqli,
dan tatacara penyembelihan hewan.
Karakter siswa yang
diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility
)
Kecintaan ( Lovely)
Kemanusiaan ( Humanity
)
Materi
Pembelajaran
- Pengertian
penyembelihan hewan
- Syarat-syarat
penyembelihan.
- Dalil naqli
tentang penyembelihan hewan.
- Hal-hal yang
makruh dalam menyembelih.
- Tatacara
menyembelih hewan.
Metode
Pembelajaran
- Ceramah
- Tanya jawab
- CTL
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Pendahuluan
- Apersepsi
- Guru
memotivasi siswa mengenai pentingnya menghindari akhlak tercela.
Kegiatan
Inti
1). Eksplorasi
- Guru
menjelaskan pengertian zakat, macam-macam zakat, waktu pelaksanaan zakat
fitrah dan besarnya zakat fitrah
2). Elaborasi
- Siswa
menelaah lebih dalam menganai Jenis-jenis harta yang wajib dikeluarkan
zakatnya serta Nisab zakat mal
3) Konfirmasi
- Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
- Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
Kegiatan
Penutup
¨ Guru bersama siswa
melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau
tidak ? Menyenangkan atau tidak ?
Sumber Belajar
·
Buku PAI Kelas IX
, Penerbit Umum
·
LKS MGMP PAI SMP / MTS
·
Mushaf Al-Quran
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen /
Soal
|
·
Menjelaskan pengertian penyembelihan hewan dan dasar
hukumnya.
·
Menjelaskan tatacara penyembelihan hewan yang baik
dan benar.
·
Menunjukkan dalil naqli terkait dengan penyembelihan
hewan.
|
Tes tertulis
|
Tes uraian
|
·
Apa dasar hukum dilakukannya penyembelihan hewan?
·
Jelaskan secara singkat tentang tata cara
penyembelihan hewan yang benar menurut hukum Islam!
·
Carilah ayat-ayat al-Quran yang terkait dengan
penyembelihan hewan lalu tuliskan dalam buku kerja kalian!
|
........................., ................ 20.....
Mengetahui Guru
Mapel PAI
Kepala Sekolah
_________________ _________________
NIP
NIP
Saran Kepala Sekolah :
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
|
:
|
......................................
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Pendidikan Agama Islam
|
Kelas /Semester
|
:
|
IX/1
|
Standar Kompetensi
|
:
|
5. Memahami hukum Islam
tentang penyembelihan hewan
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
5.2. Menjelaskan ketentuan
aqiqah dan qurban
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2 X 40 menit ( 1 pertemuan)
|
Tujuan
Pembelajaran
- Siswa dapat
menjelasakan ketentuan aqiqah dan qurban.
Karakter siswa yang
diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility
)
Kecintaan ( Lovely)
Kemanusiaan ( Humanity
)
Materi
Pembelajaran
- Pengertian qurban.
- Dalil naqli
hukum pelaksanaan qurban..
- Waktu
pelaksanaan qurban.
- Ketentuan
hewan qurban
- Pembagian
daging qurban.
- Pengertian
aqiqah
- Dalil naqli
hukum pelaksanaan aqiqah.
- Waktu
pelaksanaan aqiqah.
- Ketentuan
hewan aqiqah.
- Pembagian
daging aqiqah.
Metode
Pembelajaran
- Tanya jawab
- Diskusi
- CTL
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Pendahuluan
- Apersepsi
- Guru membagi
siswa dalam kelompok-kelompok kecil.
Kegiatan
Inti
1). Eksplorasi
- Guru
menjelaskan langkah-langkah kegiatan dan tugas diskusi yang harus
dilakukan siswa.
2). Elaborasi
- Siswa
berdiskusi untuk mencari perbedaan zakat fitrah dan mal.
3) Konfirmasi
- Siswa
melaporkan hasilnya.
Kegiatan
Penutup
¨ Guru bersama siswa
melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau
tidak ? Menyenangkan atau tidak ?
Sumber Belajar
·
Buku PAI Kelas IX
, Penerbit Umum
·
LKS MGMP PAI SMP/MTS
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen /
Soal
|
¨
Menjelaskan pengertian aqiqah dan qurban serta dasar
hukumnya.
¨
Menjelaskan syarat-syarat aqiqah dan qurban.
¨
Menjelaskan perbedaan antara aqiqah dan qurban.
¨
Menyebutkan dalil naqli terkait dengan aqiqah dan
qurban
|
Tes tertulis
|
Tes uraian
|
¨
Apa yang dimaksud dengan qurban?
¨
Sebutkan syara-syarat hewan untuk aqiqah dan qurban!
¨
Jelaskan perbedaan antara aqiqah dan qurban!
¨
Carilah ayat-ayat al-Quran terkait
|
........................., ................ 20.....
Mengetahui Guru
Mapel PAI
Kepala Sekolah
_________________ _________________
NIP
NIP
Saran Kepala Sekolah :
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
|
:
|
......................................
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Pendidikan Agama Islam
|
Kelas /Semester
|
:
|
IX/1
|
Standar Kompetensi
|
:
|
5. Memahami hukum Islam
tentang penyembelihan hewan
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
5.3. Memperagakan cara
penyembelihan hewan aqiqah dan hewan qurban
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2 X 40 menit ( 1 pertemuan)
|
Tujuan
Pembelajaran
- Siswa dapat
memperagakan cara penyembelihan hewan aqiqah dan hewan qurban.
Karakter siswa yang
diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility
)
Kecintaan ( Lovely)
Kemanusiaan ( Humanity
)
Materi
Pembelajaran
- Doa/lafaz
sebelum menyembelih binatang.
- Praktik cara
menyembelih binatang qurban dan aqiqah.
Metode
Pembelajaran
- Ceramah
- Tanya jawab
- CTL
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Pendahuluan
- Apersepsi
- Guru
memotivasi siswa mengenai pentingnya cara penyembelihan hewan aqiqah dan
hewan qurban.
- Guru membagi
siswa dalam kelompok-kelompok kecil.
Kegiatan
Inti
1). Eksplorasi
- Guru
menjelaskan kegiatan yang harus dilakukan oleh siswa.
2). Elaborasi
- Siswa
berlatih membaca dalil naqli tentang orang-orang yang berhak menerima
zakat.
- Siswa
mengklasifikasi danmenjelasakan orang-orang yang berhak menerima zakat.
3) Konfirmasi
- Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
- Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
Kegiatan
Penutup
¨ Guru bersama siswa
melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau
tidak ? Menyenangkan atau tidak ?
Sumber Belajar
·
Buku PAI Kelas IX
, Penerbit Umum
·
LKS MGMP PAI SMP/MTS
·
Mushaf Al-Quran
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen /
Soal
|
¨
Menjelaskan tatacara penyembelihan hewan aqiqah dan
qurban.
¨
Memperagakan penyembelihan hewan aqiqah dan qurban
di depan kelas.
|
Tes tertulis
|
Tes uraian
|
¨
Jelaskan tatacara penyembelihan hewan aqiqah dan
qurban!
¨
Peragakan cara penyembelihan hewan qurban dan aqiqah
di hadapan teman-teman kalian!
|
........................., ................ 20.....
Mengetahui Guru
Mapel PAI
Kepala Sekolah
_________________ _________________
NIP
NIP
Saran Kepala Sekolah :
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
|
:
|
......................................
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Pendidikan Agama Islam
|
Kelas /Semester
|
:
|
IX/1
|
Standar Kompetensi
|
:
|
6. Memahami hukum Islam
tentang Haji dan Umrah
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
6.1. Menyebutkan pengertian
dan ketentuan haji dan umrah
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2 X 40 menit ( 1 pertemuan)
|
Tujuan
Pembelajaran
- Siswa dapat
mamahami ketentuan haji dan umrah.
Karakter siswa yang
diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility
)
Kecintaan ( Lovely)
Kemanusiaan ( Humanity
)
Materi
Pembelajaran
- Pengertian
haji dan umrah.
- Dalil naqli
tentang haji dan umrah.
- Hukum
melaksanakan ibdah haji dan umrah.
- Syarat-syarat
haji dan umrah.
- Rukun haji
dan umrah.
- Wajib haji
dan umrah.
- Sunah haji
dan umrah
- Larangan
bagi orang yang melaksanakan haji dan umrah.
- Dam dalam
haji dan umrah.
Metode
Pembelajaran
- Ceramah
- Tanya jawab
- CTL
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Pendahuluan
- Apersepsi
- Guru
memotivasi siswa mengenai pentingnya menghindari akhlak tercela.
Kegiatan
Inti
1). Eksplorasi
- Guru
menjelaskan pengertian zakat, macam-macam zakat, waktu pelaksanaan zakat
fitrah dan besarnya zakat fitrah
2). Elaborasi
- Siswa
menelaah lebih dalam menganai Jenis-jenis harta yang wajib dikeluarkan
zakatnya serta Nisab zakat mal
3) Konfirmasi
- Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
- Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
Kegiatan
Penutup
¨ Guru bersama siswa
melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau
tidak ? Menyenangkan atau tidak ?
Sumber Belajar
·
Buku PAI Kelas IX
, Penerbit Umum
·
LKS MGMP PAI SMP / MTS
·
Mushaf Al-Quran
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen /
Soal
|
¨
Menjelaskan pengertian haji dan umrah serta dasar
hukumnya.
¨
Menjelaskan syarat-syarat haji dan umrah.
¨
Menjelaskan rukun dan wajib haji serta perbedaan
antara keduanya.
¨
Menjelaskan rukun umrah.
¨
Menjelaskan sunnah haji dan umrah.
¨
Menjelaskan larangan-larangan pada waktu
melaksanakan ibadah haji dan umrah.
¨
Menunjukkan dalil naqli terkait dengan ibadah haji
dan umrah.
¨
Menjelaskan hikmah dan fungsi ibadah haji dan umrah.
|
Tes tertulis
|
Tes uraian
|
¨
Jelaskan apa yang dimaksud dengan haji dan umrah!
¨
Sebutkan syarat-syarat haji dan umrah!
¨
Jelaskan perbedaan antara
¨
Jelaskan rukun-rukun umrah yang kalian ketahui!
¨
Sebutkan beberapa sunnah haji dan umrah!
¨
Sebutkan dua macam larangan yang dilkukan pada waktu
melaksanakan ibadah haji!
¨
Carilah dalil naqli baik dari ayat-ayat al-Quran
maupun hadits terkait dengan ibadah haji dan umrah lalu tuliskan dalam buku
kerja kalian!
¨
Cobalah kalian lakukan identifikasi tentang hikmah
dan fungsi ibadah haji dan umrah terkait dengan perilaku kita sehari-hari!
|
........................., ................ 20.....
Mengetahui Guru
Mapel PAI
Kepala Sekolah
_________________ _________________
NIP
NIP
Saran Kepala Sekolah :
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
|
:
|
......................................
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Pendidikan Agama Islam
|
Kelas /Semester
|
:
|
IX/1
|
Standar Kompetensi
|
:
|
6. Memahami hukum Islam
tentang Haji dan Umrah
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
6.2. Memperagakan pelaksanaan
ibadah haji dan umrah
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2 X 40 menit ( 1 pertemuan)
|
Tujuan
Pembelajaran
- Siswa dapat
Memperagakan pelaksanaan ibadah haji dan umrah.
Karakter siswa yang
diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility
)
Kecintaan ( Lovely)
Kemanusiaan ( Humanity
)
Materi
Pembelajaran
- Bentuk-bentuk
pelaksanakan ibadah haji dan umrah
- Manasik haji
dan umrah
Metode
Pembelajaran
- Tanya jawab
- Diskusi
- CTL
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Pendahuluan
- Apersepsi
- Guru membagi
siswa dalam kelompok-kelompok kecil.
Kegiatan
Inti
1). Eksplorasi
- Guru
menjelaskan langkah-langkah kegiatan dan tugas diskusi yang harus
dilakukan siswa.
2). Elaborasi
- Siswa
berdiskusi untuk mencari perbedaan zakat fitrah dan mal.
3) Konfirmasi
- Siswa
melaporkan hasilnya.
Kegiatan
Penutup
¨ Guru bersama siswa
melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau
tidak ? Menyenangkan atau tidak ?
Sumber Belajar
·
Buku PAI Kelas IX
, Penerbit Umum
·
LKS MGMP PAI SMP/MTS
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen /
Soal
|
¨
Menjelaskan bentuk-bentuk pelaksanaan ibadah haji
dan umrah.
¨
Menjelaskan tatacara pelaksanaan ibadah haji dan
umrah.
¨
Memperagakan pelaksanaan ibadah haji dan umrah
dengan melakukan manasik haji di sekolah.
|
Tes tertulis
|
Tes uraian
|
1. Pelaksanaan ibadah haji dengan mendahulukan umrah atas haji
disebut...
a. haji tamattu’
b. haji qiran
c. haji ifrad
d. haji wada’
2. Jelaskan dengan singkat urutan-urutan pelaksanaan ibadah haji dan
umrah!
3. Peragakan pelaksanaan tawaf yang benar lengkap dengan bacaannya!
|
........................., ................ 20.....
Mengetahui Guru
Mapel PAI
Kepala Sekolah
_________________ _________________
NIP
NIP
Saran Kepala Sekolah :
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
|
:
|
......................................
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Pendidikan Agama Islam
|
Kelas /Semester
|
:
|
IX/1
|
Standar Kompetensi
|
:
|
7. Memahami sejarah
perkembangan Islam di Nusantara
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
7.1. Menceritakan sejarah
masuknya Islam di Nusantara melalui perdagangan, sosial, dan pengajaran
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2 X 40 menit ( 1 pertemuan)
|
Tujuan
Pembelajaran
- Siswa dapat
Menceritakan sejarah masuknya Islam di Nusantara melalui perdagangan,
sosial, dan pengajaran.
Karakter siswa yang
diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility
)
Kecintaan ( Lovely)
Kebangsaan (cityzenship )
Materi
Pembelajaran
- Sejarah
masuknya Islam di Nusantara melalui perdagangan.
- Sejarah
masuknya Islam di Nusantara melalui kegiatan sosial.
- Sejarah
masuknya Islam di Nusantara melalui pengajaran.
Metode
Pembelajaran
- Ceramah
- Tanya jawab
- Diskusi
- CTL
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Pendahuluan
- Apersepsi
- Guru
memotivasi siswa mengenai pentingnya kerja keras seperti yang dilakukan
Nabi.
Kegiatan
Inti
1). Eksplorasi
- Guru
menceritakan sejarah Nabi Muhammad SAW dalam membangun kegiatan
perekonomian
2). Elaborasi
- Siswa
menelaah lebih dalam mengenai sejarah Nabi Muhammad SAW dalam membangun
sistem perdagangan yang menjunjung nilai-nilai kejujuran.
3) Konfirmasi
- Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
- Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
Kegiatan
Penutup
¨ Guru bersama siswa
melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau
tidak ? Menyenangkan atau tidak ?
Sumber Belajar
·
Buku PAI Kelas IX
, Penerbit Umum
·
LKS MGMP PAI SMP/MTS
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen /
Soal
|
1.
Menceritakan sejarah masuknya Islam di
Nusantara melalui perdagangan.
2.
Menceritakan sejarah masuknya Islam di
Nusantara melalui hubungan sosial.
3. Menceritakan
sejarah masuknya Islam di Nusantara melalui pendidikan dan pengajaran.
|
Tes tertulis
|
Tes uraian
|
1. Ceritakan dengan singkat sejarah masuknya Islam di Nusantara
melalui perdagangan!
2. Jelaskan dengan singkat sejarah masuknya Islam di Nusantara
melalui hubungan sosial!
3. Jelaskan dengan singkat sejarah masuknya Islam di Nusantara
melalui pendidikan dan perdagangan!
|
........................., ................ 20.....
Mengetahui Guru
Mapel PAI
Kepala Sekolah
_________________ _________________
NIP
NIP
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
|
:
|
......................................
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Pendidikan Agama Islam
|
Kelas /Semester
|
:
|
IX/1
|
Standar Kompetensi
|
:
|
7. Memahami sejarah
perkembangan Islam di Nusantara
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
7.2. Menceritakan sejarah
beberapa kerajaan Islam di Jawa, Sumatera dan Sulawesi
|
Alokasi Waktu
|
:
|
4 X 40 menit ( 2 pertemuan)
|
Tujuan
Pembelajaran
- Siswa
dapat Menceritakan sejarah beberapa
kerajaan Islam di Jawa, Sumatera dan Sulawesi.
Karakter siswa yang
diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility
)
Kecintaan ( Lovely)
Kebangsaan (cityzenship )
Materi
Pembelajaran
- Sejarah
beberapa kerajaan Islam di Jawa
- Sejarah
beberapa kerajaan Islam di Sumatera
- Sejarah
beberapa kerajaan Islam di
Sulawesi
Metode
Pembelajaran
- Tanya jawab
- Diskusi
- CTL
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan
Pertama dan kedua
Kegiatan
Pendahuluan
- Apersepsi
- Guru membagi
siswa dalam kelompok-kelompok kecil.
Kegiatan
Inti
1). Eksplorasi
- Siswa
menyaksikan VCD sejarah hijrah nabi ke Madinah dan perjuangan Nabi dan
para sahabat periode Madinah.
2). Elaborasi
- Siswa
menyusun sinopsis.
3) Konfirmasi
- Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
- Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
Kegiatan
Penutup
- Guru
bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat
rangkuman/simpulan pelajaran;
- Guru
melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah
dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
- Guru
memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
- Guru
merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi,
program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas
individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
- Guru
menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
Sumber Belajar
·
Buku PAI Kelas IX
, Penerbit Umum
·
LKS MGMP PAI SMP / MTS
Penilaian
Indikator Pencapaian
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen /
Soal
|
1.
Menceritakan beberapa kerajaan Islam di
Jawa.
2.
Menceritakan beberapa kerajaan Islam di
Sumatera.
3.
Menceritakan beberapa kerajaan Islam di
Sulawesi.
4. Menceritakan
beberapa kerajaan Islam di luar Jawa, Sumatera, dan Sulawesi.
|
Tes lisan
|
Jawaban singkat
|
1. Dua di antara kerajaan Islam yang ada di Jawa pada masa lalu
adalah ... dan ...
2. Jelaskan bagaimana akhir pemerintahan kerajaan Samudera Pasai di
Sumatera!
3. Sebutkan beberapa kerajaan Islam yang pernah berkembang di
Sulawesi!
4. Sebutkan beberapa kerajaan Islam yang pernah berkembang di luar
Jawa, Sumatera, dan Sulawesi!
|
........................., ................ 20.....
Mengetahui Guru
Mapel PAI
Kepala Sekolah
_________________ _________________
NIP
NIP
Tidak ada komentar:
Posting Komentar