SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah :
.....................................
Kelas : IX
Mata Pelajaran : PAI
Semester : 2
Standar Kompetensi (Al-Quran dan Al-Hadits): 8. Memahami al Qur’an surat al-Insyirah.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok/ Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
|||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
|||||||
8.1
Menampilkan bacaan QS. al-Insyirah dengan tartil dan benar.
|
Al-Qur’an Surat al-Insyirah
|
1. Siswa membaca al-Quran
|
1. Membaca
potongan-potongan ayat dalam QS. al-Insyirah dengan benar.
|
Tes lisan
|
Praktik
|
1. Bacalah potongan-potongan ayat di bawah ini
dengan tartil dan benar:
وَوَضَعْنَا عَنْكَ وِزْرَكَ .
الَّذِيۤ أَنْقَضَ ظَهْرَكَ.
فَإِذَا فَرَغْتَ فَانْصَبْ.
|
2 x 40 menit
|
A,B,X
|
|
2. Membaca keseluruhan ayat dalam QS. al-Insyirah dengan tartil dan benar.
|
Tes lisan
|
Praktik
|
1. Bacalah keseluruhan
ayat dalam QS. at-Tin dengan tartil dan benar lalu cobalah untuk
menghafalnya!
|
|
|
||||
Karakter siswa yang diharapkan
|
Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility )
|
|
|
||||||
8.2
Menyebutkan arti QS. al-Insyirah.
|
|
2. Siswa memelajari arti
QS. al-Insyirah dan berusaha menghafalkannya
sedikit demi sedikit.
|
1. Mengartikan
masing-masing kata dalam QS. al-Insyirah dengan benar.
|
Tes tulis
|
Pilihan ganda
|
1. Arti yang tepat untuk kata أَنْقَضَ ظَهْرَكَ
dalam QS. al-Insyirah adalah:
a. yang telah melapangkan dadamu
b. yang telah menghilangkan bebanmu
c. yang telah meragukan hatimu
d. yang telah memberatkan punggungmu.
|
2 x 40 menit
|
A,B,X
|
|
2. Mengartikan masing-masing ayat dalam QS. al-Insyirah dengan benar.
|
Tes tulis
|
Jawaban singkat
|
1. Ayat yang tepat dari arti “Dan Kami telah
menghilangkan daripadamu bebanmu” adalah ...
|
|
|
||||
3. Mengartikan keseluruhan ayat dalam QS. al-Insyirah dengan benar.
|
Tes lisan
|
Praktik
|
1. Lafalkan QS. al-Insyirah ayat demi demi ayat lengkap
dengan terjemahnya!
|
|
|
||||
Karakter siswa yang diharapkan
|
Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility )
|
|
|
||||||
8.3
Mempraktikkan perilaku dalam bekerja dan selalu berserah diri kepada Allah
seperti dalam QS. al-Insyirah.
|
|
3. Siswa diajak untuk selalu bekerja keras dalam
berbagai hal termasuk dalam belajar.
|
1. Menjelaskan makna yang
terkandung dalam QS. al-Insyirah.
|
Tes tulis
|
Uraian singkat
|
1. Jelaskan makna yang terkandung dalam ayat 7 dari QS. al-Insyirah (فَإِذَا فَرَغْتَ
فَانْصَبْ)!
|
2 x 40 menit
|
A,B,X
|
|
2. Menjelaskan makna bekerja
keras dan berserah diri kepada Allah seperti terkandung dalam QS.
al-Insyirah.
|
Tes tulis
|
Essay
|
1. Apa yang dimaksud dengan berserah diri seperti
tersebut dalam QS. al-Insyirah ayat 8?
|
|
|
||||
3.
Menunjukkan contoh-contoh perilaku dalam bekerja
keras dan selalu berserah diri kepada Allah seperti terkandung dalam QS.
al-Insyirah.
|
Penugasan
|
Pekerjaan rumah
|
1. Buatlah laporan tentang contoh-contoh perilaku
bekerja keras dari survey yang kalian lakukan di lingkungan tempat tinggal
kalian!
|
|
|
||||
4. Mempraktikkan perilaku dalam bekerja keras
dan selalu berserah diri kepada Allah seperti dalam QS. al-Insyirah dalam
kehidupan sehari-hari.
|
Tes unjuk kerja
|
Uji petik kerja
|
1. Tunjukkan perilaku kalian di kelas dalam belajar
yang mencerminkan perilaku bekerja keras!
|
|
|
||||
Karakter siswa yang diharapkan
|
Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility )
|
|
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah :
.....................................
Kelas : IX
Mata Pelajaran : PAI
Semester : 2
Standar Kompetensi (Al-Quran dan Al-Hadits): 9. Memahami ajaran al-Hadits tentang kebersihan.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok/ Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
|||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
|||||||
9.1 Membaca
al-Hadits tentang kebersihan.
|
Hadits tentang kebersihan
|
1. Siswa membaca al-Hadits tentang kebersihan dengan
benar di mulai dari kata per kata sehingga dapat membaca secara keseluruhan.
|
Membaca setiap kata yang ada dalam al-Hadits
tentang kebersihan dengan benar.
|
Tes lisan
|
Praktik
|
1. Bacalah potongan-potongan hadits ini dengan
benar:
الطُّهُورُ شَطْرُ الْإِيْمَانِ
وَالْحَمْدُ لِلَّهِ تَمْلَأُ الْمِيْزَانَ
|
2 x 40 menit
|
D,E,F,X
|
|
2. Membaca keseluruhan al-Hadits tentang kebersihan dengan benar.
|
Tes lisan
|
Praktik
|
1. Bacalah bagian dari hadits tentang kebersihan di
bawah ini:
الطُّهُورُ شَطْرُ الْإِيْمَانِ= وَالْحَمْدُ لِلَّهِ تَمْلَأُ الْمِيْزَانَ= وَسُبْحَانَ اللَّهِ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ تَمْلَآَنِ
أَوْ تَمْلَأُ مَا بَيْنَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ
|
|
|
||||
Karakter siswa yang diharapkan
|
Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility )
|
|
|
||||||
9.2
Menyebutkan arti al-Hadits tentang kebersihan.
|
|
2. Memelajari arti
al-Hadits tentang kebersihan dan berusaha menghafalkan-nya.
|
Mengartikan setiap kata yang ada dalam al-Hadits tentang kebersihan dengan benar.
|
Kuis
|
Jawaban singkat
|
1. Terjemah dari kata شَطْرُ الْإِيْمَانِ adalah ...
|
2 x 40 menit
|
D,E,F,X
|
|
2. Mengartikan keseluruhan al-Hadits tentang kebersihan dengan benar.
|
Tes tulis
|
Pilihan ganda
|
1. Arti yang tepat dari potongan hadits وَالصَّبْرُ ضِيَاءٌ adalah:
a.
kesabaran itu ada batasnya
b.
kesabaran itu bersinar
c.
kekayaan itu bermanfaat
d.
kebersihan itu adalah iman
|
|
|
||||
Karakter siswa yang diharapkan
|
Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility )
|
|
|
||||||
9.3
Menampilkan perilaku bersih seperti dalam al-Hadits.
|
|
3. Siswa diajak dan dihimbau untuk selalu
berpenampilan bersih dan menjaga kebersihan dalam kehidupan sehari-hari.
|
1. Menjelaskan makna kebersihan
seperti terkandung dalam al-Hadits.
|
Tes tulis
|
Jawaban singkat
|
1. Apa makna kebersihan sebagaimana tercermin dalam
hadits Nabi?
|
2 x 40 menit
|
D,E,F,X
|
|
2.
Menampilkan perilaku bersih seperti dalam
al-Hadits dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan keluarga.
|
Penugasan
|
Pekerjaan rumah
|
1. Cobalah kalian mengidentifikasi aktivitas kalian
di rumah yang terkait dengan perilaku bersih, lalu buatkan laporannya!
|
|
|
||||
3. Menampilkan perilaku bersih seperti dalam
al-Hadits dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan sekolah.
|
Tes unjuk kerja
|
Praktik
|
1. Tunjukkan perilaku bersih di kelas di saat proses
pembelajaran mata pelajaran PAI!
|
|
|
||||
Karakter siswa yang diharapkan
|
Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility )
|
|
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah :
.....................................
Kelas : IX
Mata Pelajaran : PAI
Semester : 2
Standar Kompetensi (Aqidah): 10. Meningkatkan keimanan kepada qadha dan qadar.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok/ Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
|||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
|||||||
10.1
Menyebutkan ciri-ciri beriman kepada qadha dan qadar.
|
Iman kepada Qadha dan Qadar
|
1. Menelaah berbagai literatur untuk menemukan
ciri-ciri beriman kepada qadha dan qadar.
|
Menjelaskan pengertian beriman kepada
qadha dan qadar Allah.
|
Tes lisan
|
Jawaban singkat
|
1. Apa yang dimaksud dengan beriman kepada qadha dan
qadar!
|
2 x 40 menit
|
H,I,J,K,L,M,X
|
|
Menyebutkan ciri-ciri seseorang telah beriman kepada qadha dan qadar Allah.
|
Tes tulis
|
Uraian
|
1. Sebutkan beberapa ciri bahwa seseorang telah
beriman kepada qadha dan qadar!
|
|
|
||||
3.
Menyebutkan perilaku yang menunjukkan beriman kepada qadha dan qadar Allah.
|
Penugasan
|
Identifikasi
|
1. Cobalah kalian mengidentifikasi beberapa perilaku
yang menunjukkan beriman kepada qadha dan qadar berdasarkan pengamatan kalian
di tengah-tengah masyarakat!
|
|
|
||||
Karakter siswa yang diharapkan
|
Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility )
Kecintaan ( lovely )
|
|
|
||||||
10.2
Menjelaskan hubungan antara qadha dan qadar.
|
|
2. Siswa berdiskusi untuk menemukan hubungan antara
qadha dan qadar.
|
Menjelaskan pengertian qadha dan qadar
Allah.
|
Kuis
|
Jawaban singkat
|
1. Apa makna kata qadha dan qadar dari segi bahasa!
|
2 x 40 menit
|
H,I,J,K,L,M,X
|
|
Menjelaskan perbedaan antara qadha dan qadar
Allah.
|
Tes tulis
|
Jawaban singkat
|
1. Apa perbedaan pokok antara qadha dan qadar
menurut pendapat para ulama!
|
|
|
||||
1. Menjelaskan
hubungan antara qadha dan qadar Allah.
|
Tes tulis
|
Uraian
|
1. Buatlah laporan tentang suatu aktivitas (misalnya
aktivitas kalian di sekolah) yang menunjukkan hubungan antara qadha dan
qadar!
|
|
|
||||
Karakter siswa yang diharapkan
|
Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility )
|
|
|
||||||
10.3
Menyebutkan contoh-contoh qadha dan qadar dalam kehidupan sehari-hari.
|
|
3. Mengamati berbagai fenomena di masyarakat untuk
mengidentifikasi perilaku seseorang yang beriman kepada qadha dan qadar.
|
1. Menyebutkan contoh-contoh qadha dan qadar
Allah seperti disebutkan dalam al-Quran.
|
Tes tulis
|
Isian
|
1. Di antara dua contoh dari qadha dan qadar Allah
adalah ... dan ...
|
2 x 40 menit
|
H,I,J,K,L,M,X
|
|
2. Menyebutkan contoh-contoh qadha dan qadar
dalam kehidupan sehari-hari yang pernah kita alami.
|
Tes tulis
|
Identifikasi
|
1. Cobalah kalian mengidentifikasi beberapa contoh
qadha dan qadar Allah terkait dengan perbuatan kalian sehari-hari!
|
|
|
||||
3. Menyebutkan contoh-contoh qadha dan qadar
dalam kehidupan sehari-hari yang belum pernah kita alami.
|
Tes tulis
|
Identifikasi
|
1. Identifikasi juga beberapa contoh qadha dan qadar
Allah yang belum kalian alami dalam perbuatan kalian sehari-hari!
|
|
|
||||
Karakter siswa yang diharapkan
|
Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility )
|
|
|
||||||
10.4
Menyebutkan ayat-ayat al-Quran yang berkaitan dengan qadha dan qadar.
|
|
4. Mencari ayat-ayat
al-Quran terkait dengan iman kepada qadha dan qadar dan menyebutkan-nya.
|
1. Menunjukkan
beberapa ayat al-Quran yang berkaitan dengan
qadha dan qadar.
|
Penugasan
|
Pekerjaan rumah
|
1. Carilah ayat-ayat al-Quran yang terkait dengan
iman kepada qadha dan qadar, lalu tulislah dalam buku kerja kalian dan
serahkan kepada guru kalian!
|
2 x 40 menit
|
A,H,I,J,K,L,M,X
|
|
2. Mengartikan ayat-ayat
al-Quran yang berkaitan dengan qadha dan qadar.
|
Tes lisan
|
Unjuk kerja
|
1. Tunjukkan satu ayat terkait dengan qadha dan
qadar lalu terjemahkan ke dalam bahasa
|
|
|
||||
3.
Menyimpulkan isi kandungan ayat-ayat al-Quran yang berkaitan dengan qadha dan qadar.
|
Tes tulis
|
Uraian
|
1. Sebutkan dan jelaskan satu kandungan pokok dari
ayat-ayat al-Quran yang terkait dengan qadha dan qadar!
|
|
|
||||
Karakter siswa yang diharapkan
|
Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility )
|
|
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah :
.....................................
Kelas : IX
Mata Pelajaran : PAI
Semester : 2
Standar Kompetensi (Akhlak): 11. Menghindari perilaku tercela.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok/ Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
|||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
|||||||
11.1
Menyebutkan pengertian takabur.
|
Perilaku tercela (takabur)
|
1. Membaca
dan menelaah literatur untuk menemukan konsep yang benar tentang takabur.
|
1.
Menjelaskan pengertian takabur.
|
Kuis
|
Jawaban singkat
|
1. Apa makna kata takabur dari segi bahasa!
|
2 x 40 menit
|
N,O,P,Q,X
|
|
2.
Menyebutkan dalil naqli terkait dengan takabur.
|
Tes lisan
|
Jawaban singkat
|
1. Tunjukkan salah satu dalil naqli terkait dengan
takabur!
|
|
|
||||
Karakter siswa yang diharapkan
|
Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility )
|
|
|
||||||
11.2
Menyebutkan contoh-contoh perilaku takabur.
|
|
2. Siswa mengamati
fenomena di masyarakat untuk dapat menyebutkan contoh-contoh perilaku
takabur.
|
1. Menyebutkan
contoh-contoh perilaku takabur terhadap Allah Swt.
|
Tes tulis
|
Identifikasi
|
1. Cobalah kalian mengidentifikasi contoh-contoh
perilaku manusia yang menunjukkan takabur kepada Allah!
|
2 x 40 menit
|
N,O,P,Q,X
|
|
2.
Menyebutkan contoh-contoh perilaku takabur terhadap sesama manusia.
|
Tes tulis
|
Identifikasi
|
1. Cobalah kalian mengidentifikasi contoh-contoh
perilaku manusia yang menunjukkan takabur kepada sesamanya!
|
|
|
||||
Karakter siswa yang diharapkan
|
Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility )
|
|
|
||||||
11.3
Menghindari perilaku takabur dalam kehidupan sehari-hari.
|
|
3. Siswa diajak untuk menghindari perilaku takabur
di mana pun dan terhadap siapa pun.
|
1. Menghindari perilaku takabur di tengah-tengah
keluarga.
|
Tes tulis
|
Urian
|
1. Sebutkan dan jelaskan beberapa cara yang dapat
kalian lakukan untuk menghindari takabur di tengah-tengah keluarga!
|
2 x 40 menit
|
N,O,P,Q,X
|
|
2. Menghindari perilaku takabur di lingkungan
sekolah.
|
Tes tulis
|
Urian
|
1. Sebutkan dan jelaskan beberapa cara yang dapat
kalian lakukan untuk menghindari takabur di sekolah!
|
|
|
||||
3. Menghindari perilaku takabur di tengah-tengah
masyarakat.
|
Tes tulis
|
Urian
|
1. Sebutkan dan jelaskan beberapa cara yang dapat
kalian lakukan untuk menghindari takabur di tengah-tengah masyarakat!
|
|
|
||||
Karakter siswa yang diharapkan
|
Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility )
|
|
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah :
.....................................
Kelas : IX
Mata Pelajaran : PAI
Semester : 2
Standar Kompetensi (Fiqih): 12. Memahami tatacara berbagai shalat sunnah.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok/ Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
|||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
|||||||
12.1 Menyebutkan pengertian dan ketentuan
shalat sunnah berjama’ah dan munfarid.
|
Shalat sunnah berjama’ah dan
munfarid
|
1. Siswa membaca dan menelaah literatur untuk
menemukan ketentuan yang jelas tentang shalat
sunnah berjama’ah dan munfarid.
|
Menjelaskan pengertian shalat sunnah berjama’ah.
|
Tes lisan
|
Jawaban singkat
|
1. Apa yang dimaksud dengan shalat sunnah
berjama’ah?
|
2 x 40 menit
|
R,S,X
|
|
Menjelaskan pengertian shalat sunnah munfarid.
|
Tes lisan
|
Jawaban singkat
|
1. Apa yang dimaksud dengan shalat sunnah munfarid?
|
|
|
||||
3.
Menyebutkan dalil naqli terkait dengan shalat sunnah berjama’ah dan
munfarid.
|
Penugasan
|
pekerjaan rumah
|
1. Kumpulkan beberapa dalil naqli terkait dengan
shalat sunnah berjama’ah dan munfarid lalu tunjukkan di depan kelas!
|
|
|
||||
Karakter siswa yang diharapkan
|
Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility )
|
|
|
||||||
12.2 Menyebutkan contoh shalat sunnah berjama’ah dan munfarid.
|
|
2. Siswa
mengidentifikasi berbagai shalat sunnah berjama’ah dan munfarid yang pernah
dilakukan
|
1. Menyebutkan contoh-contoh shalat sunnah
berjama’ah.
|
Tes tulis
|
Isian
|
Di antara tiga contoh shalat sunnah berjama’ah adalah ..., ..., dan ...
|
2 x 40 menit
|
R,S,X
|
|
2. Menyebutkan contoh-contoh shalat sunnah
munfarid.
|
Kuis
|
Isian
|
1. Satu contoh shalat sunnah munfarid adalah ...
|
|
|
||||
Karakter siswa yang diharapkan
|
Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility )
|
|
|
||||||
12.3 Mempraktikkan shalat sunnah berjama’ah dan munfarid dalam kehidupan
sehari-hari.
|
|
3. Siswa mempraktikkan shalat sunnah berjama’ah dan munfarid di
sekolah dan diajak untuk melakukannya dalam kehidupan sehari-hari.
|
1.
Menjelaskan tatacara shalat sunnah
berjama’ah dan munfarid.
|
Tes lisan
|
Jawaban singkat
|
1. Jelaskan secara singkat tatacara shalat sunnah
berjama’ah dan munfarid!
|
2 x 40 menit
|
R,S,X
|
|
2. Mempraktikkan shalat sunnah berjama’ah dan
munfarid di sekolah.
|
Tes unjuk kerja
|
Uji petik kerja
|
1. Tunjukkan dan praktikkan salah satu shalat sunnah
munfarid yang sering kalian lakukan!
|
|
|
||||
Karakter siswa yang diharapkan
|
Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility )
|
|
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah :
.....................................
Kelas : IX
Mata Pelajaran : PAI
Semester : 2
Standar Kompetensi (Tarikh dan
Kebudayaan Islam): 13. Memahami
sejarah tradisi Islam Nusantara.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok/ Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
|||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
|||||||
13.1 Menceritakan seni budaya lokal sebagai bagian dari tradisi Islam.
|
Sejarah tradisi Islam Nusantara
|
1. Siswa membaca dan
menelaah berbagai literatur tentang seni budaya lokal di Indonesia.
|
Menjelaskan pengertian tentang seni budaya lokal.
|
Tes tulis
|
Jawaban singkat
|
1. Apa yang kalian
ketahui tentang seni budaya lokal!
|
2 x 40 menit
|
U,V,X
|
|
1. Menjelaskan pengertian tentang tradisi Islam.
|
Tes tulis
|
Jawaban singkat
|
1. Tunjukkan beberapa seni budaya yang berkembang
sekarang yang merupakan warisan tradisi Islam!
|
|
|
||||
2. Menceritakan seni budaya lokal yang bernuansa
Islami.
|
Tes tulis
|
Jawaban singkat
|
1. Jelaskan salah satu jenis seni budaya lokal yang
bernuansa Islami di daerah kalian!
|
|
|
||||
Karakter siswa yang diharapkan
|
Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility )
|
|
|
||||||
13.2 Memberikan apresiasi terhadap tradisi dan upacara adat kesukuan
Nusantara.
|
|
2. Siswa
mengidentifikasi keistimewaan berbagai budaya lokal di Indonesia sehingga
dapat menentukan sikap terhadapnya.
|
1. Memelajari tradisi dan upacara adat
kesukuan Nusantara.
|
Observasi
|
Instrumen observasi
|
1. Lakukan pengamatan terhadap salah satu upacara
adat di lingkungan kalian lalu buatlah laporannya dengan mengaitkan dengan
pandangan Islam!
|
2 x 40 menit
|
U,V,X
|
|
2. Memberikan apresiasi terhadap tradisi dan upacara adat kesukuan Nusantara
yang bernuansa Islami.
|
Tes unjuk kerja
|
Proyek
|
1. Buatlah satu kelompok (group) seni untuk
mengembangkan salah satu seni budaya lokal yang Islami dengan misi dakwah
Islam!
|
|
|
||||
Karakter siswa yang diharapkan
|
Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility )
Kebangsaan (cityzenship )
|
|
|
Mengetahui,
Kepala SMP/Mts ……………
(__________________________)
NIP :
|
|
…….……..,……………………
20 …….
Guru Mapel Pendidikan Agama Islam
(_______________________)
NIP :
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar