SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : ....................................
Kelas : IX
Mata Pelajaran : PAI
Semester : 1
Standar Kompetensi (Al-Quran dan Al-Hadits): 1. Memahami ajaran al- Quran surat at-Tin.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok/ Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
|||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
|||||||
1.1 Membaca
QS. at-Tin dengan tartil.
|
Al-Quran Surat at-Tin
|
1. Siswa membaca al-Quran
|
1. Membaca
potongan-potongan ayat dalam QS. at-Tin dengan
benar.
|
Tes lisan
|
Praktik
|
1. Bacalah ayat 1 dan 2 dari
|
2 x 40 menit
|
A,B,X
|
|
2. Membaca keseluruhan ayat dalam QS. at-Tin
dengan tartil dan benar.
|
Tes lisan
|
Praktik
|
1. Bacalah keseluruhan
ayat dalam QS. at-Tin dengan tartil dan benar!
|
|
|
||||
Karakter siswa yang diharapkan
|
Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility )
|
|
|
||||||
1.2
Menyebutkan arti QS. at-Tin.
|
|
2. Siswa memelajari arti QS. at-Tin dan berusaha menghafalkan-nya.
|
1. Mengartikan
masing-masing kata dalam QS. at-Tin dengan
benar.
|
Tes tulis
|
Pilihan ganda
|
1. Makna potongan ayat “أَحْسَنِ
تَقْوِيمٍ” dari QS.
at-Tin yang paling tepat di bawah ini adalah:
a.
sebaik-baik akhlak
b.
sebaik-baik makhluk
c.
sebaik-baik penciptaan
d.
sebaik-baik bentuk
|
2 x 40 menit
|
A,B,X
|
|
2. Mengartikan masing-masing ayat dalam QS. at-Tin dengan benar.
|
Tes tulis
|
Jawaban singkat
|
1. Tulislah ayat 4 dari QS. at-Tin dengan benar
lengkap dengan terjemahnya!
|
|
|
||||
3. Mengartikan keseluruhan ayat dalam QS. at-Tin dengan benar.
|
Penugasan
|
Pekerjaan rumah
|
1. Tulislah
|
|
|
||||
Karakter siswa yang diharapkan
|
Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility )
|
|
|
||||||
1.3
Menjelaskan makna QS. at-Tin.
|
|
3. Siswa membaca dan mengkaji buku-buku tafsir untuk
memahami makna QS. at-Tin.
|
1.
Menjelaskan makna setiap ayat yang ada dalam QS. at-Tin dengan benar.
|
Kuis
|
Pertanyaan singkat
|
1. Apa yang dimaksud “الْبَلَدِ
الْأَمِينِ” dalam ayat 3
dari
|
2 x 40 menit
|
A,B,X
|
|
2. Menjelaskan pesan-pesan pokok dari QS.
at-Tin.
|
Tes lisan
|
Uraian singkat
|
1. Sebutkan beberapa makna pokok yang terkandung
dalam
|
|
|
||||
Karakter siswa yang diharapkan
|
Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility )
|
|
|
Mengetahui,
Kepala SMP/Mts ……………
(__________________________)
NIP :
|
|
…….……..,……………………
20 …….
Guru Mapel Pendidikan Agama Islam
(_______________________)
NIP :
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : ....................................
Kelas : IX
Mata Pelajaran : PAI
Semester : 1
Standar Kompetensi (Al-Quran dan Al-Hadits): 2. Memahami ajaran al-Hadits tentang menuntut ilmu.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok/ Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
|||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
|||||||
Membaca al-Hadits tentang menuntut ilmu.
|
Al-Hadits tentang menuntut ilmu
|
1. Siswa membaca al-Hadits
tentang menuntut ilmu dengan pelan-pelan dan benar di bawah bimbingan
gurunya.
|
1. Membaca
setiap kata yang ada dalam al-Hadits tentang
menuntut ilmu dengan benar.
|
Tes lisan
|
Praktik
|
1. Bacalah setiap kata yang ada dalam hadits tentang
menuntut ilmu dengan benar!
|
2 x 40 menit
|
D,E,F,X
|
|
2. Membaca
keseluruhan al-Hadits tentang menuntut ilmu dengan
benar.
|
Tes lisan
|
Praktik
|
1.
Bacalah hadits tentang menuntut ilmu dengan benar!
|
|
|
||||
Karakter siswa yang diharapkan
|
Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility )
|
|
|
||||||
2.2
Menyebutkan arti al-Hadits tentang menuntut ilmu.
|
|
2. Siswa memelajari arti
al-Hadits tentang menuntut ilmu dan berusaha
menghafalkan-nya.
|
1. Mengartikan setiap kata yang ada dalam al-Hadits tentang menuntut ilmu dengan benar.
|
Kuis
|
Jawaban singkat
|
1. Sebutkan tiga kata pokok dalam hadits tentang
menuntut ilmu dan terjemahnya!
|
2 x 40 menit
|
D,E,F,X
|
|
2. Mengartikan keseluruhan al-Hadits tentang menuntut ilmu dengan benar.
|
Tes lisan
|
Jawaban singkat
|
1. Terjemahkan hadits tentang menuntut ilmu dengan
lengkap ke dalam bahasa
|
|
|
||||
Karakter siswa yang diharapkan
|
Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility )
|
|
|
||||||
2.3
Menjelaskan makna menuntut ilmu seperti dalam al-Hadits.
|
|
3. Siswa membaca dan
menelaah buku-buku hadits untuk mengetahui makna menuntut
ilmu yang benar.
|
1.
Menjelaskan makna yang terkandung dalam al-Hadits tentang menuntut ilmu.
|
Tes tulis
|
Jawaban singkat
|
1. Jelaskan kandungan
pokok yang terdapat dalam hadits tentang menuntut ilmu!
|
2 x 40 menit
|
D,E,F,X
|
|
2.
Menjelaskan arti menuntut ilmu seperti yang terkandung
dalam al-Hadits.
|
Tes tulis
|
Tes uraian
|
1. Apa yang dimaksud menuntut ilmu sebagaimana
terkandung dalam hadits Nabi Muhammad Saw.?
|
|
|
||||
3. Menjelaskan prinsip-prinsip menuntut ilmu
seperti terdapat dalam al-Hadits.
|
Kuis
|
Jawaban singkat
|
1. Sebutkan prinsip-prinsip pokok yang terkandung
dalam hadits tentang menuntut ilmu!
|
|
|
||||
Karakter siswa yang diharapkan
|
Dapat dipercaya ( Trustworthines)Rasa
hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence ) Tanggung
jawab ( responsibility ) Berani ( courage )
|
|
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : ....................................
Kelas : IX
Mata Pelajaran : PAI
Semester : 1
Standar Kompetensi (Aqidah): 3. Meningkatkan keimanan kepada hari akhir.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok/ Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
|||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
|||||||
3.1 Menjelaskan pengertian beriman kepada hari akhir.
|
Iman kepada hari akhir
|
1. Siswa membaca dan menelaah berbagai literatur
untuk dapat menjelaskan iman kepada hari akhir dengan benar.
|
1. Menjelaskan
pengertian hari akhir.
|
Tes lisan
|
Isian
|
1. Hari yang terjadi setelah hancurnya alam dunia
ini disebut ...
|
2 x 40 menit
|
H,I,J,K,L,M,X
|
|
2. Menjelaskan nama-nama hari akhir.
|
Tes tulis
|
Pilihan ganda
|
1. Berikut ini yang
tidak termasuk nama-nama hari akhir adalah:
a. yaumul hisab
b. yaumul qiyamah
c. yaumul ba’ts
d. yaumul harb
|
|
|
||||
3. Menjelaskan berbagai peristiwa terkait dengan hari
akhir.
|
Tes tulis
|
Uraian singkat
|
1. Jelaskan terjadinya peristiwa berkumpulnya
manusia di Padang Mahsyar pada hari akhir nanti!
|
|
|
||||
4. Menjelaskan pengertian beriman kepada hari akhir
|
Tes tulis
|
Essay
|
1. Apa yang dimaksud dengan beriman kepada hari
akhir!
|
|
|
||||
5. Menjelaskan hikmah beriman kepada hari
akhir.
|
Penugasan
|
Pekerjaan rumah
|
1. Diskusikan di rumah bersama teman-temanmu tentang
hikmah beriman kepada hari akhir lalu laporkan hasilnya secara tertulis!
|
|
|
||||
Karakter siswa yang diharapkan
|
Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility )
Kecintaan ( lovely )
|
|
|
||||||
3.2 Menyebutkan ayat al-Quran yang berkaitan dengan hari akhir.
|
|
2. Siswa mencari
ayat-ayat al-Quran yang terkait dengan iman kepada hari akhir dan
menyebutkan-nya.
|
1. Menyebutkan ayat-ayat al-Quran yang menegaskan
iman kepada hari akhir.
|
Penugasan
|
Proyek
|
1. Carilah ayat-ayat al-Quran yang terkait dengan
iman kepada hari kiamat lalu tulislah dalam buku kerja kalian dan serahkan
kepada guru kalian!
|
2 x 40 menit
|
H,I,J,K,L,M,X
|
|
2. Menyebutkan ayat-ayat al-Quran yang menjelaskan
tanda-tanda datangnya hari akhir.
|
Tes lisan
|
Praktik
|
1. Sebutkan satu ayat al-Quran yang menjelaskan
tanda-tanda datangnya hari akhir!
|
|
|
||||
3. Menyebutkan ayat-ayat al-Quran yang
menjelaskan berbagai peristiwa yang terjadi pada hari akhir.
|
Tes lisan
|
Praktik
|
1. Sebutkan satu ayat al-Quran yang menegaskan
terjadinya perhitungan amal manusia di hari akhir nanti!
|
|
|
||||
Karakter siswa yang diharapkan
|
Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility )
Kecintaan ( lovely )
|
|
|
||||||
3.3
Menceritakan proses kejadian kiamat sughra dan kubra seperti terkandung dalam
al-Quran dan al-Hadits.
|
|
3. Siswa membaca berbagai literatur yang menjelaskan
kejadian kiamat sughra dan kubra.
|
1. Menjelaskan
pengertian kiamat sughra dan tanda-tandanya seperti terkandung dalam al-Quran dan al-Hadits.
|
Tes tulis
|
Jawaban singkat
|
1. Jelaskan perbedaan antara kiamat sughra dan
kiamat kubra!
|
2 x 40 menit
|
H,I,J,K,L,M,X
|
|
2. Menjelaskan
pengertian kiamat kubra dan tanda-tandanya seperti terkandung dalam al-Quran dan al-Hadits.
|
Tes tulis
|
Essay
|
1. Bagaimana penjelasan al-Quran mengenai kiamat
sughra dan kiamat kubra?
|
|
|
||||
3.
Menjelaskan proses kejadian kiamat sughra dan kubra seperti terkandung
dalam al-Quran dan al-Hadits.
|
Tes tulis
|
Essay
|
1. Bagaimana proses kejadian kiamat kubra
sebagaimana dijelaskan dalam al-Quran?
|
|
|
||||
Karakter siswa yang diharapkan
|
Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility )
Kecintaan ( lovely )
|
|
|
Mengetahui,
Kepala SMP/Mts ……………
(__________________________)
NIP :
|
|
…….……..,……………………
20 …….
Guru Mapel Pendidikan Agama Islam
(_______________________)
NIP :
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : ....................................
Kelas : IX
Mata Pelajaran : PAI
Semester : 1
Standar Kompetensi (Akhlak): 4. Membiasakan
perilaku terpuji.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok/ Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
|||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
|||||||
4.1
Menjelaskan pengertian qana'ah dan tasamuh.
|
Perilaku terpuji (qana'ah dan
tasamuh)
|
1. Siswa membaca dan mengkaji literatur untuk menemukan konsep yang benar
tentang qana'ah dan tasamuh.
|
1. Menjelaskan pengertian qana'ah dan menyebutkan
dalilnya.
|
Tes lisan
|
Jawaban singkat
|
1. Apa yang dimaksud dengan qana’ah!
|
2 x 40 menit
|
N,O,P,Q,X
|
|
2. Menjelaskan pengertian tasamuh dan
menyebutkan dalilnya.
|
Tes tulis
|
Essay
|
1. Apa yang dimaksud dengan tasamuh terkait dengan
kehidupan umat beragama di
|
|
|
||||
Karakter siswa yang diharapkan
|
Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility )
Kecintaan ( lovely )
|
|
|
||||||
4.2 Menampilkan contoh perilaku qana'ah dan tasamuh.
|
|
2. Siswa mengidentifikasi berbagai aktivitas di
masyarakat yang mencerminkan contoh perilaku qana'ah dan tasamuh.
|
1. Menunjukkan
contoh-contoh perilaku qana’ah dalam kehidupan sehari-hari.
|
Tes unjuk kerja
|
Tes identifikasi
|
1. Cobalah kalian identifikasi berbagai contoh
aktivitas sehari-hari yang menunjukkan
perilaku qana’ah!
|
2 x 40 menit
|
N,O,P,Q,X
|
|
2.
Menunjukkan contoh-contoh perilaku tasamuh dalam kehidupan
sehari-hari.
|
Tes unjuk kerja
|
Tes identifikasi
|
1. Berilah contoh perilaku tasamuh yang dapat kalian
amati dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan kalian!
|
|
|
||||
Karakter siswa yang diharapkan
|
Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility )
Kecintaan ( lovely )
|
|
|
||||||
4.3 Membiasakan
perilaku qana'ah dan tasamuh dalam kehidupan sehari-hari.
|
|
3. Siswa berusaha membiasakan perilaku qanaah dan
tasamuh di sekolah bersama teman-temannya.
|
1. Membiasakan perilaku qana'ah dan tasamuh
dalam
lingkungan keluarga.
|
Penugsan
|
Proyek
|
1. Ceritakan bagaimana kalian berusaha membiasakan
perilaku tasamuh di tengah keluarga!
|
2 x 40 menit
|
N,O,P,Q,X
|
|
2. Membiasakan perilaku qana'ah dan tasamuh
dalam
lingkungan sekolah.
|
Tes lisan
|
Jawaban singkat
|
1. Apa bentuk perilaku qana’ah yang sudah kalian
terapkan di sekolah?
|
|
|
||||
3.
Membiasakan perilaku qana'ah dan tasamuh
dalam
lingkungan masyarakat.
|
Tes tulis
|
Essay
|
1. Bagaimanakah kalian membiasakan sikap tasamuh di
tengah masyarakat?
|
|
|
||||
Karakter siswa yang diharapkan
|
Dapat dipercaya ( Trustworthines)Rasa
hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence ) Tanggung
jawab ( responsibility ) Berani ( courage )
Ketulusan ( Honesty ) Integritas
( integrity ) Peduli ( caring ) Jujur ( fairnes )
Kewarganegaraan ( citizenship )
|
|
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : ....................................
Kelas : IX
Mata Pelajaran : PAI
Semester : 1
Standar Kompetensi (Fiqih): 5. Memahami hukum Islam tentang penyembelihan hewan.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok/ Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
|||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
|||||||
5.1 Menjelaskan
tatacara penyembelihan hewan.
|
Penyembelihan hewan
|
1. Siswa mendengarkan uraian guru tentang tatacara penyembelihan hewan.
|
Menjelaskan pengertian penyembelihan hewan dan dasar hukumnya.
|
Tes tulis
|
Jawaban singkat
|
1. Apa dasar hukum dilakukannya penyembelihan hewan?
|
2 x 40 menit
|
R,S,X
|
|
Menjelaskan tatacara penyembelihan hewan yang baik dan benar.
|
Tes lisan
|
Jawaban singkat
|
1. Jelaskan secara singkat tentang tata cara
penyembelihan hewan yang benar menurut hukum Islam!
|
|
|
||||
Menunjukkan dalil naqli terkait dengan penyembelihan hewan.
|
Penugasan
|
Proyek
|
1. Carilah ayat-ayat al-Quran yang terkait dengan
penyembelihan hewan lalu tuliskan dalam buku kerja kalian!
|
|
|
||||
Karakter siswa yang diharapkan
|
Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility )
Kecintaan ( lovely )
Kemanusiaan ( Humanity )
|
|
|
||||||
5.2 Menjelaskan ketentuan aqiqah dan qurban.
|
|
2. Siswa membaca dan
menelaah berbagai literatur tentang ketentuan
aqiqah dan qurban.
|
Menjelaskan pengertian aqiqah dan qurban serta dasar hukumnya.
|
Tes lisan
|
Jawaban singkat
|
1. Apa yang dimaksud dengan qurban?
|
2 x 40 menit
|
R,S,X
|
|
Menjelaskan syarat-syarat aqiqah dan qurban.
|
Tes tulis
|
Jawaban singkat
|
1. Sebutkan syara-syarat hewan untuk aqiqah dan
qurban!
|
|
|
||||
Menjelaskan perbedaan antara aqiqah dan qurban.
|
Tes tulis
|
Essay
|
1. Jelaskan perbedaan antara aqiqah dan qurban!
|
|
|
||||
Menyebutkan dalil naqli terkait dengan aqiqah dan qurban.
|
Penugasan
|
Pekerjaan rumah
|
1. Carilah ayat-ayat al-Quran terkait
|
|
|
||||
Karakter siswa yang diharapkan
|
Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility )
Kecintaan ( lovely )
Kemanusiaan ( Humanity )
|
|
|
||||||
5.3 Memperagakan
cara penyembelihan hewan aqiqah dan qurban.
|
|
3. Siswa mengamati
aktivitas penyembelihan hewan di tempat (jagal) untuk mengetahui cara penyembelihan hewan yang benar dan mampu
memperagakan-nya.
|
Menjelaskan tatacara penyembelihan hewan
aqiqah dan qurban.
|
Tes lisan
|
Jawaban singkat
|
1. Jelaskan tatacara penyembelihan hewan aqiqah dan
qurban!
|
2 x 40 menit
|
R,S,X
|
|
Memperagakan penyembelihan hewan aqiqah dan qurban di depan kelas.
|
Tes unjuk kerja
|
Uji petik kerja prosedur
|
1. Peragakan cara penyembelihan hewan qurban dan
aqiqah di hadapan teman-teman kalian!
|
|
|
||||
Karakter siswa yang diharapkan
|
Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility )
Kecintaan ( lovely )
Kemanusiaan ( Humanity )
|
|
|
Mengetahui,
Kepala SMP/Mts ……………
(__________________________)
NIP :
|
|
…….……..,……………………
20 …….
Guru Mapel Pendidikan Agama Islam
(_______________________)
NIP :
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : ....................................
Kelas : IX
Mata Pelajaran : PAI
Semester : 1
Standar Kompetensi (Fiqih): 6. Memahami hukum Islam tentang haji dan umrah.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok/ Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
|||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
|||||||
6.1 Menyebutkan pengertian dan ketentuan haji dan umrah.
|
Haji dan umrah
|
1. Membaca dan menelaah literatur fikih untuk
memahami ketentuan yang benar tentang haji dan umrah.
|
1. Menjelaskan
pengertian haji dan umrah serta dasar hukumnya.
|
Tes tulis
|
Jawaban singkat
|
1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan haji dan umrah!
|
2 x 40 menit
|
R,S,X
|
|
2. Menjelaskan
syarat-syarat haji dan umrah.
|
Tes tulis
|
Jawaban singkat
|
1. Sebutkan syarat-syarat haji dan umrah!
|
|
|
||||
3. Menjelaskan
rukun dan wajib haji serta perbedaan antara
keduanya.
|
Tes tulis
|
Essay
|
1. Jelaskan perbedaan antara
|
|
|
||||
4. Menjelaskan
rukun umrah.
|
Tes lisan
|
Jawaban singkat
|
1. Jelaskan rukun-rukun umrah yang kalian ketahui!
|
|
|
||||
5.
Menjelaskan sunnah haji dan umrah.
|
Tes tulis
|
Jawaban singkat
|
1. Sebutkan beberapa sunnah haji dan umrah!
|
|
|
||||
6.
Menjelaskan larangan-larangan pada waktu
melaksanakan ibadah haji dan umrah.
|
Tes tulis
|
Jawaban singkat
|
1. Sebutkan dua macam larangan yang dilkukan pada
waktu melaksanakan ibadah haji!
|
|
|
||||
7.
Menunjukkan dalil naqli terkait dengan ibadah haji dan umrah.
|
Penugasan
|
Pekerjaan rumah
|
1. Carilah dalil naqli baik dari ayat-ayat al-Quran
maupun hadits terkait dengan ibadah haji dan umrah lalu tuliskan dalam buku
kerja kalian!
|
|
|
||||
8. Menjelaskan
hikmah dan fungsi ibadah haji dan umrah.
|
Tes unjuk kerja
|
Tes identifikasi
|
1. Cobalah kalian lakukan identifikasi tentang
hikmah dan fungsi ibadah haji dan umrah terkait dengan perilaku kita
sehari-hari!
|
|
|
||||
Karakter siswa yang diharapkan
|
Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility )
Kecintaan ( lovely )
Kemanusiaan ( Humanity )
|
|
|
||||||
6.2
Memperagakan pelaksanaan ibadah haji dan umrah.
|
|
2. Siswa melakukan praktek manasik haji di halaman
sekolah.
|
1. Menjelaskan
bentuk-bentuk pelaksanaan ibadah haji dan umrah.
|
Tes tulis
|
Pilihan ganda
|
1. Pelaksanaan ibadah haji dengan mendahulukan umrah
atas haji disebut...
a. haji
tamattu’
b. haji
qiran
c. haji
ifrad
d. haji
wada’
|
2 x 40 menit
|
R,S,X
|
|
2. Menjelaskan
tatacara pelaksanaan ibadah haji dan umrah.
|
Tes tulis
|
Jawaban singkat
|
1. Jelaskan dengan singkat urutan-urutan pelaksanaan
ibadah haji dan umrah!
|
|
|
||||
3.
Memperagakan pelaksanaan ibadah haji dan umrah
dengan melakukan manasik haji di sekolah.
|
Tes unjuk kerja
|
Uji petik kerja
|
1. Peragakan pelaksanaan tawaf yang benar lengkap
dengan bacaannya!
|
|
|
||||
Karakter siswa yang diharapkan
|
Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility )
Kecintaan ( lovely )
Kemanusiaan ( Humanity )
|
|
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : ....................................
Kelas : IX
Mata Pelajaran : PAI
Semester : 1
Standar Kompetensi (Tarikh dan Kebudayaan Islam): 7. Memahami perkembangan Islam di Nusantara.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok/ Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
|||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
|||||||
7.1 Menceritakan
sejarah masuknya Islam di Nusantara melalui perdagangan, sosial, dan
pengajaran.
|
Perkembangan Islam di
Nusantara
|
1. Membaca dan menelaah berbagai literatur sejarah
tentang masuknya Islam di Nusantara.
|
1. Menceritakan sejarah masuknya Islam di Nusantara melalui perdagangan.
|
Tes lisan
|
Essay
|
1. Ceritakan dengan singkat sejarah masuknya Islam
di Nusantara melalui perdagangan!
|
2 x 40 menit
|
U,V,X
|
|
2. Menceritakan sejarah masuknya Islam di Nusantara melalui hubungan sosial.
|
Tes tulis
|
Essay
|
1. Jelaskan dengan singkat sejarah masuknya Islam di
Nusantara melalui hubungan sosial!
|
|
|
||||
3.
Menceritakan sejarah masuknya Islam di Nusantara melalui pendidikan
dan pengajaran.
|
Tes tulis
|
Essay
|
1. Jelaskan dengan singkat sejarah masuknya Islam di
Nusantara melalui pendidikan dan perdagangan!
|
|
|
||||
Karakter siswa yang diharapkan
|
Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility )
Kecintaan ( lovely )
Kebangsaan (cityzenship )
|
|
|
||||||
7.2 Menceritakan
beberapa kerajaan Islam di Jawa, Sumatera, dan
|
|
2. Siswa membaca dan mengkaji literatur sejarah
sehingga dapat menceritakan beberapa kerajaan Islam
di Jawa, Sumatera, dan
|
1. Menceritakan beberapa kerajaan Islam di Jawa.
|
Kuis
|
Isian
|
1. Dua di antara kerajaan Islam yang ada di Jawa
pada masa lalu adalah ... dan ...
|
4 x 40 menit
|
U,V,X
|
|
2. Menceritakan beberapa kerajaan Islam di Sumatera.
|
Tes lisan
|
Essay
|
1. Jelaskan bagaimana akhir pemerintahan kerajaan
Samudera Pasai di Sumatera!
|
|
|
||||
3. Menceritakan beberapa kerajaan Islam di Sulawesi.
|
Tes lisan
|
Jawaban singkat
|
1. Sebutkan beberapa kerajaan Islam yang pernah
berkembang di
|
|
|
||||
4.
Menceritakan beberapa kerajaan Islam di luar Jawa, Sumatera, dan
|
Tes lisan
|
Jawaban singkat
|
1. Sebutkan beberapa kerajaan Islam yang pernah
berkembang di luar Jawa, Sumatera, dan
|
|
|
||||
Karakter siswa yang diharapkan
|
Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility )
Kecintaan ( lovely )
Kebangsaan (cityzenship )
|
|
|
Mengetahui,
Kepala SMP/Mts ……………
(__________________________)
NIP :
|
|
…….……..,……………………
20 …….
Guru Mapel Pendidikan Agama Islam
(_______________________)
NIP :
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar