Rabu, 11 Juli 2012


SILABUS PEMBELAJARAN

Nama Sekolah     : ....................................
Kelas                     : IX
Mata Pelajaran  : PAI
Semester               : 1
Standar Kompetensi (Al-Quran dan Al-Hadits): 1. Memahami ajaran al- Quran surat at-Tin.

Kompetensi Dasar

Materi Pokok/ Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
1.1 Membaca QS. at-Tin dengan tartil.

Al-Quran Surat at-Tin





1. Siswa membaca al-Quran surat at-Tin dengan tartil dan benar di bawah pengawasan gurunya.

1.    Membaca potongan-potongan ayat dalam QS. at-Tin dengan benar.

Tes lisan
Praktik
1. Bacalah ayat 1 dan 2 dari surat at-Tin dengan tartil dan benar!
2 x 40 menit
A,B,X

2.  Membaca keseluruhan ayat dalam QS. at-Tin dengan tartil dan benar.

Tes lisan
Praktik
1. Bacalah keseluruhan ayat dalam QS. at-Tin dengan tartil dan benar!



Karakter siswa yang diharapkan
Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )



1.2 Menyebutkan arti QS. at-Tin.


2. Siswa memelajari arti QS. at-Tin dan berusaha menghafalkan-nya.
1.    Mengartikan masing-masing kata dalam QS. at-Tin dengan benar.

Tes tulis
Pilihan ganda
1. Makna potongan ayat “أَحْسَنِ تَقْوِيمٍ dari QS. at-Tin yang paling tepat di bawah ini adalah:
    a. sebaik-baik akhlak
    b. sebaik-baik makhluk
    c. sebaik-baik penciptaan
    d. sebaik-baik bentuk

2 x 40 menit
A,B,X

2.    Mengartikan masing-masing ayat dalam QS. at-Tin dengan benar.

Tes tulis
Jawaban singkat
1. Tulislah ayat 4 dari QS. at-Tin dengan benar lengkap dengan terjemahnya!



3.  Mengartikan keseluruhan ayat dalam QS. at-Tin dengan benar.

Penugasan
Pekerjaan rumah
1. Tulislah surat at-Tin ayat demi ayat dengan benar lengkap dengan terjemahnya!




Karakter siswa yang diharapkan
Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )



1.3 Menjelaskan makna QS. at-Tin.

3. Siswa membaca dan mengkaji buku-buku tafsir untuk memahami makna QS. at-Tin.
1.    Menjelaskan makna setiap ayat yang ada dalam QS. at-Tin dengan benar.

Kuis
Pertanyaan singkat
1. Apa yang dimaksud “الْبَلَدِ الْأَمِينِ” dalam ayat 3 dari surat at-Tin?
2 x 40 menit
A,B,X

2.  Menjelaskan pesan-pesan pokok dari QS. at-Tin.


Tes lisan
Uraian singkat
1. Sebutkan beberapa makna pokok yang terkandung dalam surat at-Tin!



Karakter siswa yang diharapkan
Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )





Mengetahui,
Kepala SMP/Mts ……………


(__________________________)
NIP :

…….……..,……………………  20 …….
Guru Mapel Pendidikan Agama Islam


(_______________________)
NIP :

SILABUS PEMBELAJARAN

Nama Sekolah     : ....................................
Kelas                     : IX
Mata Pelajaran  : PAI
Semester               : 1
Standar Kompetensi (Al-Quran dan Al-Hadits): 2. Memahami ajaran al-Hadits tentang menuntut ilmu.

Kompetensi Dasar

Materi Pokok/ Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
            Membaca al-Hadits tentang menuntut ilmu.




Al-Hadits tentang menuntut ilmu






1. Siswa membaca al-Hadits tentang menuntut ilmu dengan pelan-pelan dan benar di bawah bimbingan gurunya.

1.    Membaca setiap kata yang ada dalam al-Hadits tentang menuntut ilmu dengan benar.

Tes lisan
Praktik
1. Bacalah setiap kata yang ada dalam hadits tentang menuntut ilmu dengan benar!


2 x 40 menit
D,E,F,X

2.  Membaca keseluruhan al-Hadits tentang menuntut ilmu dengan benar.
Tes lisan
Praktik
1. Bacalah hadits tentang menuntut ilmu dengan benar!





Karakter siswa yang diharapkan
Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )



2.2 Menyebutkan arti al-Hadits tentang menuntut ilmu.


2. Siswa memelajari arti al-Hadits tentang menuntut ilmu dan berusaha menghafalkan-nya.
1.    Mengartikan setiap kata yang ada dalam al-Hadits tentang menuntut ilmu dengan benar.

Kuis
Jawaban singkat
1. Sebutkan tiga kata pokok dalam hadits tentang menuntut ilmu dan terjemahnya!
2 x 40 menit
D,E,F,X

2.  Mengartikan keseluruhan al-Hadits tentang menuntut ilmu dengan benar.

Tes lisan
Jawaban singkat
1. Terjemahkan hadits tentang menuntut ilmu dengan lengkap ke dalam bahasa Indonesia!




Karakter siswa yang diharapkan
Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )



2.3 Menjelaskan makna menuntut ilmu seperti dalam al-Hadits.

3. Siswa membaca dan menelaah buku-buku hadits untuk mengetahui makna menuntut ilmu yang benar.
1.  Menjelaskan makna yang terkandung dalam al-Hadits tentang menuntut ilmu.
Tes tulis
Jawaban singkat
1. Jelaskan kandungan pokok yang terdapat dalam hadits tentang menuntut ilmu!
2 x 40 menit
D,E,F,X

2.  Menjelaskan arti menuntut ilmu seperti yang terkandung dalam al-Hadits.

Tes tulis
Tes uraian
1. Apa yang dimaksud menuntut ilmu sebagaimana terkandung dalam hadits Nabi Muhammad Saw.?



3.  Menjelaskan prinsip-prinsip menuntut ilmu seperti terdapat dalam al-Hadits.

Kuis
Jawaban singkat
1. Sebutkan prinsip-prinsip pokok yang terkandung dalam hadits tentang menuntut ilmu!



Karakter siswa yang diharapkan
Dapat dipercaya ( Trustworthines)Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence ) Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage )





SILABUS PEMBELAJARAN

Nama Sekolah     : ....................................
Kelas                     : IX
Mata Pelajaran  : PAI
Semester               : 1
Standar Kompetensi (Aqidah): 3. Meningkatkan keimanan kepada hari akhir.

Kompetensi Dasar

Materi Pokok/ Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
3.1 Menjelaskan pengertian beriman kepada hari akhir.




Iman kepada hari akhir
1. Siswa membaca dan menelaah berbagai literatur untuk dapat menjelaskan iman kepada hari akhir dengan benar.








1.    Menjelaskan pengertian hari akhir.

Tes lisan
Isian
1. Hari yang terjadi setelah hancurnya alam dunia ini disebut ...
2 x 40 menit
H,I,J,K,L,M,X

2.    Menjelaskan nama-nama hari akhir.

Tes tulis
Pilihan ganda
1. Berikut ini yang tidak termasuk nama-nama hari akhir adalah:
a. yaumul hisab
b. yaumul qiyamah
c. yaumul ba’ts
d. yaumul harb




3.    Menjelaskan berbagai peristiwa terkait dengan hari akhir.

Tes tulis
Uraian singkat
1. Jelaskan terjadinya peristiwa berkumpulnya manusia di Padang Mahsyar pada hari akhir nanti!



4.    Menjelaskan pengertian beriman kepada hari akhir

Tes tulis
Essay
1. Apa yang dimaksud dengan beriman kepada hari akhir!



5.  Menjelaskan hikmah beriman kepada hari akhir.

Penugasan
Pekerjaan rumah
1. Diskusikan di rumah bersama teman-temanmu tentang hikmah beriman kepada hari akhir lalu laporkan hasilnya secara tertulis!




Karakter siswa yang diharapkan
Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Kecintaan ( lovely )



3.2 Menyebutkan ayat al-Quran yang berkaitan dengan hari akhir.


2. Siswa mencari ayat-ayat al-Quran yang terkait dengan iman kepada hari akhir dan menyebutkan-nya.
1.    Menyebutkan ayat-ayat al-Quran yang menegaskan iman kepada hari akhir.

Penugasan
Proyek
1. Carilah ayat-ayat al-Quran yang terkait dengan iman kepada hari kiamat lalu tulislah dalam buku kerja kalian dan serahkan kepada guru kalian!

2 x 40 menit
H,I,J,K,L,M,X

2.    Menyebutkan ayat-ayat al-Quran yang menjelaskan tanda-tanda datangnya hari akhir.

Tes lisan
Praktik
1. Sebutkan satu ayat al-Quran yang menjelaskan tanda-tanda datangnya hari akhir!



3.  Menyebutkan ayat-ayat al-Quran yang menjelaskan berbagai peristiwa yang terjadi pada hari akhir.

Tes lisan
Praktik
1. Sebutkan satu ayat al-Quran yang menegaskan terjadinya perhitungan amal manusia di hari akhir nanti!



Karakter siswa yang diharapkan
Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Kecintaan ( lovely )



3.3 Menceritakan proses kejadian kiamat sughra dan kubra seperti terkandung dalam al-Quran dan al-Hadits.















3. Siswa membaca berbagai literatur yang menjelaskan kejadian kiamat sughra dan kubra.








1.    Menjelaskan pengertian kiamat sughra dan tanda-tandanya seperti terkandung dalam al-Quran dan al-Hadits.

Tes tulis
Jawaban singkat
1. Jelaskan perbedaan antara kiamat sughra dan kiamat kubra!
2 x 40 menit
H,I,J,K,L,M,X
2.    Menjelaskan pengertian kiamat kubra dan tanda-tandanya seperti terkandung dalam al-Quran dan al-Hadits.

Tes tulis
Essay
1. Bagaimana penjelasan al-Quran mengenai kiamat sughra dan kiamat kubra?



3.  Menjelaskan proses kejadian kiamat sughra dan kubra seperti terkandung dalam al-Quran dan al-Hadits.

Tes tulis
Essay
1. Bagaimana proses kejadian kiamat kubra sebagaimana dijelaskan dalam al-Quran?


Karakter siswa yang diharapkan
Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Kecintaan ( lovely )



Mengetahui,
Kepala SMP/Mts ……………


(__________________________)
NIP :

…….……..,……………………  20 …….
Guru Mapel Pendidikan Agama Islam


(_______________________)
NIP :

SILABUS PEMBELAJARAN

Nama Sekolah     : ....................................
Kelas                     : IX
Mata Pelajaran  : PAI
Semester               : 1
Standar Kompetensi (Akhlak): 4. Membiasakan perilaku terpuji.

Kompetensi Dasar

Materi Pokok/ Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
4.1 Menjelaskan pengertian qana'ah dan tasamuh.

Perilaku terpuji (qana'ah dan tasamuh)
1. Siswa membaca dan mengkaji literatur untuk menemukan konsep yang benar tentang qana'ah dan tasamuh.
1.    Menjelaskan pengertian qana'ah dan menyebutkan dalilnya.

Tes lisan
Jawaban singkat
1. Apa yang dimaksud dengan qana’ah!
2 x 40 menit
N,O,P,Q,X

2.  Menjelaskan pengertian tasamuh dan menyebutkan dalilnya.
Tes tulis
Essay
1. Apa yang dimaksud dengan tasamuh terkait dengan kehidupan umat beragama di Indonesia!



Karakter siswa yang diharapkan
Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Kecintaan ( lovely )



4.2 Menampilkan contoh perilaku qana'ah dan tasamuh.





2. Siswa mengidentifikasi berbagai aktivitas di masyarakat yang mencerminkan contoh perilaku qana'ah dan tasamuh.
1.    Menunjukkan contoh-contoh perilaku qana’ah dalam kehidupan sehari-hari.

Tes unjuk kerja
Tes identifikasi
1. Cobalah kalian identifikasi berbagai contoh aktivitas  sehari-hari yang menunjukkan perilaku qana’ah!
2 x 40 menit
N,O,P,Q,X

2.  Menunjukkan contoh-contoh perilaku tasamuh dalam kehidupan sehari-hari.
Tes unjuk kerja
Tes identifikasi
1. Berilah contoh perilaku tasamuh yang dapat kalian amati dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan kalian!



Karakter siswa yang diharapkan
Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Kecintaan ( lovely )



4.3 Membiasakan perilaku qana'ah dan tasamuh dalam kehidupan sehari-hari.










3. Siswa berusaha membiasakan perilaku qanaah dan tasamuh di sekolah bersama teman-temannya.





1.    Membiasakan perilaku qana'ah dan tasamuh dalam lingkungan keluarga.
Penugsan
Proyek
1. Ceritakan bagaimana kalian berusaha membiasakan perilaku tasamuh di tengah keluarga!
2 x 40 menit
N,O,P,Q,X
2.    Membiasakan perilaku qana'ah dan tasamuh dalam lingkungan sekolah.

Tes lisan
Jawaban singkat
1. Apa bentuk perilaku qana’ah yang sudah kalian terapkan di sekolah?



3.  Membiasakan perilaku qana'ah dan tasamuh dalam lingkungan masyarakat.
Tes tulis
Essay
1. Bagaimanakah kalian membiasakan sikap tasamuh di tengah masyarakat?



Karakter siswa yang diharapkan
Dapat dipercaya ( Trustworthines)Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence ) Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage )
Ketulusan ( Honesty ) Integritas ( integrity ) Peduli ( caring ) Jujur ( fairnes )
Kewarganegaraan ( citizenship )



SILABUS PEMBELAJARAN

Nama Sekolah     : ....................................
Kelas                     : IX
Mata Pelajaran  : PAI
Semester               : 1
Standar Kompetensi (Fiqih): 5. Memahami hukum Islam tentang penyembelihan hewan.

Kompetensi Dasar

Materi Pokok/ Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
 5.1 Menjelaskan tatacara penyembelihan hewan.

Penyembelihan hewan
1. Siswa mendengarkan uraian guru tentang tatacara penyembelihan hewan.
Menjelaskan pengertian penyembelihan hewan dan dasar hukumnya.
Tes tulis
Jawaban singkat
1. Apa dasar hukum dilakukannya penyembelihan hewan?
2 x 40 menit
R,S,X

Menjelaskan tatacara penyembelihan hewan yang baik dan benar.
Tes lisan
Jawaban singkat
1. Jelaskan secara singkat tentang tata cara penyembelihan hewan yang benar menurut hukum Islam!



Menunjukkan dalil naqli terkait dengan penyembelihan hewan.
Penugasan
Proyek
1. Carilah ayat-ayat al-Quran yang terkait dengan penyembelihan hewan lalu tuliskan dalam buku kerja kalian!



Karakter siswa yang diharapkan
Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Kecintaan ( lovely )
Kemanusiaan ( Humanity )



5.2 Menjelaskan ketentuan aqiqah dan qurban.




















2. Siswa membaca dan menelaah berbagai literatur tentang ketentuan aqiqah dan qurban.






Menjelaskan pengertian aqiqah dan qurban serta dasar hukumnya.
Tes lisan
Jawaban singkat
1. Apa yang dimaksud dengan qurban?
2 x 40 menit
R,S,X

Menjelaskan syarat-syarat aqiqah dan qurban.
Tes tulis
Jawaban singkat
1. Sebutkan syara-syarat hewan untuk aqiqah dan qurban!



Menjelaskan perbedaan antara aqiqah dan qurban.
Tes tulis
Essay
1. Jelaskan perbedaan antara aqiqah dan qurban!



Menyebutkan dalil naqli terkait dengan aqiqah dan qurban.
Penugasan
Pekerjaan rumah
1. Carilah ayat-ayat al-Quran terkait



Karakter siswa yang diharapkan
Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Kecintaan ( lovely )
Kemanusiaan ( Humanity )



 5.3 Memperagakan cara penyembelihan hewan aqiqah dan qurban.


3. Siswa mengamati aktivitas penyembelihan hewan di tempat (jagal) untuk mengetahui cara penyembelihan hewan yang benar dan mampu memperagakan-nya.

Menjelaskan tatacara penyembelihan hewan aqiqah dan qurban.
Tes lisan
Jawaban singkat
1. Jelaskan tatacara penyembelihan hewan aqiqah dan qurban!
2 x 40 menit
R,S,X

Memperagakan penyembelihan hewan aqiqah dan qurban di depan kelas.
Tes unjuk kerja
Uji petik kerja prosedur
1. Peragakan cara penyembelihan hewan qurban dan aqiqah di hadapan teman-teman kalian!


Karakter siswa yang diharapkan
Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Kecintaan ( lovely )
Kemanusiaan ( Humanity )





Mengetahui,
Kepala SMP/Mts ……………


(__________________________)
NIP :

…….……..,……………………  20 …….
Guru Mapel Pendidikan Agama Islam


(_______________________)
NIP :

SILABUS PEMBELAJARAN

Nama Sekolah     : ....................................
Kelas                     : IX
Mata Pelajaran  : PAI
Semester               : 1
Standar Kompetensi (Fiqih): 6. Memahami hukum Islam tentang haji dan umrah.

Kompetensi Dasar

Materi Pokok/ Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
6.1 Menyebutkan pengertian dan ketentuan haji dan umrah.



Haji dan umrah





1. Membaca dan menelaah literatur fikih untuk memahami ketentuan yang benar tentang haji dan umrah.


1.    Menjelaskan pengertian haji dan umrah serta dasar hukumnya.

Tes tulis
Jawaban singkat
1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan haji dan umrah!
2 x 40 menit
R,S,X

2.    Menjelaskan syarat-syarat haji dan umrah.

Tes tulis
Jawaban singkat
1. Sebutkan syarat-syarat haji dan umrah!



3.    Menjelaskan rukun dan wajib haji serta perbedaan antara keduanya.

Tes tulis
Essay
1. Jelaskan perbedaan antara



4.    Menjelaskan rukun umrah.

Tes lisan
Jawaban singkat
1. Jelaskan rukun-rukun umrah yang kalian ketahui!




5.  Menjelaskan sunnah haji dan umrah.

Tes tulis
Jawaban singkat
1. Sebutkan beberapa sunnah haji dan umrah!



6.  Menjelaskan larangan-larangan pada waktu melaksanakan ibadah haji dan umrah.

Tes tulis
Jawaban singkat
1. Sebutkan dua macam larangan yang dilkukan pada waktu melaksanakan ibadah haji!



7.  Menunjukkan dalil naqli terkait dengan ibadah haji dan umrah.

Penugasan
Pekerjaan rumah
1. Carilah dalil naqli baik dari ayat-ayat al-Quran maupun hadits terkait dengan ibadah haji dan umrah lalu tuliskan dalam buku kerja kalian!




8.  Menjelaskan hikmah dan fungsi ibadah haji dan umrah.




Tes unjuk kerja
Tes identifikasi
1. Cobalah kalian lakukan identifikasi tentang hikmah dan fungsi ibadah haji dan umrah terkait dengan perilaku kita sehari-hari!



Karakter siswa yang diharapkan
Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Kecintaan ( lovely )
Kemanusiaan ( Humanity )



6.2 Memperagakan pelaksanaan ibadah haji dan umrah.

2. Siswa melakukan praktek manasik haji di halaman sekolah.
1.    Menjelaskan bentuk-bentuk pelaksanaan ibadah haji dan umrah.

Tes tulis
Pilihan ganda
1. Pelaksanaan ibadah haji dengan mendahulukan umrah atas haji disebut...
    a. haji tamattu’
    b. haji qiran
    c. haji ifrad
    d. haji wada’

2 x 40 menit
R,S,X

2.    Menjelaskan tatacara pelaksanaan ibadah haji dan umrah.

Tes tulis
Jawaban singkat
1. Jelaskan dengan singkat urutan-urutan pelaksanaan ibadah haji dan umrah!



3.  Memperagakan pelaksanaan ibadah haji dan umrah dengan melakukan manasik haji di sekolah.

Tes unjuk kerja
Uji petik kerja
1. Peragakan pelaksanaan tawaf yang benar lengkap dengan bacaannya!



Karakter siswa yang diharapkan
Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Kecintaan ( lovely )
Kemanusiaan ( Humanity )







SILABUS PEMBELAJARAN

Nama Sekolah     : ....................................
Kelas                     : IX
Mata Pelajaran  : PAI
Semester               : 1
Standar Kompetensi (Tarikh dan Kebudayaan Islam): 7. Memahami perkembangan Islam di Nusantara.

Kompetensi Dasar

Materi Pokok/ Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
7.1 Menceritakan sejarah masuknya Islam di Nusantara melalui perdagangan, sosial, dan pengajaran.


Perkembangan Islam di Nusantara









1. Membaca dan menelaah berbagai literatur sejarah tentang masuknya Islam di Nusantara.






1.    Menceritakan sejarah masuknya Islam di Nusantara melalui perdagangan.

Tes lisan
Essay
1. Ceritakan dengan singkat sejarah masuknya Islam di Nusantara melalui perdagangan!
2 x 40 menit
U,V,X

2.    Menceritakan sejarah masuknya Islam di Nusantara melalui hubungan sosial.

Tes tulis
Essay
1. Jelaskan dengan singkat sejarah masuknya Islam di Nusantara melalui hubungan sosial!



3.  Menceritakan sejarah masuknya Islam di Nusantara melalui pendidikan dan pengajaran.
Tes tulis
Essay
1. Jelaskan dengan singkat sejarah masuknya Islam di Nusantara melalui pendidikan dan perdagangan!



Karakter siswa yang diharapkan
Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Kecintaan ( lovely )
Kebangsaan (cityzenship )



7.2 Menceritakan beberapa kerajaan Islam di Jawa, Sumatera, dan Sulawesi.


2. Siswa membaca dan mengkaji literatur sejarah sehingga dapat menceritakan beberapa kerajaan Islam di Jawa, Sumatera, dan Sulawesi.
1.    Menceritakan beberapa kerajaan Islam di Jawa.

Kuis
Isian
1. Dua di antara kerajaan Islam yang ada di Jawa pada masa lalu adalah ...  dan ...
4 x 40 menit
U,V,X

2.    Menceritakan beberapa kerajaan Islam di Sumatera.

Tes lisan
Essay
1. Jelaskan bagaimana akhir pemerintahan kerajaan Samudera Pasai di Sumatera!



3.    Menceritakan beberapa kerajaan Islam di Sulawesi.

Tes lisan
Jawaban singkat
1. Sebutkan beberapa kerajaan Islam yang pernah berkembang di Sulawesi!



4.  Menceritakan beberapa kerajaan Islam di luar Jawa, Sumatera, dan Sulawesi.


Tes lisan
Jawaban singkat
1. Sebutkan beberapa kerajaan Islam yang pernah berkembang di luar Jawa, Sumatera, dan Sulawesi!



Karakter siswa yang diharapkan
Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Kecintaan ( lovely )
Kebangsaan (cityzenship )





Mengetahui,
Kepala SMP/Mts ……………


(__________________________)
NIP :

…….……..,……………………  20 …….
Guru Mapel Pendidikan Agama Islam


(_______________________)
NIP :

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar