Rabu, 11 Juli 2012


SILABUS PEMBELAJARAN

Nama Sekolah     : .....................................
Kelas                     : IX
Mata Pelajaran  : PAI
Semester               : 2
Standar Kompetensi (Al-Quran dan Al-Hadits): 8. Memahami al Qur’an surat al-Insyirah.

Kompetensi Dasar

Materi Pokok/ Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
8.1 Menampilkan bacaan QS. al-Insyirah dengan tartil dan benar.

Al-Qur’an Surat al-Insyirah







1. Siswa membaca al-Quran surat al-Insyirah dengan tartil dan benar di bawah bimbingan gurunya.


1.    Membaca potongan-potongan ayat dalam QS. al-Insyirah dengan benar.

Tes lisan
Praktik
1. Bacalah potongan-potongan ayat di bawah ini dengan tartil dan benar:
وَوَضَعْنَا عَنْكَ وِزْرَكَ .
الَّذِيۤ أَنْقَضَ ظَهْرَكَ.
فَإِذَا فَرَغْتَ فَانْصَبْ.
2 x 40 menit
A,B,X
2.  Membaca keseluruhan ayat dalam QS. al-Insyirah dengan tartil dan benar.
Tes lisan
Praktik
1. Bacalah keseluruhan ayat dalam QS. at-Tin dengan tartil dan benar lalu cobalah untuk menghafalnya!


Karakter siswa yang diharapkan
Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )


8.2 Menyebutkan arti QS. al-Insyirah.


2. Siswa memelajari arti QS. al-Insyirah dan berusaha menghafalkannya sedikit demi sedikit.
1.    Mengartikan masing-masing kata dalam QS. al-Insyirah dengan benar.

Tes tulis
Pilihan ganda
1. Arti yang tepat untuk kata أَنْقَضَ ظَهْرَكَ dalam QS. al-Insyirah adalah:
    a. yang telah melapangkan dadamu
    b. yang telah menghilangkan bebanmu
    c. yang telah meragukan hatimu
    d. yang telah memberatkan punggungmu.
2 x 40 menit
A,B,X

2.    Mengartikan masing-masing ayat dalam QS. al-Insyirah dengan benar.

Tes tulis
Jawaban singkat
1. Ayat yang tepat dari arti “Dan Kami telah menghilangkan daripadamu bebanmu” adalah ...


3.  Mengartikan keseluruhan ayat dalam QS. al-Insyirah dengan benar.
Tes lisan
Praktik
1. Lafalkan QS. al-Insyirah ayat demi demi ayat lengkap dengan terjemahnya!


Karakter siswa yang diharapkan
Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )


8.3 Mempraktikkan perilaku dalam bekerja dan selalu berserah diri kepada Allah seperti dalam QS. al-Insyirah.























3. Siswa diajak untuk selalu bekerja keras dalam berbagai hal termasuk dalam belajar.











1.  Menjelaskan makna yang terkandung dalam QS. al-Insyirah.
Tes tulis
Uraian singkat
1. Jelaskan makna yang terkandung dalam ayat 7 dari QS. al-Insyirah (فَإِذَا فَرَغْتَ فَانْصَبْ)!
2 x 40 menit
A,B,X

2. Menjelaskan makna bekerja keras dan berserah diri kepada Allah seperti terkandung dalam QS. al-Insyirah.
Tes tulis
Essay
1. Apa yang dimaksud dengan berserah diri seperti tersebut dalam QS. al-Insyirah ayat 8?



3. Menunjukkan contoh-contoh perilaku dalam bekerja keras dan selalu berserah diri kepada Allah seperti terkandung dalam QS. al-Insyirah.

Penugasan
Pekerjaan rumah
1. Buatlah laporan tentang contoh-contoh perilaku bekerja keras dari survey yang kalian lakukan di lingkungan tempat tinggal kalian!



4.  Mempraktikkan perilaku dalam bekerja keras dan selalu berserah diri kepada Allah seperti dalam QS. al-Insyirah dalam kehidupan sehari-hari.
Tes unjuk kerja
Uji petik kerja
1. Tunjukkan perilaku kalian di kelas dalam belajar yang mencerminkan perilaku bekerja keras!



Karakter siswa yang diharapkan
Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )







SILABUS PEMBELAJARAN

Nama Sekolah     : .....................................
Kelas                     : IX
Mata Pelajaran  : PAI
Semester               : 2
Standar Kompetensi (Al-Quran dan Al-Hadits): 9. Memahami ajaran al-Hadits tentang kebersihan.

Kompetensi Dasar

Materi Pokok/ Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
9.1 Membaca al-Hadits tentang kebersihan.

Hadits tentang kebersihan
1. Siswa membaca al-Hadits tentang kebersihan dengan benar di mulai dari kata per kata sehingga dapat membaca secara keseluruhan.
Membaca setiap kata yang ada dalam al-Hadits tentang kebersihan dengan benar.
Tes lisan
Praktik
1. Bacalah potongan-potongan hadits ini dengan benar:
الطُّهُورُ شَطْرُ الْإِيْمَانِ
وَالْحَمْدُ لِلَّهِ تَمْلَأُ الْمِيْزَانَ
2 x 40 menit
D,E,F,X
2.  Membaca keseluruhan al-Hadits tentang kebersihan dengan benar.

Tes lisan
Praktik
1. Bacalah bagian dari hadits tentang kebersihan di bawah ini:
الطُّهُورُ شَطْرُ الْإِيْمَانِ= وَالْحَمْدُ لِلَّهِ تَمْلَأُ الْمِيْزَانَ= وَسُبْحَانَ اللَّهِ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ تَمْلَآَنِ أَوْ تَمْلَأُ مَا بَيْنَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ


Karakter siswa yang diharapkan
Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )


9.2 Menyebutkan arti al-Hadits tentang kebersihan.

2. Memelajari arti al-Hadits tentang kebersihan dan berusaha menghafalkan-nya.
Mengartikan setiap kata yang ada dalam al-Hadits tentang kebersihan dengan benar.
Kuis
Jawaban singkat
1. Terjemah dari kata شَطْرُ الْإِيْمَانِ adalah ...
2 x 40 menit
D,E,F,X

2.  Mengartikan keseluruhan al-Hadits tentang kebersihan dengan benar.

Tes tulis
Pilihan ganda
1. Arti yang tepat dari potongan hadits وَالصَّبْرُ ضِيَاءٌ adalah:
    a. kesabaran itu ada batasnya
    b. kesabaran itu bersinar
    c. kekayaan itu bermanfaat
    d. kebersihan itu adalah iman



Karakter siswa yang diharapkan
Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )



9.3 Menampilkan perilaku bersih seperti dalam al-Hadits.


















3. Siswa diajak dan dihimbau untuk selalu berpenampilan bersih dan menjaga kebersihan dalam kehidupan sehari-hari.




1.  Menjelaskan makna kebersihan seperti terkandung dalam al-Hadits.
Tes tulis
Jawaban singkat
1. Apa makna kebersihan sebagaimana tercermin dalam hadits Nabi?
2 x 40 menit
D,E,F,X

2.  Menampilkan perilaku bersih seperti dalam al-Hadits dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan keluarga.

Penugasan
Pekerjaan rumah
1. Cobalah kalian mengidentifikasi aktivitas kalian di rumah yang terkait dengan perilaku bersih, lalu buatkan laporannya!



3.  Menampilkan perilaku bersih seperti dalam al-Hadits dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan sekolah.
Tes unjuk kerja
Praktik
1. Tunjukkan perilaku bersih di kelas di saat proses pembelajaran mata pelajaran PAI!



Karakter siswa yang diharapkan
Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )




SILABUS PEMBELAJARAN

Nama Sekolah     : .....................................
Kelas                     : IX
Mata Pelajaran  : PAI
Semester               : 2
Standar Kompetensi (Aqidah): 10. Meningkatkan keimanan kepada qadha dan qadar.

Kompetensi Dasar

Materi Pokok/ Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
10.1 Menyebutkan ciri-ciri beriman kepada qadha dan qadar.
Iman kepada Qadha dan Qadar
1. Menelaah berbagai literatur untuk menemukan ciri-ciri beriman kepada qadha dan qadar.
Menjelaskan pengertian beriman kepada qadha dan qadar Allah.
Tes lisan
Jawaban singkat
1. Apa yang dimaksud dengan beriman kepada qadha dan qadar!
2 x 40 menit
H,I,J,K,L,M,X

Menyebutkan ciri-ciri seseorang telah beriman kepada qadha dan qadar Allah.
Tes tulis
Uraian
1. Sebutkan beberapa ciri bahwa seseorang telah beriman kepada qadha dan qadar!



3.  Menyebutkan perilaku yang menunjukkan beriman kepada qadha dan qadar Allah.
Penugasan
Identifikasi
1. Cobalah kalian mengidentifikasi beberapa perilaku yang menunjukkan beriman kepada qadha dan qadar berdasarkan pengamatan kalian di tengah-tengah masyarakat!



Karakter siswa yang diharapkan
Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Kecintaan ( lovely )



10.2 Menjelaskan hubungan antara qadha dan qadar.














2. Siswa berdiskusi untuk menemukan hubungan antara qadha dan qadar.




Menjelaskan pengertian qadha dan qadar Allah.
Kuis
Jawaban singkat
1. Apa makna kata qadha dan qadar dari segi bahasa!
2 x 40 menit
H,I,J,K,L,M,X

Menjelaskan perbedaan antara qadha dan qadar Allah.
Tes tulis
Jawaban singkat
1. Apa perbedaan pokok antara qadha dan qadar menurut pendapat para ulama!



1.    Menjelaskan hubungan antara qadha dan qadar Allah.

Tes tulis
Uraian
1. Buatlah laporan tentang suatu aktivitas (misalnya aktivitas kalian di sekolah) yang menunjukkan hubungan antara qadha dan qadar!



Karakter siswa yang diharapkan
Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )



10.3 Menyebutkan contoh-contoh qadha dan qadar dalam kehidupan sehari-hari.


3. Mengamati berbagai fenomena di masyarakat untuk mengidentifikasi perilaku seseorang yang beriman kepada qadha dan qadar.
1.  Menyebutkan contoh-contoh qadha dan qadar Allah seperti disebutkan dalam al-Quran.
Tes tulis
Isian
1. Di antara dua contoh dari qadha dan qadar Allah adalah ... dan ...
2 x 40 menit
H,I,J,K,L,M,X

2.  Menyebutkan contoh-contoh qadha dan qadar dalam kehidupan sehari-hari yang pernah kita alami.
Tes tulis
Identifikasi
1. Cobalah kalian mengidentifikasi beberapa contoh qadha dan qadar Allah terkait dengan perbuatan kalian sehari-hari!



3.  Menyebutkan contoh-contoh qadha dan qadar dalam kehidupan sehari-hari yang belum pernah kita alami.
Tes tulis
Identifikasi
1. Identifikasi juga beberapa contoh qadha dan qadar Allah yang belum kalian alami dalam perbuatan kalian sehari-hari!



Karakter siswa yang diharapkan
Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )



10.4 Menyebutkan ayat-ayat al-Quran yang berkaitan dengan qadha dan qadar.


4. Mencari ayat-ayat al-Quran terkait dengan iman kepada qadha dan qadar dan menyebutkan-nya.
1.    Menunjukkan beberapa ayat al-Quran yang berkaitan dengan qadha dan qadar.

Penugasan
Pekerjaan rumah
1. Carilah ayat-ayat al-Quran yang terkait dengan iman kepada qadha dan qadar, lalu tulislah dalam buku kerja kalian dan serahkan kepada guru kalian!
2 x 40 menit
A,H,I,J,K,L,M,X

2.    Mengartikan ayat-ayat al-Quran yang berkaitan dengan qadha dan qadar.

Tes lisan
Unjuk kerja
1. Tunjukkan satu ayat terkait dengan qadha dan qadar lalu terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia!



3.  Menyimpulkan isi kandungan ayat-ayat al-Quran yang berkaitan dengan qadha dan qadar.

Tes tulis
Uraian
1. Sebutkan dan jelaskan satu kandungan pokok dari ayat-ayat al-Quran yang terkait dengan qadha dan qadar!



Karakter siswa yang diharapkan
Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )





SILABUS PEMBELAJARAN

Nama Sekolah     : .....................................
Kelas                     : IX
Mata Pelajaran  : PAI
Semester               : 2
Standar Kompetensi (Akhlak): 11. Menghindari perilaku tercela.

Kompetensi Dasar

Materi Pokok/ Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
11.1 Menyebutkan pengertian  takabur.

Perilaku tercela (takabur)
1.   Membaca dan menelaah literatur untuk menemukan konsep yang benar tentang takabur.

1.  Menjelaskan pengertian takabur.
Kuis
Jawaban singkat
1. Apa makna kata takabur dari segi bahasa!
2 x 40 menit
N,O,P,Q,X

2.  Menyebutkan dalil naqli terkait dengan takabur.
Tes lisan
Jawaban singkat
1. Tunjukkan salah satu dalil naqli terkait dengan takabur!



Karakter siswa yang diharapkan
Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )



11.2 Menyebutkan contoh-contoh perilaku takabur. 


2. Siswa mengamati fenomena di masyarakat untuk dapat menyebutkan contoh-contoh perilaku takabur.

1.    Menyebutkan contoh-contoh perilaku takabur terhadap Allah Swt.

Tes tulis
Identifikasi
1. Cobalah kalian mengidentifikasi contoh-contoh perilaku manusia yang menunjukkan takabur kepada Allah!
2 x 40 menit
N,O,P,Q,X

2.  Menyebutkan contoh-contoh perilaku takabur terhadap sesama manusia.

Tes tulis
Identifikasi
1. Cobalah kalian mengidentifikasi contoh-contoh perilaku manusia yang menunjukkan takabur kepada sesamanya!



Karakter siswa yang diharapkan
Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )



11.3 Menghindari perilaku takabur dalam kehidupan sehari-hari.


3. Siswa diajak untuk menghindari perilaku takabur di mana pun dan terhadap siapa pun.
1.    Menghindari perilaku takabur di tengah-tengah keluarga.

Tes tulis
Urian
1. Sebutkan dan jelaskan beberapa cara yang dapat kalian lakukan untuk menghindari takabur di tengah-tengah keluarga!
2 x 40 menit
N,O,P,Q,X

2.    Menghindari perilaku takabur di lingkungan sekolah.

Tes tulis
Urian
1. Sebutkan dan jelaskan beberapa cara yang dapat kalian lakukan untuk menghindari takabur di sekolah!



3.  Menghindari perilaku takabur di tengah-tengah masyarakat.

Tes tulis
Urian
1. Sebutkan dan jelaskan beberapa cara yang dapat kalian lakukan untuk menghindari takabur di tengah-tengah masyarakat!



Karakter siswa yang diharapkan
Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )




SILABUS PEMBELAJARAN

Nama Sekolah     : .....................................
Kelas                     : IX
Mata Pelajaran  : PAI
Semester               : 2
Standar Kompetensi (Fiqih): 12. Memahami tatacara berbagai shalat sunnah.

Kompetensi Dasar

Materi Pokok/ Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
12.1 Menyebutkan pengertian dan ketentuan  shalat sunnah berjama’ah dan munfarid.


Shalat sunnah berjama’ah dan munfarid





1. Siswa membaca dan menelaah literatur untuk menemukan ketentuan yang jelas tentang shalat sunnah berjama’ah dan munfarid.


Menjelaskan pengertian shalat sunnah berjama’ah.
Tes lisan
Jawaban singkat
1. Apa yang dimaksud dengan shalat sunnah berjama’ah?
2 x 40 menit
R,S,X

Menjelaskan pengertian shalat sunnah munfarid.
Tes lisan
Jawaban singkat
1. Apa yang dimaksud dengan shalat sunnah munfarid?



3.  Menyebutkan dalil naqli terkait dengan shalat sunnah berjama’ah dan munfarid.
Penugasan
pekerjaan rumah
1. Kumpulkan beberapa dalil naqli terkait dengan shalat sunnah berjama’ah dan munfarid lalu tunjukkan di depan kelas!



Karakter siswa yang diharapkan
Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )



12.2 Menyebutkan contoh shalat sunnah berjama’ah dan munfarid.


2. Siswa mengidentifikasi berbagai shalat sunnah berjama’ah dan munfarid yang pernah dilakukan
1.    Menyebutkan contoh-contoh shalat sunnah berjama’ah.

Tes tulis
Isian
Di antara tiga contoh shalat sunnah berjama’ah adalah ..., ..., dan ...
2 x 40 menit
R,S,X
2.  Menyebutkan contoh-contoh shalat sunnah munfarid.
Kuis
Isian
1. Satu contoh shalat sunnah munfarid adalah ...



Karakter siswa yang diharapkan
Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )



12.3 Mempraktikkan shalat sunnah berjama’ah dan munfarid dalam kehidupan sehari-hari.


3. Siswa mempraktikkan shalat sunnah berjama’ah dan munfarid di sekolah dan diajak untuk melakukannya dalam kehidupan sehari-hari.

1.  Menjelaskan tatacara shalat sunnah berjama’ah dan munfarid.

Tes lisan
Jawaban singkat
1. Jelaskan secara singkat tatacara shalat sunnah berjama’ah dan munfarid!
2 x 40 menit
R,S,X

2.  Mempraktikkan shalat sunnah berjama’ah dan munfarid di sekolah.

Tes unjuk kerja
Uji petik kerja
1. Tunjukkan dan praktikkan salah satu shalat sunnah munfarid yang sering kalian lakukan!



Karakter siswa yang diharapkan
Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )







SILABUS PEMBELAJARAN

Nama Sekolah     : .....................................
Kelas                     : IX
Mata Pelajaran  : PAI
Semester               : 2
Standar Kompetensi (Tarikh dan Kebudayaan Islam): 13. Memahami sejarah tradisi Islam Nusantara.

Kompetensi Dasar

Materi Pokok/ Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
13.1 Menceritakan seni budaya lokal sebagai bagian dari tradisi Islam.





Sejarah tradisi Islam Nusantara






1. Siswa membaca dan menelaah berbagai literatur tentang seni budaya lokal di Indonesia.



Menjelaskan pengertian tentang seni budaya lokal.
Tes tulis
Jawaban singkat
1. Apa yang kalian ketahui tentang seni budaya lokal!
2 x 40 menit
U,V,X

1.    Menjelaskan pengertian tentang tradisi Islam.

Tes tulis
Jawaban singkat
1. Tunjukkan beberapa seni budaya yang berkembang sekarang yang merupakan warisan tradisi Islam!



2.    Menceritakan seni budaya lokal yang bernuansa Islami.

Tes tulis
Jawaban singkat
1. Jelaskan salah satu jenis seni budaya lokal yang bernuansa Islami di daerah kalian!



Karakter siswa yang diharapkan
Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )



13.2 Memberikan apresiasi terhadap tradisi dan upacara adat kesukuan Nusantara.


2. Siswa mengidentifikasi keistimewaan berbagai budaya lokal di Indonesia sehingga dapat menentukan sikap terhadapnya.
1.  Memelajari tradisi dan upacara adat kesukuan Nusantara.

Observasi
Instrumen observasi
1. Lakukan pengamatan terhadap salah satu upacara adat di lingkungan kalian lalu buatlah laporannya dengan mengaitkan dengan pandangan Islam!
2 x 40 menit
U,V,X

2.  Memberikan apresiasi terhadap tradisi dan upacara adat kesukuan Nusantara yang bernuansa Islami.

Tes unjuk kerja
Proyek
1. Buatlah satu kelompok (group) seni untuk mengembangkan salah satu seni budaya lokal yang Islami dengan misi dakwah Islam!



Karakter siswa yang diharapkan
Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Kebangsaan (cityzenship )






Mengetahui,
Kepala SMP/Mts ……………


(__________________________)
NIP :

…….……..,……………………  20 …….
Guru Mapel Pendidikan Agama Islam


(_______________________)
NIP :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar