RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
|
:
|
......................................
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Pendidikan Agama Islam
|
Kelas /Semester
|
:
|
IX/2
|
Standar Kompetensi
|
:
|
8. Memahami Al-Qur’an surat
Al-Insyirah
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
8.1. Menampilkan bacaan QS
Al-Insyirah dengan tartil dan benar
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2 X 40 menit
( 1 pertemuan)
|
Tujuan
Pembelajaran
- Siswa dapat
membaca surat al-Insyirah dengan fasih, menyalin dengan benar dan hafal
dengan lancar
Karakter siswa yang
diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility
)
Materi
Pembelajaran
- Surat
al-Insyirah
Metode
Pembelajaran
- Ceramah
- Demonstrasi
- Tanya jawab
- CTL
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Pendahuluan
- Apersepsi
- Guru
memotivasi siswa mengenai keutamaan membaca al-Qur’an.
- Guru memilih
beberapa siswa yang mempunyai kemampuan membaca Al Qur'an di atas
rata-rata untuk menjadi .
- Guru
membagi siswa menjadi beberapa kelompok kecil (small group) dan
menempatkan dalam setiap kelompok.
Kegiatan
Inti
1). Eksplorasi
·
Guru mendemonstrasikan bacaan surat al-Insyirah.
2). Elaborasi
·
Siswa berlatih membacanya dengan metode tutir sebaya.
3) Konfirmasi
·
Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum
diktahui siswa
·
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan
pemahaman, memberikan penguatan dan
penyimpulan
·
menyampaikan kesulitan-kesulitan yang dialami dalam
kelompok masing-masing, guru sebagai fasilitator.
Kegiatan
Penutup
- Guru bersama-sama
dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
- Guru
melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah
dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
- Guru
memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
- Guru
merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi,
program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas
individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
- Guru
menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
Sumber Belajar
·
Buku PAI Kelas IX
, Penerbit Umum
·
LKS MGMP PAI SMP / MTS
·
Mushaf Al-Quran
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen /
Soal
|
1. Membaca
potongan-potongan ayat dalam QS. al-Insyirah dengan benar.
2.
Membaca keseluruhan ayat dalam QS. al-Insyirah dengan
tartil dan benar.
|
Tes lisan
|
Praktik
|
1. Bacalah potongan-potongan ayat di bawah ini dengan tartil dan
benar:
وَوَضَعْنَا عَنْكَ وِزْرَكَ .
الَّذِيۤ أَنْقَضَ ظَهْرَكَ.
فَإِذَا فَرَغْتَ فَانْصَبْ.
2. Bacalah keseluruhan ayat dalam QS. at-Tin dengan tartil dan
benar lalu cobalah untuk menghafalnya!
|
........................., ................ 20.....
Mengetahui Guru Mapel PAI
Kepala Sekolah
_________________ _________________
NIP
NIP
Saran Kepala Sekolah :
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
|
:
|
......................................
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Pendidikan Agama Islam
|
Kelas /Semester
|
:
|
IX/2
|
Standar Kompetensi
|
:
|
8. Memahami Al-Qur’an surat
Al-Insyirah
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
8.2. Menyebutkan
arti QS Al-Insyirah
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2 X 40 menit ( 1 pertemuan)
|
Tujuan
Pembelajaran
- Siswa dapat
membaca arti mufradad surat al-Insyirah, mengartikan surat al-Insyirah,
dan dapat menjelaskan kandungan ayat surat al-Insyirah.
Karakter siswa yang
diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility
)
Materi
Pembelajaran
- Arti
mufradad surat al-Insyirah
- Arti surat
al-Insyirah
- Kandungan
ayat surat al-Insyirah
Metode
Pembelajaran
- Ceramah
- Demonstrasi
- Tanya jawab
- CTL
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Pendahuluan
- Apresepsi
- Guru
membagi siswa menjadi beberapa kelompok kecil (small group) dan menempatkan
dalam setiap kelompok.
Kegiatan
Inti
1). Eksplorasi
·
Guru menjelaskan kandungan ayat surat al-Insyirah.
2). Elaborasi
·
Siswa membaca arti mufradad.
·
Siswa berlatih mengartikan ayat demi ayat berdasarkan
arti mufradadnya dalam kelompok masing-masing dengan bimbingan .
3) Konfirmasi
·
menyampaikan kesulitan yang dialami kepada guru, guru
bertindak sebagai fasilitator.
Kegiatan
Penutup
- Guru
bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat
rangkuman/simpulan pelajaran;
- Guru
melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah
dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
- Guru
memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
- Guru
merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi,
program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas
individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
- Guru
menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
Sumber Belajar
·
Buku PAI Kelas IX
, Penerbit Umum
·
LKS MGMP PAI SMP / MTS
·
Mushaf Al-Quran
·
VCD pembelajaran
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen /
Soal
|
1.
Mengartikan masing-masing kata dalam QS. al-Insyirah dengan
benar.
2.
Mengartikan masing-masing ayat
dalam QS. al-Insyirah dengan
benar.
3.
Mengartikan keseluruhan ayat dalam QS. al-Insyirah dengan
benar.
|
Tes tulis
Tes lisan
|
Pilihan ganda
Jawaban singkat
Praktik
|
1. Arti yang tepat untuk kata أَنْقَضَ ظَهْرَكَ dalam QS. al-Insyirah
adalah:
a. yang telah melapangkan dadamu
b. yang telah menghilangkan bebanmu
c. yang telah meragukan hatimu
d. yang telah memberatkan punggungmu.
2. Ayat yang tepat dari arti “Dan Kami telah menghilangkan
daripadamu bebanmu” adalah ...
3. Lafalkan QS. al-Insyirah ayat demi demi
ayat lengkap dengan terjemahnya!
|
........................., ................ 20.....
Mengetahui Guru
Mapel PAI
Kepala Sekolah
_________________ _________________
NIP
NIP
Saran Kepala Sekolah :
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
|
:
|
......................................
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Pendidikan Agama Islam
|
Kelas /Semester
|
:
|
IX/2
|
Standar Kompetensi
|
:
|
8. Memahami Al-Qur’an surat
Al-Insyirah
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
8.3.
Mempraktikkan perilaku dalam bekerja dan selalu berserah diri kepada Allah
seperti dalam QS. al-Insyirah.
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2 X 40 menit ( 1 pertemuan)
|
Tujuan
Pembelajaran
- Siswa dapat
Mempraktikkan sikap berserah
diri kepada Allah sesudah menyelesaikan kegiatan belajar/bekerja serta
membiasakannya dalam kehidupan sehari-hari.
Karakter siswa yang
diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility
)
Materi
Pembelajaran
- Mempraktikkan Sikap berserah diri kepada Allah
sesudah menyelesaikan kegiatan belajar/bekerja.
- Mempraktikkan Pembiasaan diri bersikap pasrah
kepada Allah sesudah menyelesaikan kegiatan belajar/bekerja.
Metode
Pembelajaran
- Ceramah
- Demonstrasi
- Tanya jawab
- CTL
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Pendahuluan
- Apresepsi
- Guru
membagi siswa menjadi beberapa kelompok kecil (small group) dan
menempatkan dalam setiap kelompok.
Kegiatan
Inti
1). Eksplorasi
·
Guru menjelaskan cara Mempraktikkan perilaku dalam
bekerja dan selalu berserah diri kepada Allah seperti dalam QS. al-Insyirah.
2). Elaborasi
·
Siswa melakukan kegiatan pembiasaan berserah diri
dalam setiap aktifitas belajar maupun pekerjaan yang lain.
3) Konfirmasi
·
Siswa melaporkan kegiatannya.
Kegiatan
Penutup
·
Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai
kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak
?
Sumber Belajar
·
Buku PAI Kelas IX
, Penerbit Umum
·
LKS MGMP PAI SMP / MTS
·
Mushaf Al-Quran
·
VCD pembelajaran
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen /
Soal
|
1. Menjelaskan makna yang
terkandung dalam QS. al-Insyirah.
2. Menjelaskan makna bekerja keras
dan berserah diri kepada Allah seperti terkandung dalam QS. al-Insyirah.
3. Menunjukkan contoh-contoh
perilaku dalam bekerja keras dan selalu berserah diri kepada Allah seperti
terkandung dalam QS. al-Insyirah.
4.
Mempraktikkan perilaku dalam bekerja keras dan selalu berserah diri
kepada Allah seperti dalam QS. al-Insyirah dalam kehidupan sehari-hari.
|
Tes tulis
Tes tulis
Penugasan
Tes unjuk kerja
|
Uraian singkat
Essay
Pekerjaan rumah
Uji petik kerja
|
1. Jelaskan makna yang terkandung dalam ayat 7 dari QS. al-Insyirah (فَإِذَا فَرَغْتَ فَانْصَبْ)!
2. Apa yang dimaksud dengan berserah diri seperti tersebut dalam QS. al-Insyirah
ayat 8?
3. Buatlah laporan tentang contoh-contoh perilaku bekerja keras dari
survey yang kalian lakukan di lingkungan tempat tinggal kalian!
4. Tunjukkan perilaku kalian di kelas dalam belajar yang mencerminkan
perilaku bekerja keras!
|
Teknik
Penilaian
diri
Bentuk
Instrumen
·
Lembar penilaian diri /skala sikap
Instrumen
Soal
|
Pernyataan
|
Selalu
|
Sering
|
Jarang
|
Tidak Pernah
|
Skor 0
|
Skor 1
|
Skor 2
|
Skor 3
|
||
1
|
Saya
melaksanakan perintah orang tua kalau diberi hadiah
|
|
|
|
|
2
|
Ketika ulangan
saya berusaha agar mendapat nilai bagus walaupun harus menyontek
|
|
|
|
|
3
|
Ketika
teman-teman merokok saya ikut-ikutan
|
|
|
|
|
4
|
Saya tidak usah
berusaha karena kaya dan miskin sudah menjadi takdir Allah SWT
|
|
|
|
|
5
|
Saya telat
membayar uang sekolah karena saya menerapkan sikap sabar
|
|
|
|
|
........................., ................ 20.....
Mengetahui Guru
Mapel PAI
Kepala Sekolah
_________________ _________________
NIP
NIP
Saran Kepala Sekolah :
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
|
:
|
......................................
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Pendidikan Agama Islam
|
Kelas /Semester
|
:
|
IX/2
|
Standar Kompetensi
|
:
|
9. Memahami Ajaran Al – Hadits
tentang kebersihan
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
9.1. Membaca hadits tentang
kebersihan
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2 X 40 menit
( 1 pertemuan)
|
Tujuan
Pembelajaran
- Siswa dapat
membaca hadits tentang kebersihan dengan fasih dengan fasih, menyalin
dengan benar dan hafal dengan lancar
Karakter siswa yang
diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility
)
Materi
Pembelajaran
- Hadits
tentang kebersihan dengan fasih
Metode
Pembelajaran
- Ceramah
- Demonstrasi
- Tanya jawab
- CTL
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Pendahuluan
- Apersepsi
- Guru
membagi siswa menjadi beberapa kelompok kecil (small group) dan
menempatkan dalam setiap kelompok.
Kegiatan
Inti
1). Eksplorasi
·
Guru mendemonstrasikan bacaan hadits tentang
kebersihan dengan fasih.
2). Elaborasi
·
Siswa berlatih membacanya dengan metode tutir sebaya.
3) Konfirmasi
·
menyampaikan kesulitan-kesulitan yang dialami dalam
kelompok masing-masing, guru sebagai fasilitator.
Kegiatan
Penutup
·
Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai
kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak
?
Sumber Belajar
·
Buku PAI Kelas IX
, Penerbit Umum
·
LKS MGMP PAI SMP / MTS
·
Mushaf Al-Quran
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen /
Soal
|
1. Membaca setiap kata
yang ada dalam al-Hadits tentang kebersihan dengan benar.
2.
Membaca keseluruhan al-Hadits tentang
kebersihan dengan benar.
|
Tes tulis
Tes tulis
|
Praktik
|
1. Bacalah potongan-potongan hadits ini dengan benar:
الطُّهُورُ شَطْرُ الْإِيْمَانِ
وَالْحَمْدُ لِلَّهِ تَمْلَأُ الْمِيْزَانَ
2. Bacalah bagian dari
hadits tentang kebersihan di bawah ini:
الطُّهُورُ شَطْرُ الْإِيْمَانِ=
وَالْحَمْدُ لِلَّهِ تَمْلَأُ الْمِيْزَانَ=
وَسُبْحَانَ اللَّهِ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ تَمْلَآَنِ أَوْ تَمْلَأُ مَا بَيْنَ
السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ
|
........................., ................ 20.....
Mengetahui Guru
Mapel PAI
Kepala Sekolah
_________________ _________________
NIP
NIP
Saran Kepala Sekolah :
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
|
:
|
......................................
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Pendidikan Agama Islam
|
Kelas /Semester
|
:
|
IX/2
|
Standar Kompetensi
|
:
|
9. Memahami Ajaran Al – Hadits
tentang kebersihan
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
9.2. Menyebutkan
arti hadits tentang kebersihan
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2 X 40 menit ( 1 pertemuan)
|
Tujuan
Pembelajaran
- Siswa dapat
membaca arti mufradad hadits tentang kebersihan, mengartikan hadits
tentang kebersihan, dan dapat menjelaskan kandungan hadits tentang
kebersihan.
Karakter siswa yang
diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility
)
Materi
Pembelajaran
- Arti
mufradad hadits tentang kebersihan
- Arti surat
hadits tentang kebersihan
- Kandungan
hadits tentang kebersihan
Metode
Pembelajaran
- Ceramah
- Demonstrasi
- Tanya jawab
- CTL
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Pendahuluan
- Apresepsi
- Guru
membagi siswa menjadi beberapa kelompok kecil (small group) dan
menempatkan dalam setiap kelompok.
Kegiatan
Inti
1). Eksplorasi
·
Guru bertanya kepada siswa arti al-Hadits tentang kebersihan
dan berusaha menghafalkannya
2). Elaborasi
·
Siswa membaca arti mufradad.
·
Siswa berlatih mengartikan hadits tentang kebersihan
berdasarkan arti mufradadnya dalam kelompok masing-masing dengan bimbingan .
3) Konfirmasi
·
menyampaikan kesulitan yang dialami kepada guru, guru
bertindak sebagai fasilitator.
Kegiatan
Penutup
·
Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai
kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak
?
Sumber Belajar
·
Buku PAI Kelas IX
, Penerbit Umum
·
LKS MGMP PAI SMP/MTS
·
Mushaf Al-Quran
·
VCD pembelajaran
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen /
Soal
|
1. Mengartikan setiap kata
yang ada dalam al-Hadits tentang kebersihan dengan benar.
2.
Mengartikan keseluruhan al-Hadits tentang
kebersihan dengan benar.
|
Kuis
Tes tulis
|
Jawaban singkat
Pilihan ganda
|
1. Terjemah
dari kata شَطْرُ
الْإِيْمَانِ adalah ...
2. Arti yang tepat dari potongan hadits وَالصَّبْرُ ضِيَاءٌ adalah:
a. kesabaran itu ada
batasnya
b. kesabaran itu bersinar
c. kekayaan itu bermanfaat
d. kebersihan itu adalah
iman
|
........................., ................ 20.....
Mengetahui Guru
Mapel PAI
Kepala Sekolah
_________________ _________________
NIP
NIP
Saran Kepala Sekolah :
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
|
:
|
......................................
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Pendidikan Agama Islam
|
Kelas /Semester
|
:
|
IX/2
|
Standar Kompetensi
|
:
|
9. Memahami al-Hadits tentang
kebersihan
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
9.3. Menampilkan perilaku bersih seperti dalam
al-Hadits
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2 X 40 menit ( 1 pertemuan)
|
Tujuan
Pembelajaran
- Siswa dapat Menampilkan
perilaku bersih seperti dalam al-Hadits.
Karakter siswa yang
diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility
)
Materi
Pembelajaran
- Berpenampilan
bersih dan menjaga kebersihan dalam kehidupan sehari-hari.
Metode
Pembelajaran
- Ceramah
- Demonstrasi
- Tanya jawab
- CTL
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Pendahuluan
- Apresepsi
- Guru
memotivasi siswa perilaku bersih seperti dalam al-Hadits.
Kegiatan
Inti
1). Eksplorasi
·
Guru Mengimbau kepada untuk selalu berpenampilan
bersih dan menjaga kebersihan dalam kehidupan sehari-hari.
2). Elaborasi
·
Siswa diajak dan dihimbau untuk selalu berpenampilan
bersih dan menjaga kebersihan dalam kehidupan sehari-hari.
·
Menjelaskan makna kebersihan seperti terkandung dalam
al-Hadits.
3) Konfirmasi
·
Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum
diktahui siswa
·
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan
pemahaman, memberikan penguatan dan
penyimpulan
Kegiatan
Penutup
·
Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai
kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak
?
Sumber Belajar
·
Buku PAI Kelas IX
, Penerbit Umum
·
LKS MGMP PAI SMP / MTS
·
Mushaf Al-Quran
·
VCD pembelajaran
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen /
Soal
|
1. Menjelaskan makna
kebersihan seperti terkandung dalam al-Hadits.
2. Menampilkan
perilaku bersih seperti dalam al-Hadits dalam kehidupan sehari-hari di
lingkungan keluarga.
3.
Menampilkan perilaku bersih seperti dalam al-Hadits dalam kehidupan sehari-hari
di lingkungan sekolah.
|
Tes tulis
Penugasan
Tes unjuk kerja
|
Jawaban singkat
Pekerjaan rumah
Praktik
|
1. Apa makna kebersihan sebagaimana tercermin dalam hadits Nabi?
2. Cobalah kalian mengidentifikasi aktivitas kalian di rumah yang
terkait dengan perilaku bersih, lalu buatkan laporannya!
3. Tunjukkan perilaku bersih di kelas di saat proses pembelajaran
mata pelajaran PAI!
|
Teknik
Penilaian
diri
Bentuk
Instrumen
·
Lembar penilaian diri
skala sikap
Instrumen
Soal :
|
Pernyataan
|
Selalu
|
Sering
|
Jarang
|
Tidak Pernah
|
Skor 0
|
Skor 1
|
Skor 2
|
Skor 3
|
||
1
|
Saya memakai
pakaian yang bersih dan rapi
|
|
|
|
|
2
|
Ketika akan
shalat saya pasti wudu dan menggunakan pakaian yang suci
|
|
|
|
|
3
|
Saya mandi
sehari paling tidak dua kali
|
|
|
|
|
4
|
Saya memotong
kuku seminggu sekali
|
|
|
|
|
5
|
Ketika melihat
sampah yang tercecer saya buang di tempat sampah.
|
|
|
|
|
........................., ................ 20.....
Mengetahui Guru
Mapel PAI
Kepala Sekolah
_________________ _________________
NIP
NIP
Saran Kepala Sekolah :
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
|
:
|
......................................
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Pendidikan Agama Islam
|
Kelas /Semester
|
:
|
IX/2
|
Standar Kompetensi
|
:
|
10. Meningkatkan keimanan kepada
Qadha dan qadar
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
10.1. Menyebutkan ciri-ciri
beriman kepada qadha dan qadar
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2 X 40 menit ( 1 pertemuan)
|
Tujuan
Pembelajaran
- Siswa dapat
menjelaskan pentingnya beriman kepada qadha dan qadar dan menyebuitkan
ciri-ciri orang yang beriman kepada
qadha dan qadar.
Karakter siswa yang
diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility
)
Kecintaan ( Lovely)
Materi
Pembelajaran
- Pentingnya
beriman kepada qadha dan qadar
- Ciri-ciri orang yang beriman kepada qadha dan
qadar
Metode
Pembelajaran
- Ceramah
- Tanya jawab
- CTL
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Pendahuluan
- Apresepsi
- Guru
memotivasi siswa mengenai pentingnya iman kepada qadha dan qadar.
Kegiatan
Inti
1). Eksplorasi
- Guru
Mengimbau kepada untuk selalu berpenampilan bersih dan menjaga kebersihan
dalam kehidupan sehari-hari.
2). Elaborasi
- Siswa
berdiskusi dan menelaah ciri-ciri beriman kepada qadha dan qadar.
- Siswa Menelaah
berbagai literatur untuk menemukan ciri-ciri beriman kepada qadha dan
qadar.
3) Konfirmasi
- Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
- Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
Kegiatan
Penutup
¨ Guru bersama siswa
melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau
tidak ? Menyenangkan atau tidak ?
Sumber Belajar
·
Buku PAI Kelas IX
, Penerbit Umum
·
LKS MGMP PAI SMP / MTS
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen /
Soal
|
1.
Menjelaskan pengertian beriman kepada
qadha dan qadar Allah.
2.
Menyebutkan ciri-ciri seseorang telah beriman kepada
qadha dan qadar Allah.
3. Menyebutkan perilaku yang
menunjukkan beriman kepada qadha dan qadar Allah.
|
Tes lisan
Tes tulis
Penugasan
|
Jawaban singkat
Uraian
Identifikasi
|
1. Apa yang dimaksud dengan beriman kepada qadha dan qadar!
2. Sebutkan beberapa ciri bahwa seseorang telah beriman kepada qadha
dan qadar!
3. Cobalah kalian mengidentifikasi beberapa perilaku yang menunjukkan
beriman kepada qadha dan qadar berdasarkan pengamatan kalian di tengah-tengah
masyarakat!
|
........................., ................ 20.....
Mengetahui Guru
Mapel PAI
Kepala Sekolah
_________________ _________________
NIP
NIP
Saran Kepala Sekolah :
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
|
:
|
......................................
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Pendidikan Agama Islam
|
Kelas /Semester
|
:
|
IX/2
|
Standar Kompetensi
|
:
|
10. Meningkatkan keimanan kepada
Qadha dan qadar
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
10.2. Menjelaskan hubungan
antara qadha dan qadar
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2 X 40 menit ( 1 pertemuan)
|
Tujuan
Pembelajaran
- Siswa dapat
menjelasakan pengertian qadha dan qadar dan menjelasakan hubungan antara
keduanya serta meyakini bahwa kejadian yang baik dan buruk merupakan
takdir Allah.
Karakter siswa yang
diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility
)
Materi Pembelajaran
- Pengertian
qadha dan qadar
- Hubungan
antara qadha, qadar dan takdir
- Kejadian
yang baik dan buruk merupakan takdir Allah
Metode
Pembelajaran
- Ceramah
- Diskusi
- CTL
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Pendahuluan
- Aprsepsi
- Guru memotivasi
siswa mengenai pentingnya iman kepada qadha dan qadar.
Kegiatan
Inti
1). Eksplorasi
- Guru memberikan penjelasan mengenai pengertian
qadha dan qadar.
2). Elaborasi
- Siswa menelaah, mencari dan menemukan hubungan
antara qadha dan qadar.
3) Konfirmasi
- Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
- Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
Kegiatan
Penutup
- Guru bersama
siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini.
Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?
Sumber Belajar
·
Buku PAI Kelas IX
, Penerbit Umum
·
LKS MGMP PAI SMP/MTS
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen /
Soal
|
1. Menjelaskan pengertian qadha dan
qadar Allah.
2. Menjelaskan perbedaan
antara qadha dan qadar Allah.
3. Menjelaskan hubungan
antara qadha dan qadar Allah.
|
Kuis
Tes tulis
Tes tulis
|
Jawaban singkat
Jawaban singkat
Uraian
|
1. Apa makna kata qadha dan qadar dari segi bahasa!
2. Apa perbedaan pokok antara qadha dan qadar menurut pendapat para
ulama!
3. Buatlah laporan tentang suatu aktivitas (misalnya aktivitas kalian
di sekolah) yang menunjukkan hubungan antara qadha dan qadar!
|
........................., ................ 20.....
Mengetahui Guru
Mapel PAI
Kepala Sekolah
_________________ _________________
NIP
NIP
Saran Kepala Sekolah :
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
|
:
|
......................................
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Pendidikan Agama Islam
|
Kelas /Semester
|
:
|
IX/2
|
Standar Kompetensi
|
:
|
10. Meningkatkan keimanan kepada
Qadha dan qadar
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
10.3.
Menyebutkan contoh-contoh qadha dan qadar
dalam kehidupan sehari-hari
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2 X 40 menit ( 1 pertemuan)
|
Tujuan
Pembelajaran
- Siswa dapat
membedakan takdir muallak dan mubram dan menyebutkan contoh-contohnya.
Karakter siswa yang
diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility
)
Materi
Pembelajaran
- Perbedaan
takdir muallak dan mubram
- Contoh-contoh
takdir muallaq dan mubram
Metode
Pembelajaran
- Ceramah
- Diskusi
- CTL
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Pendahuluan
- Aprsepsi
- Guru
memotivasi siswa mengenai pentingnya contoh-contoh qadha dan qadar dalam
kehidupan sehari-hari.
Kegiatan
Inti
1). Eksplorasi
- Siswa Mengamati berbagai fenomena di masyarakat
untuk mengidentifikasi perilaku seseorang yang beriman kepada qadha dan
qadar.
2). Elaborasi
- Siswa mendiskusikan contoh-contoh qadha dan qadar
dalam kehidupan sehari-hari.
3) Konfirmasi
- Siswa melaporkan kegiatannya.
Kegiatan
Penutup
- Guru bersama
siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini.
Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?
Sumber Belajar
·
Buku PAI Kelas IX
, Penerbit Umum
·
LKS MGMP PAI SMP / MTS
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen /
Soal
|
1.
Menyebutkan contoh-contoh qadha dan qadar Allah seperti disebutkan
dalam al-Quran.
2.
Menyebutkan contoh-contoh qadha dan qadar dalam kehidupan sehari-hari
yang pernah kita alami.
3.
Menyebutkan contoh-contoh qadha dan qadar dalam kehidupan sehari-hari
yang belum pernah kita alami.
|
Tes tulis
Tes tulis
Tes tulis
|
Isian
Identifikasi
Identifikasi
|
1. Di antara dua contoh dari qadha dan qadar Allah adalah ... dan ...
2. Cobalah kalian mengidentifikasi beberapa contoh qadha dan qadar
Allah terkait dengan perbuatan kalian sehari-hari!
3. Identifikasi juga beberapa contoh qadha dan qadar Allah yang belum
kalian alami dalam perbuatan kalian sehari-hari!
|
........................., ................ 20.....
Mengetahui Guru
Mapel PAI
Kepala Sekolah
_________________ _________________
NIP
NIP
Saran Kepala Sekolah :
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
|
:
|
SMP / MTs ............
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Pendidikan Agama Islam
|
Kelas /Semester
|
:
|
IX/2
|
Standar Kompetensi
|
:
|
10. Meningkatkan keimanan kepada
Qadha dan qadar
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
10.4.
Menyebutkan ayat-ayat Al-Qur’an yang berkaitan
dengan qadha dan qadar
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2 X 40 menit ( 1 pertemuan)
|
Tujuan
Pembelajaran
- Siswa dapat
membaca, mengartikan dan menjelaskan maksud dalil naqli tentang qadha dan
qadar.
Karakter siswa yang
diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility
)
Materi
Pembelajaran
- Dalil naqli
tentang qadha dan qadar
- Arti dalil
naqli tentang qadha dan qadar
- Maksud dalil
naqli tentang qadha dan qadar
Metode
Pembelajaran
- Ceramah
- Diskusi
- CTL
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Pendahuluan
- Aprsepsi
- Guru
memotivasi siswa mengenai pentingnya ayat-ayat Al-Qur’an yang berkaitan dengan qadha dan qadar.
Kegiatan
Inti
1). Eksplorasi
- Guru mendemonstrasikan ayat-ayat yang berhubungan
dengan qadha dan qadar.
2). Elaborasi
- Siswa berlatih membaca dan mengartikan dengan
metode .
3) Konfirmasi
- Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
- Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
Kegiatan
Penutup
- Guru bersama
siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini.
Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?
Sumber Belajar
·
Buku PAI Kelas IX
, Penerbit Umum
·
LKS MGMP PAI SMP / MTS
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen /
Soal
|
1. Menunjukkan beberapa
ayat al-Quran yang berkaitan dengan qadha dan qadar.
2.
Mengartikan ayat-ayat al-Quran yang berkaitan dengan qadha dan qadar.
3. Menyimpulkan isi kandungan
ayat-ayat al-Quran yang berkaitan dengan qadha dan qadar.
|
Penugasan
Tes lisan
Tes tulis
|
Pekerjaan rumah
Unjuk kerja
Uraian
|
1. Carilah ayat-ayat al-Quran yang terkait dengan iman kepada qadha
dan qadar, lalu tulislah dalam buku kerja kalian dan serahkan kepada guru
kalian!
2. Tunjukkan satu ayat terkait dengan qadha dan qadar lalu
terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia!
3. Sebutkan dan jelaskan satu kandungan pokok dari ayat-ayat al-Quran
yang terkait dengan qadha dan qadar!
|
........................., ................ 20.....
Mengetahui Guru
Mapel PAI
Kepala Sekolah
_________________ _________________
NIP
NIP
Saran Kepala Sekolah :
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
|
:
|
......................................
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Pendidikan Agama Islam
|
Kelas /Semester
|
:
|
IX/2
|
Standar Kompetensi
|
:
|
11. Menghindari Perilaku
tercela
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
11.1. Menyebutkan pengertian takabur.
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2 X 40 menit ( 1 pertemuan)
|
Tujuan
Pembelajaran
- Siswa dapat Menyebutkan
pengertian takabur.
Karakter siswa yang
diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility
)
Materi
Pembelajaran
- Pengertian
takabur
- Dalil naqli
tentang takabur
- Akibat buruk
takabur
Metode
Pembelajaran
- Ceramah
- Tanya jawab
- CTL
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Pendahuluan
- Apersepsi
- Guru
memotivasi siswa mengenai pentingnya menghindari takabur.
Kegiatan
Inti
1). Eksplorasi
- Guru
menjelaskan pengertian takabur.
2). Elaborasi
- Siswa
menelaah lebih dalam mengenai takabur.
- Siswa
berlatih membaca dalil naqli tentang takabur dengan metode .
3) Konfirmasi
- Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
- Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
Kegiatan
Penutup
¨ Guru bersama siswa
melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau
tidak ? Menyenangkan atau tidak ?
Sumber Belajar
·
Buku PAI Kelas IX
, Penerbit Umum
·
LKS MGMP PAI SMP / MTS
·
Mushaf Al-Quran
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen /
Soal
|
1. Menjelaskan pengertian
takabur.
2. Menyebutkan dalil naqli
terkait dengan takabur.
|
Kuis
Tes lisan
|
Jawaban singkat
Jawaban singkat
|
1. Apa makna kata takabur dari segi bahasa!
2. Tunjukkan salah satu dalil naqli terkait dengan takabur!
|
........................., ................ 20.....
Mengetahui Guru
Mapel PAI
Kepala Sekolah
_________________ _________________
NIP NIP
Saran Kepala Sekolah :
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
|
:
|
......................................
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Pendidikan Agama Islam
|
Kelas /Semester
|
:
|
IX/2
|
Standar Kompetensi
|
:
|
11. Menghindari perilaku
tercela
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
11.2. Menyebutkan contoh -
contoh perilaku takabur
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2 X 40 menit ( 1 pertemuan)
|
Tujuan
Pembelajaran
- Siswa
memahami ciri-ciri pentakabur.
Karakter siswa yang
diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility
)
Materi
Pembelajaran
- Ciri-ciri
pendendam
- Ciri-ciri
munafik
Metode
Pembelajaran
- Tanya jawab
- Diskusi
- CTL
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Pendahuluan
- Apersepsi
- Guru membagi
siswa dalam kelompok-kelompok kecil.
Kegiatan
Inti
1). Eksplorasi
- Guru
menjelaskan langkah-langkah kegiatan dan tugas yang harus dilakukan siswa.
2). Elaborasi
- Siswa
berdiskusi untuk mencari ciri-ciri takabur.
3) Konfirmasi
- Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
- Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
- Siswa
melaporkan hasilnya.
Kegiatan
Penutup
¨ Guru bersama siswa
melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau
tidak ? Menyenangkan atau tidak ?
Sumber Belajar
·
Buku PAI Kelas IX
, Penerbit Umum
·
LKS MGMP PAI SMP / MTS
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen /
Soal
|
1.
Menyebutkan contoh-contoh perilaku takabur terhadap
Allah Swt.
2. Menyebutkan contoh-contoh
perilaku takabur terhadap sesama manusia.
|
Tes tulis
Tes tulis
|
Identifikasi
Identifikasi
|
1. Cobalah kalian mengidentifikasi contoh-contoh perilaku manusia
yang menunjukkan takabur kepada Allah!
2. Cobalah kalian mengidentifikasi contoh-contoh perilaku manusia
yang menunjukkan takabur kepada sesamanya!
|
........................., ................ 20.....
Mengetahui Guru
Mapel PAI
Kepala Sekolah
_________________ _________________
NIP
NIP
Saran Kepala Sekolah :
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
|
:
|
......................................
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Pendidikan Agama Islam
|
Kelas /Semester
|
:
|
IX/2
|
Standar Kompetensi
|
:
|
11. Menghindari perilaku
tercela
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
11.3. Menghindari perilaku
takabur dalam kehidupan sehari-hari
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2 X 40 menit ( 1 pertemuan)
|
Tujuan
Pembelajaran
- Siswa dapat
menunjukkan sikap ingin menjauhi perilaku takabur serta membiasakan diri
menjauhi perilaku takabur.
Karakter siswa yang
diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility
)
Materi
Pembelajaran
- Menjauhi
perilaku takabur
- Pembiasaan
diri menjauhi perilaku takabur
Metode
Pembelajaran
- Tanya jawab
- CTL
- Penugasan
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Pendahuluan
- Apersepsi
- Guru
memotivasi siswa mengenai Tentang Menghindari perilaku takabur dalam
kehidupan sehari-hari
Kegiatan
Inti
1). Eksplorasi
- Guru
menjelaskan langkah-langkah kegiatan dan tugas yang harus dilakukan siswa.
2). Elaborasi
- Siswa
berdiskusi tentang cara-cara menjauhi takabur.
3) Konfirmasi
- Siswa
melaporakan hasilnya.
Kegiatan
Penutup
¨ Guru bersama siswa
melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau
tidak ? Menyenangkan atau tidak ?
Sumber Belajar
·
Buku PAI Kelas IX
, Penerbit Umum
·
LKS MGMP PAI SMP / MTS
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen /
Soal
|
1. Menghindari perilaku takabur di tengah-tengah keluarga.
2.
Menghindari
perilaku takabur di lingkungan sekolah.
3.
Menghindari perilaku takabur di tengah-tengah masyarakat.
|
Tes tulis
Tes tulis
Tes tulis
|
Urian
Urian
Urian
|
1. Sebutkan dan jelaskan beberapa cara yang dapat kalian lakukan
untuk menghindari takabur di tengah-tengah keluarga!
2. Sebutkan dan jelaskan beberapa cara yang dapat kalian lakukan
untuk menghindari takabur di sekolah!
3. Sebutkan dan jelaskan beberapa cara yang dapat kalian lakukan
untuk menghindari takabur di tengah-tengah masyarakat!
|
........................., ................ 20.....
Mengetahui Guru
Mapel PAI
Kepala Sekolah
_________________ _________________
NIP
NIP
Saran Kepala Sekolah :
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
|
:
|
......................................
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Pendidikan Agama Islam
|
Kelas /Semester
|
:
|
IX/2
|
Standar Kompetensi
|
:
|
12. Memahami tatacara berbagai
shalat sunnah
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
12.1. Menyebutkan pengertian
dan ketentuan sholat sunnat berjamaah dan munfarid
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2 X 40 menit ( 1 pertemuan)
|
Tujuan
Pembelajaran
- Siswa dapat
menjelaskan pengertian shalat jamaah dan munfarid serta menjelaskan
ketentuannya.
Karakter siswa yang
diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility
)
Materi
Pembelajaran
- Pengertian
shalat jamaah dan munfarid
- Dalil naqli
tentang keutamaan shalat jamaah
- Syarat-syarat
shalat berjamaah
- Ketentuan
imam dan makmum.
- Ketentuan
makmum masbuk dan muwafiq
- Ketentuan
shaf shalat berjamaah
- Halangan
shalat jamaah
Metode
Pembelajaran
- Ceramah
- Tanya jawab
- CTL
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Pendahuluan
- Apersepsi
- Guru
memotivasi siswa mengenai keutamaan shalat jamaah.
Kegiatan
Inti
1). Eksplorasi
- Guru
menjelaskan pengertian, syarat-syarat, ketentuan menjadi imam, makmum
shaf, serta ketentuan makmum masbuk dan muwafiq.
2). Elaborasi
- Siswa
menelaah lebih dalam mengenai keutamaan shalat berjamaah.
- Siswa
berlatih membaca dalil naqli tentang keutamaan shalat berjamaah.
3) Konfirmasi
- Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
- Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
Kegiatan
Penutup
¨ Guru bersama siswa
melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau
tidak ? Menyenangkan atau tidak ?
Sumber Belajar
·
Buku PAI Kelas IX
, Penerbit Umum
·
LKS MGMP PAI SMP / MTS
·
Mushaf Al-Quran
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen /
Soal
|
1.
Menjelaskan pengertian shalat sunnah berjama’ah.
2.
Menjelaskan pengertian shalat sunnah munfarid.
3. Menyebutkan dalil naqli
terkait dengan shalat sunnah berjama’ah dan munfarid.
|
Tes lisan
Tes lisan
Penugasan
|
Jawaban singkat
Jawaban singkat
pekerjaan rumah
|
1. Apa yang dimaksud dengan shalat sunnah berjama’ah?
2. Apa yang dimaksud dengan shalat sunnah munfarid?
3. Kumpulkan beberapa dalil naqli terkait dengan shalat sunnah
berjama’ah dan munfarid lalu tunjukkan di depan kelas!
|
........................., ................ 20.....
Mengetahui Guru
Mapel PAI
Kepala Sekolah
_________________ _________________
NIP
NIP
Saran Kepala Sekolah :
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
|
:
|
......................................
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Pendidikan Agama Islam
|
Kelas /Semester
|
:
|
IX/2
|
Standar Kompetensi
|
:
|
12. Memahami tatacara berbagai
shalat sunnah
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
12.2. Menyebutkan contoh
shalat sunnat berjamaah dan munfarid
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2 X 40 menit ( 1 pertemuan)
|
Tujuan
Pembelajaran
- Siswa dapat
menjelaskan pengertian shalat jamaah dan munfarid serta menjelaskan
ketentuannya.
Karakter siswa yang
diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility
)
Materi
Pembelajaran
- Pengertian
shalat jamaah dan munfarid
- Dalil naqli
tentang keutamaan shalat jamaah
- Syarat-syarat
shalat berjamaah
- Ketentuan
imam dan makmum.
- Ketentuan
makmum masbuk dan muwafiq
- Ketentuan
shaf shalat berjamaah
- Halangan
shalat jamaah
Metode
Pembelajaran
- Ceramah
- Tanya jawab
- CTL
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Pendahuluan
- Apersepsi
- Guru
memotivasi siswa mengenai keutamaan shalat jamaah.
Kegiatan
Inti
1). Eksplorasi
- Guru
menjelaskan pengertian, syarat-syarat, ketentuan menjadi imam, makmum
shaf, serta ketentuan makmum masbuk dan muwafiq.
2). Elaborasi
- Siswa
menelaah lebih dalam mengenai keutamaan shalat berjamaah.
- Siswa
berlatih membaca dalil naqli tentang keutamaan shalat berjamaah.
3) Konfirmasi
- Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
- Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
Kegiatan
Penutup
¨ Guru bersama siswa
melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau
tidak ? Menyenangkan atau tidak ?
Sumber Belajar
·
Buku PAI Kelas IX
, Penerbit Umum
·
LKS MGMP PAI SMP / MTS
·
Mushaf Al-Quran
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen /
Soal
|
1.
Menyebutkan contoh-contoh shalat sunnah
berjama’ah.
2. Menyebutkan
contoh-contoh shalat sunnah munfarid.
|
Tes tulis
Kuis
|
Isian
Isian
|
1. Di antara tiga contoh shalat sunnah berjama’ah adalah ..., ...,
dan ...
2. Satu contoh shalat sunnah munfarid adalah ...
|
........................., ................ 20.....
Mengetahui Guru
Mapel PAI
Kepala Sekolah
_________________ _________________
NIP
NIP
Saran Kepala Sekolah :
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
|
:
|
......................................
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Pendidikan Agama Islam
|
Kelas /Semester
|
:
|
IX/2
|
Standar Kompetensi
|
:
|
12. Memahami tatacara berbagai
shalat sunnah
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
12.3. Mempraktikkan shalat
sunnat berjamaah dan munfarid dalam kehidupan sehari-hari
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2 X 40 menit ( 1 pertemuan)
|
Tujuan
Pembelajaran
Siswa dapat
mempraktikkan shalat berjamaah, mensimulasikan shaf, makmum muwafiq, dan makmum
masbuk.
Karakter siswa yang
diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility
)
Materi
Pembelajaran
- Praktikkan
shalat berjamaah.
- Simulasi
shaf shalat jamaah dengan satu makmum, dua makmum, dan tiga makmum
- Simulasi
makmum muwafiq dan makmum masbuk
Metode
Pembelajaran
- Tanya jawab
- Diskusi
- Demonstrasi
- Simulasi
- CTL
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Pendahuluan
- Apersepsi
- Guru
memotivasi siswa mengenai keutamaan shalat jamaah.
- Guru membagi
siswa dalam kelompok-kelompok kecil.
Kegiatan
Inti
1). Eksplorasi
- Guru
menjelaskan langkah-langkah kegiatan shalat berjamaah.
2). Elaborasi
- Siswa
melakukan praktik shalat berjamaah, mensumulasikan shaf makmum, menjadi
makmum muwafiq dan makmum masbuk.
3) Konfirmasi
- Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
- Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
Kegiatan
Penutup
¨ Guru bersama siswa
melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau
tidak ? Menyenangkan atau tidak ?
Sumber Belajar
·
Buku PAI Kelas IX
, Penerbit Umum
·
LKS MGMP PAI SMP / MTS
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen /
Soal
|
1. Menjelaskan tatacara shalat sunnah berjama’ah dan munfarid.
2. Mempraktikkan
shalat sunnah berjama’ah dan munfarid di sekolah.
|
Tes lisan
Tes unjuk kerja
|
Jawaban singkat
Uji petik kerja
|
1. Jelaskan secara singkat tatacara shalat sunnah berjama’ah dan
munfarid!
2. Tunjukkan dan praktikkan salah satu shalat sunnah munfarid yang
sering kalian lakukan!
|
Rubrik :
Aspek yang dinilai
|
Indikator kemampuan
|
Nilai
|
||
·
Bacaan-bacaan, baik bacaan rukun maupun sunah
·
Gerakan-gerakan rukun
·
Kekhusyu’an / tumakninah / penghayatan
|
·
Melaksanakan shalat berjamaah tanpa melakukan
kesalahan ketika menjadi imam maupun makmum.
|
·
khusyu’
|
100
|
|
·
kurang khusyu’
|
95
|
|||
·
Melaksanakan shalat berjamaah dengan melakukan 1-10
kesalahan ketika menjadi imam maupun makmum.
|
·
khusyu’
|
90
|
||
·
kurang khusyu’
|
85
|
|||
·
Melaksanakan shalat berjamaah dengan melakukan 11-20
kesalahan ketika menjadi imam maupun makmum.
|
·
khusyu’
|
80
|
||
·
kurang khusyu’
|
75
|
|||
·
Melaksanakan shalat berjamaah dengan melakukan 21-30
kesalahan ketika menjadi imam maupun makmum.
|
·
khusyu’
|
70
|
||
·
kurang khusyu’
|
65
|
|||
·
Melaksanakan shalat berjamaah dengan melakukan lebih
dari 30 kesalahan ketika menjadi imam maupun makmum.
|
·
khusyu’
|
60
|
||
· kurang khusyu’
|
55
|
........................., ................ 20.....
Mengetahui Guru
Mapel PAI
Kepala Sekolah
_________________ _________________
NIP
NIP
Saran Kepala Sekolah :
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
|
:
|
......................................
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Pendidikan Agama Islam
|
Kelas /Semester
|
:
|
IX/2
|
Standar Kompetensi
|
:
|
13. Memahami sejarah tradisi
Islam Nusantara
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
13.1. Menceritakan seni budaya
lokal sebagai bagian dari tradisi Islam
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2 X 40 menit ( 1 pertemuan)
|
Tujuan
Pembelajaran
- Siswa dapat
menjelaskan pengertian seni budaya lokal, tradisi Islam, dan menyebutkan
contoh budaya lokal yang merupakan tradisi islam
Karakter siswa yang
diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility
)
Materi
Pembelajaran
- Pengertian
seni budaya lokal
- Pengertian
tradisi Islam
- Contoh-contoh
budaya lokal yang merupakan tradisi islam
Metode
Pembelajaran
- Ceramah
- Tanya jawab
- CTL
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Pendahuluan
- Apersepsi
- Guru
memotivasi siswa mengenai pentingnya memahami budaya dan seni Islam.
Kegiatan
Inti
1). Eksplorasi
- Guru
menjelaskan pengertian seni dan tradisi Islam.
2). Elaborasi
- Siswa
menelaah lebih dalam mengenai seni dan tradisi Islam serta mencari
contoh-contohnya.
3) Konfirmasi
- Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
- Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
Kegiatan
Penutup
¨ Guru bersama siswa
melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau
tidak ? Menyenangkan atau tidak ?
Sumber Belajar
·
Buku PAI Kelas IX
, Penerbit Umum
·
LKS MGMP PAI SMP / MTS
·
Mushaf Al-Quran
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen /
Soal
|
1. Menjelaskan
pengertian tentang seni budaya lokal.
2. Menjelaskan
pengertian tentang tradisi Islam.
3. Menceritakan seni budaya lokal yang
bernuansa Islami.
|
Tes tulis
|
Jawaban singkat
|
1. Apa yang kalian ketahui tentang seni budaya
lokal!
2. Tunjukkan beberapa seni budaya yang berkembang sekarang yang
merupakan warisan tradisi Islam!
3. Jelaskan salah satu jenis seni budaya lokal yang bernuansa Islami
di daerah kalian!
|
........................., ................ 20.....
Mengetahui Guru
Mapel PAI
Kepala Sekolah
_________________ _________________
NIP
NIP
Saran Kepala Sekolah :
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
|
:
|
......................................
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Pendidikan Agama Islam
|
Kelas /Semester
|
:
|
IX/2
|
Standar Kompetensi
|
:
|
13. Memahami sejarah tradisi
Islam Nusantara
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
13.2. Memberikan apresiasi
terhadap tradisi dan upacara adat kesukuan Nusantara
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2 X 40 menit ( 1 pertemuan)
|
Tujuan
Pembelajaran
- Siswa dapat
menceritakan dan mengapresiasi tradisi halal bihalal, dugderan, kupatan,
grebeg besar dan sekaten
Karakter siswa yang
diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility
)
Kecintaan ( Lovely)
Kebangsaan (cityzenship )
Materi Pembelajaran
- Tradisi
halal bihalal, dugderan, kupatan, grebeg besar dan sekaten.
- Apresiasi
terhadap tradisi tradisi halal bihalal, dugderan, kupatan, grebeg besar
dan sekaten.
Metode
Pembelajaran
- Tanya jawab
- Diskusi
- CTL
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Pendahuluan
- Apersepsi
- Guru membagi
siswa dalam kelompok-kelompok kecil.
Kegiatan
Inti
1). Eksplorasi
- Guru
menjelaskan langkah-langkah kegiatan dan tugas yang harus dilakukan siswa.
2). Elaborasi
- Siswa
berdiskusi untuk berdiskusi tentang tradisi halal bihalal, dugderan,
kupatan, grebeg besar dan sekaten.
3) Konfirmasi
- Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
- Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
- Siswa melaporkan
hasilnya.
Kegiatan
Penutup
¨ Guru bersama siswa
melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau
tidak ? Menyenangkan atau tidak ?
Sumber Belajar
·
Buku PAI Kelas IX
, Penerbit Umum
·
LKS MGMP PAI SMP / MTS
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen /
Soal
|
1. Memelajari
tradisi dan upacara adat kesukuan Nusantara.
2. Memberikan apresiasi terhadap tradisi dan upacara adat kesukuan
Nusantara yang bernuansa Islami.
|
Observasi
Tes unjuk kerja
|
Instrumen
observasi
Proyek
|
1. Lakukan pengamatan terhadap salah satu upacara adat di lingkungan
kalian lalu buatlah laporannya dengan mengaitkan dengan pandangan Islam!
2. Buatlah satu kelompok (group) seni untuk mengembangkan salah satu
seni budaya lokal yang Islami dengan misi dakwah Islam!
|
........................., ................ 20.....
Mengetahui Guru
Mapel PAI
Kepala Sekolah
_________________ _________________
NIP
NIP
Saran Kepala Sekolah :
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
ANALISIS PENCAPAIAN KETUNTASAN BELAJAR PESERTA
DIDIK PER KD
No
|
Nama
Siswa
KKM
|
Pencapaian Ketuntasan Belajar Peserta Didik/KD
|
|||||||||||
SK 1
|
SK 2
|
SK 3
|
|||||||||||
KD
|
KD
|
KD
|
|||||||||||
1.1
|
1.2
|
dst
|
2.1
|
2.2
|
dst
|
3.1
|
3.2
|
dst
|
|||||
…..
|
…..
|
…..
|
…..
|
…..
|
…..
|
…..
|
…..
|
…..
|
|||||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
dst
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
|
Rata-rata
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
|
Ketuntasan belajar (dalam %)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
Frekwensi
jml siswa
|
≤ 49
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
50-74
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
75-100
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
≥ KKM sekolah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar